Buat kamu yang bekerja di industri kreatif seperti agensi periklanan atau kantor desain, pastinya smart casual looks jadi kunci biar kreativitasmu tetap mengalir. Di satu sisi, kamu bisa berpenampilan kasual, tapi juga tetap sopan dan rapi agar klien bisa memiliki first impression yang baik. Dibandingkan dengan pekerjaan formal, bekerja di industri kreatif pastinya bikin kamu lebih bebas berekspresi, terutama soal pakaian.

Nah, gimana sih cara mengaplikasikan smart casual looks yang seimbang? Yuk ngobrol sama Alia Helianthi Kardin, seorang Creative Director di agensi periklanan dan branding Arcade Indonesia. Bisa kamu lihat dari Instagramnya @adventuresofalia, perempuan berambut pendek ini selalu tampil santai, kreatif, dan sophisticated. Rasanya fun banget untuk ke kantor dengan outfit yang kita sukai, kan?

Makanya, langsung aja yuk simak obrolan Blibli Friends dengan Alia!

MAU BELANJA OUTFIT KASUAL BUAT KE KANTOR? KLIK DI SINI!

Pertama-tama, apa sih bedanya kerja di industri kreatif dan industri formal?

smart casual looks
Via – addisongjones

Dari kacamata Alia, ada perbedaan besar antara karyawan di agensi kreatif dengan perusahaan formal. Biasanya, nggak ada standar outfit yang harus dipatuhi. Karena basis pekerjaannya mengandalkan kreativitas, tentu setiap orang dibebaskan untuk mengekspresikan diri. Ada yang suka pakai produk branded, bergaya ala Jepang, atau berpenampilan seperti anak kuliahan.

“Tapi, yang harus diingat, walaupun outfit-nya bebas, kita harus tetap menjaga kebersihan dan kesopanan. Misalnya, saat meeting dengan klien, andalkan smart casual looks untuk mendapatkan kesan yang baik. Kenyamanan juga penting karena tim kreatif biasanya harus kerja lembur, sehingga kantor udah jadi kayak rumah kedua,” ungkap Alia.

Ini dia beberapa tips dari Alia buat smart casual looks ke kantor!

CEK DI SINI PROMO TERBARU UNTUK FASHION WANITA DI BLIBLI.COM

1. Be true to yourself

smart casual looks
Via – @adventuresofalia

Biar smart casual looks berhasil, kamu harus berani menunjukkan kepribadianmu sendiri. Jangan jadikan gaya fashion orang lain untuk ditiru mentah-mentah, tapi gunakan saja sebagai referensi. Misalnya, Alia sendiri tipe orang yang sering berganti fashion style setelah beberapa waktu sekali. Ia pernah menyukai floral print, sneakers mania, sampai hobi gonta-ganti warna rambut. Kalau digambarkan secara sederhana, prinsip berpakaian Alia adalah: smart casual, comfortable, dan simple. Kalau kamu, kira-kira udah menemukan belum tipe fashion yang paling kamu senangi?

TEMUKAN FASHION STYLE KAMU DI SINI

2. Pilih brand karena kualitas dan kecocokannya dengan style kamu

smart casual looks
Via – @adventuresofalia

Tips yang kedua, kalau kamu mau memilih fashion item yang tepat, pilihlah yang kualitasnya tinggi dan cocok sama gaya fashion kamu. Jangan cuma terjebak hanya karena pingin ikut-ikutan aja. Alia mengatakan, “Sebenernya, banyak banget kok fashion line lokal yang desain dan kualitasnya nggak kalah bagus dari buatan luar negeri. Jadi, nggak usah takut untuk menciptakan sendiri gaya kita mau seperti apa.”

Alia sendiri punya beberapa must have items untuk menciptakan smart casual looks sehari-hari, yaitu atasan berbahan nyaman dengan desain yang unik, sentuhan tradisional dari brand lokal, atau outerwear yang menarik.

YUK BERBURU FASHION ITEM YANG WAJIB UNTUK TAMPILAN SMART CASUAL

3. Jangan takut untuk mix and match

smart casual looks
Via – @adventuresofalia

Bekerja di industri kreatif berarti kamu bisa bebas bereksperimen dengan penampilanmu setiap hari. Maka, jangan ragu buat mix and match! “Sneakers sekarang udah hadir dalam berbagai bentuk yang nyaman dipake kemana aja. Kamu bisa padukan dengan dress yang rapi untuk smart casual looks,” kata Alia memberikan salah satu rekomendasi.

Selain itu, kamu juga bisa memadukan high heels dengan jeans ataupun kaos. Yang penting, selama itu membuatmu nyaman dan bisa menunjukkan kepribadianmu, just go for it!

SIAPKAN OUTFIT TERBAIK UNTUK PENAMPILAN SMART CASUAL DI KANTOR

4. Hindari berpakaian terlalu terbuka

smart casual looks
Via – Dissolve

Tips terakhir dari Alia, walaupun kamu bebas untuk menentukan outfit setiap hari, sebisa mungkin jangan berpakaian terlalu terbuka. Ia sendiri mengikuti etika busana ala Inggris, dimana rok sebaiknya di bawah lutut dan jika lebih pendek, maka lengkapilah dengan stoking berwarna gelap. “Satu hal yang perlu diingat. Ketika kita bekerja, kita mau orang fokus kepada what’s in our head, not our body,” katanya.

YUK BELANJA OUTFIT KANTOR DI BLIBLI.COM!


Gimana? Dengan tips padu padan smart casual looks dari Alia Helianthi, kamu jadi tahu kan cara mengaplikasikan tampilan informal dengan tetap rapi dan sopan? Biar makin terinspirasi, kamu bisa mampir ke akun Instagram @adventuresofalia dimana ia selalu menampilkan outfit yang unik, kreatif, tapi juga fun dan nyaman! Buat kamu yang kerja di industri kreatif, langsung aja aplikasikan tips-tips dari Alia biar makin semangat untuk ke kantor tiap hari, ya.

Yuk, belanja outfit kekinian hanya di #BlibliSekarang!

KLIK DI SINI UNTUK BERBURU FASHION ITEM DENGAN DISKON SPESIAL

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves make up too! My routines is reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment.

Before that, I have another habit such jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning.

I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY