me

Tips Road Trip Jakarta Bali, Simak Biar Perjalananmu Aman, Yuk!

Apr 01, 2022.By Blibli Friends
Bagikan

image source: www.pexels.com

Road trip Jakarta Bali menempuh jarak hingga ribuan kilometer. Supaya selama perjalanan aman, ada berbagai hal yang harus kita siapkan. Tubuh yang sehat dan kondisi kendaraan yang prima hanya beberapa di antaranya. Apa saja sih tips road trip Jakarta Bali biar tetap sehat dan lancar? Yuk, cari tahu info lengkapnya di sini.

Baca juga: Rekomendasi Rute Road Trip Jakarta Bali


Tips Sehat Road Trip Jakarta Bali

Supaya tetap sehat selama road trip Jakarta Bali, ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti. Di antaranya adalah:

  1. Gunakan Mobil Pribadi

    tips road trip jakarta bali
    image source: www.pinterest.com

Mobil pribadi adalah pilihan yang paling aman dan sehat untuk road trip. Kita sendiri tahu kondisi kebersihan mobil. Pastikan sebelum berangkat, cek semua bagiannya dengan seksama di bengkel. Pastikan mobil selalu dalam keadaan bersih agar tetap sehat dan nyaman di perjalanan.

  1. Beristirahat di Hotel Saja

    road trip jawa bali
    image source: www.pinterest.com

Biar tubuh kita nggak terlalu capek, disarankan kalau mau road trip Jakarta Bali berhenti saja di satu kota untuk menginap setidaknya sehari. Kamu bisa pilih sendiri mau berhenti di kota apa yang kamu lewati dalam rute yang dipilih. Lalu pilih tempat menginap nyaman di kota tersebut yang sesuai dengan budget liburan.

Kalau kamu bertugas menyetir, disarankan untuk beristirahat saja di dalam hotel selama di kota tersebut. Hindari aktivitas yang terlalu melelahkan. Jadi begitu sampai di Bali kamu bisa tetap segar dan siap untuk wisata yang sebenarnya. Kalau kamu kelelahan, begitu sampai di Bali nanti mood malah jelek dan acara jalan-jalan jadi kurang seru.

  1. Perhatikan Jam-jam Sibuk

    mobil
    image source: www.pinterest.com

Kalaupun mau berkunjung ke destinasi wisata tertentu di kota pemberhentian, pilih satu tujuan saja. Tapi sebelumnya, perhatikan kapan saja jam sibuk tempat wisata tersebut. Disarankan untuk menghindari jam-jam sibuk karena ini bisa bikin kita stres.

Bayangkan kalau tempat wisata super penuh. Ada banyak orang, mau jalan saja susah. Yang ada bukannya liburan dan relaksasi, tapi malah capek sendiri melihat lautan manusia. Daripada menghabiskan waktu percuma seperti ini, lebih baik pilih jam yang nggak terlalu ramai. Jadi tempat wisata pun bisa dinikmati sepenuhnya.

  1. Kunjungi Destinasi Wisata di Dalam Kota

    tips rute road trip jakarta bali
    image source: www.pinterest.com

Misalnya kamu berhenti di Solo dan bermalam di sana. Supaya nggak makin capek, kalau mau berkunjung ke tempat wisata sebaiknya pilih yang lokasinya ada di dalam kota. Jadi kalaupun harus menyetir nggak terlalu jauh dan menguras tenaga. Bisa cepat kembali ke penginapan dan istirahat lagi deh.

  1. Jangan Sampai Telat Makan

    makan
    image source: www.unsplash.com

Mengisi perut itu penting banget. Kadang kalau lagi liburan, saking asyiknya kita suka kelewatan waktu makan. Akhirnya makan pun telat dan ini bisa menyebabkan perut perih karena maag. Kalau sudah kena maag, mau ini itu pasti jadi nggak nyaman. Jadi sebaiknya pastikan selalu makan tepat waktu.

Bakal lebih bagus lagi kalau kamu sudah merencanakan sebelum berangkat, tempat makan mana saja yang mau dikunjungi. Jadi sudah terukur semua jarak menuju ke restoran dan berapa biaya yang harus dikeluarkan. Sudah membuat rencana makan juga menghindari kita dari telat makan.

  1. Mengonsumsi Makanan Sehat

    healthy food
    image source: www.pinterest.com

Bukan hanya nggak boleh telat makan, mengonsumsi makanan yang sehat juga penting banget. Selama liburan, biasanya kita selalu makan di luar dan nggak sempat masak sendiri. Karena itu kita harus berhati-hati memilih makanan. Sebisa mungkin, pilih makanan sehat dan hindari pedas.

