Tips Menyelamatkan Diri Saat Kereta Anjlok

Kereta atau commuter line sudah jadi transportasi andalan masyarakat ibukota untuk bepergian kerja ataupun jalan-jalan sedari dulu. Selain tiketnya lebih murah, naik kereta bisa terhindar dari kemacetan yang semakin merajalela. Namun, alat transportasi satu ini juga tidak lepas dari yang namanya kecelakaan, terutama yang paling sering adalah kereta anjlok.

Masih fresh di ingatan kita beberapa hari yang lalu ada musibah kereta anjlok di Bogor. Kejadian seperti ini memang sulit diprediksi dan di luar kuasa siapapun. Buat Blibli Friends yang suka naik kereta, pastikan tau apa saja yang bisa dilakukan apabila kereta yang Kamu naiki mengalami anjlok, ini dia tipsnya.

Via krl.co.id

Tetap Tenang dan Tekan Tombol Darurat

Fokus untuk tenangkan diri sendiri dan jangan terpengaruh oleh kepanikan orang lain. Beberapa bencana atau musibah yang terjadi seringkali menimbulkan lebih banyak korban karena didera kepanikan. Supaya Blibli Friends tetap tenang, tarik nafas dalam-dalam lalu hembuskan pelan-pelan dan cari tombol darurat untuk memperingati seluruh penumpang bahwa kereta mengalami kecelakaan anjlok.

Cek Kondisi Orang Sekitarmu

Setelah kita bisa tenang, coba perhatikan sekelilingmu apakah ada yang mengalami luka atau shock. Jika Blibli Friends cukup sehat untuk menolong, cobalah untuk bantu orang lain yang membutuhkan seperti lansia, ibu hamil, atau anak-anak. Selain bisa menolong nyawa, dengan membantu orang lain dapat mengalihkan pikiran kita untuk tetap fokus dan tidak panik.

Lupakan Barang Bawaan

Jika Blibli Friends membawa barang bawaan banyak dan hilang saat kereta anjlok, biarkan saja tertinggal. Selain bisa menghambat proses evakuasi, ini juga bakal mengakibatkan kita maupun orang lain alami cidera serius karena tertiban atau terkena barang yang dibawa. Ingat, nyawa manusia jauh lebih berharga dari barang apapun yang Kamu bawa.

Buka Pintu Terdekat Dengan Tuas 

Untuk bisa keluar dari kereta, cari tuas yang letaknya ada di dalam pintu penutup katup di bawah kursi penumpang atau dinding dekat jendela. Setelah dibuka, putar tuas merah hingga ada bunyi berdesis tanda “kunci” pintu kereta telah terbuka. Setelah itu, buka pelan-pelan pintu kereta secara manual lalu cari tempat yang aman untuk menunggu pertolongan. Berikut video simulasinya:

Kalau Blibli Friends sudah berhasil keluar dengan selamat, cari pertolongan dari warga sekitar dan tunggu hingga tim SAR datang. Apabila Kamu cukup fit, gak ada salahnya untuk membantu penumpang lain yang membutuhkan.

Selalu Bawa P3K Kemanapun Kamu Bepergian

Blibli Friends baiknya juga selalu membawa P3K kemanapun Kamu bepergian. P3K bisa berguna disaat-saat darurat lainnya, bahkan hal kecil sekalipun. Barang-barang P3K meliputi obat-obatan, senter, plester, perban, gunting, dan lainnya. Barang-barang tersebut juga bisa kamu dapatkan di Blibli.com supaya Kamu bisa selalu tenang selama bepergian, baik dalam bentuk kotak atau pouch. Better safe than sorry, ya Friends!

LIHAT DISINI UNTUK BELI POUCH P3K YANG MUDAH DIBAWA

1 COMMENT

LEAVE A REPLY