  1. Siapkan Obat-obatan

    vitamin
    image source: www.pinterest.com

Penting banget buat menjaga kesehatan sebelum berangkat. Jadi saat berangkat road trip, badan kita dalam keadaan fit. Liburan pun jadi lebih seru kalau badan fit. Tapi karena road trip Jakarta Bali cukup jauh dan butuh waktu panjang, jadi bisa saja selama perjalanan kita terserang penyakit.

Misalnya pegal-pegal karena kelamaan duduk, flu, batuk, sakit perut, mabuk, perjalanan, dan lain sebagainya. Jadi jangan lupa menyiapkan obat-obatan dasar yang lengkap sesuai kebutuhan. Dengan begitu, kita bisa melakukan penanganan sementara.

Rekomendasi Barang Bawaan untuk Kenyamanan Road Trip

Jangan sampai ketinggalan barang bawaan berikut ini supaya road trip makin lancar dan aman:

  • Kasur Lipat

Kalau bawa mobil yang ukurannya besar, bisa bawa kasur lipat buat istirahat di dalam mobil. Penting banget kalau kamu menyetirnya bergantian. Jadi saat istirahat bisa maksimal dan badan kembali segar.

  • Botol Air Minum

Supaya lebih sehat, bisa bawa botol minum sendiri. Apalagi alau bawa botol yang bisa membuta minuman panas atau dingin kondisinya tetap baik selama 12 jam atau lebih. Jadi nggak perlu deh beli kopi di jalan.

  • Perlengkapan Makan

Untuk menjaga kesehatan dan kebersihan, penting lho membawa perlengkapan makan sendiri. Jadi kalaupun beli makanan di luar, kita bisa memakai alat makan sendiri yang jelas kebersihannya.

  • Obat-obatan

Untuk mencegah terserang penyakit selama perjalanan, jangan lupa bawa obat-obatan lengkap. Kita sendiri yang tahu kondisi tubuh dan penyakit apa yang biasa menyerang. Jadi lengkapi obat-obatan yang kita butuhkan sebelum berangkat.

  • Power Bank

Smartphone penting banget fungsinya selama perjalanan. Kita bisa menggunakannya untuk GPS, bisa juga cari info jalan dengan mudah. Selain itu, dalam keadaan darurat, kita bisa menghubungi pihak yang dibutuhkan dengan mudah. Jadi pastikan bawa power bank supaya nggak bingung mengisi daya.

Nomor Kontak yang Harus Disimpan untuk Kondisi Darurat Ketika Road Trip

Supaya perjalanan makin nyaman, jangan lupa simpan beberapa nomor darurat berikut ini:

  1. Rumah Sakit

Pastikan kamu menyimpan nomor telepon rumah sakit di kota pemberhentian yang sudah kamu rencanakan sebelumnya. Kalau di perjalanan ada yang sakit, kita bisa segera menuju rumah sakit dan segera mendapat pertolongan.

  1. Kantor Polisi

Menyimpan nomor polisi kota yang dilewati sepanjang perjalanan itu penting banget. Kantor polisi bisa membantu kita dalam banyak hal. Berbagai kondisi darurat bisa diatasi oleh pihak kepolisian. Jadi jangan lupa untuk menyimpannya di smartphone kamu.

  1. Keluarga atau Kerabat

Di kota yang dilewati ada keluarga atau kerabat yang tinggal di sana? Jangan lupa simpan nomor telepon mereka. Bisa saja kamu membutuhkan bantuan mereka saat singgah di kota itu. Jadi kalau terjadi apa-apa, bisa dengan mudah menghubungi mereka.

  1. Bengkel

Kondisi kendaraan juga penting banget buat dijaga. Jadi ada baiknya di kota pemberhentian mengecek kondisi mobil di bengkel. Cek dulu apa saja bengkel yang lokasinya dekat dengan tempat penginapan, lalu simpan nomor teleponnya.


Baca juga: Rekomendasi Road Trip Jogja Bali

Barang bawaanmu masih ada yang kurang buat road trip Jakarta Bali? Nggak perlu kuatir karena Blibli menyelenggarakan Promo Ramadhan. Di program ini tersedia beragam produk yang lengkap banget. Kamu bisa memenuhi obat-obatan dan perlengkapan lainnya dengan harga murah di sini. Yuk, cari barang kebutuhanmu di Promo Ramadhan sekarang juga!