Selain untuk alasan kepraktisan, memilik kendaraan, terutama mobil bisa menjadi kebanggaan bagi banyak orang. Hasil jerih payah yang ditukar dengan roda empat pribadi membuatnya menjadi barang kesayangan pemiliknya.

Maka dari sana, kalau mobil kamu “terluka” sedikit saja, kamu pasti akan merasa sakit hati (mungkin juga sakit dompet). Banyak orang yang mencari-cari cara untuk menghindari terjadinya kecelakaan yang berdampak langsung pada mobil. Ini adalah 5 cara perlindungan yang perlu kamu lakukan untuk menghindari mobil kamu dari mara bahaya.

1. Lindungi dengan sarung khusus mobil

sarung-khusus-mobil-blibli

Via LadyObama

Kalau mendiskusikan tentang cara untuk melindungi mobil, produk pertama yang selalu dipikirkan banyak orang adalah sarung mobil. Selimut anti-air untuk mobil bisa sangat berjasa dalam melindungi mobil dari kondisi lingkungan dan cuaca.

Cuaca ekstrim dan keadaan lingkungan yang berubah-ubah bisa merusak tampilan mobil. Terik sinar matahari yang berlebihan bisa menyebabkan korosi pada logam mobil. Nggak hanya itu, sinar matahari juga bisa menyebabkan karet di mobil mengelupas.

Hujan dapat menyebabkan mobil kamu menjadi keruh dan akhirnya berdebu. Belum lagi kalau ada hewan-hewan bandel yang sembarang mengotori!

Dengan menggunakan sarung khusus mobil, kamu bisa menghindari hal-hal seperti ini dan membuat mobil kamu tampak lebih keren dengan perawatan yang minim.

2. Gunakan pelindung pintu

pelindung-pintu

Via TheRealDavidChoi

Produk pelindung pintu juga nggak boleh dilupakan dalam upaya perlindungan mobil kesayangan. Coba bayangkan, ketika kamu pakir di tempat yang agak sempit dan pada saat kamu membuka pintu, pintu sangat beresiko menghantam tembok atau mobil lain. Mungkin benturan yang terjadi nggak terlihat membahayakan, tapi lama kelamaan jika hal ini terulang, cat pintu juga akan membekas.

Ketimbang mengeluarkan biaya yang lebih tinggi untuk mengecat ulang, lebih baik kamu hindari hal ini. Besi atau karet khusus pelindung mobil bisa kamu tempelkan pada bagian pintu mobil yang paling menonjol dan paling sering kena hantaman. Investasi kecil ini nggak bakal merugikan!

3. Pasang peralatan anti maling

peralatan-anti-maling

Via HoffmanBrown

Kalau dibandingkan dengan resiko-resiko yang lain, pencurian adalah resiko yang paling menyakitkan.

Pencurian memang bisa terjadi kapan dan di mana saja. Bang Napi juga mengingatkan kalau pencurian terjadi bukan karena niat, tapi karena ada kesempatan! Jadi, waspadalah!

Nggak akan terbayang kalau kamu harus kehilangan ratusan juta rupiah yang sudah kamu tabung dengan susah payah.

Untuk menghindari hal ini sebaiknya kamu meng-upgrade mobil kamu agar susah untuk dicuri. Memasang besi pengunci setir, electronic immobilizer, alat pendeteksi lokasi, atau alaram anti maling pada mobil akan membuat mobil kamu semakin susah untuk dibobol. Pasang kamera pengaman untuk tambahan.

Memang perlu banyak menginvestasi di beberapa peralatan tapi kamu bisa menyelamatkan mobil kamu dengan sistem dan peralatan anti maling ini. Nggak perlu khawatir lagi mobil akan mudah dicuri, biasanya pencuri akan kabur begitu melihat target yang memberikan “perlawanan”.


BACA JUGA 7 Hal yang Hanya Bisa Dirasakan Pengguna Mobil Manual


4. Gunakan kaca film

kaca-film

Via Adanamreklam

Penggunaan kaca film juga nggak boleh kamu lewatkan. Pemasangan kaca film pada jendela mobil nggak hanya melindungi interior mobil dari sinar matahari, tapi juga melindungi mobil dari maling yang ingin mengambil barang-barang yang kamu tinggalkan di dalam mobil.

Tapi, kaca film nggak hanya digunakan untuk jendela mobil saja, kamu juga bisa memasangkan film pada exterior bodi mobil kamu untuk melindungi cat dari eksposur zat-zat asing yang membahayakan.

Sedikit mirip dengan fungsi sarung khusus mobil yang digunakan ketika kamu memarkir mobil, kaca film ini bisa kamu gunakan setiap saat karena bentuknya yang transparan.

5. Lindungi mesin bagian dalam

mesin-bagian-dalam

Via Bimmerforums

Bagian ini mungkin terkesan lebih teknikal dan agak sukar dipahami. Seperti yang kita ketahui, mobil terdiri dari berbagai macam mesin yang fungsinya pun bervariasi. Seperti misalnya valve train (katup) yang berfungsi untuk membuka dan menutup saluran bahan bakar, atau ring piston (cincin torak) yang mencegah kebocoran gas.

Setiap mesin mempunyai fungsi pentingnya masing-masing, maka dari itu perawatan lebih terhadap mesin mobil ini merupakan hal yang sangat penting. Langkah awal perlindungan mesin yang bisa kamu lakukan adalah dengan memasangkan undercoating di luar mesin.

Undercoating adalah proses pemasangan lapisan yang berfungsi untuk melindungi barang di dalam lapisan tersebut. Cara ini umum dipakai para pemilik mobil yang cenderung lebih berhati-hati. Biasanya, mobil yang melalui proses ini bertahan lebih lama.

Salah satu alternatif yang baik untuk undercoating disediakan oleh Ziebart, ahli otomotif dan perlindungan mobil dari Amerika. Produk undercoating dan produk Ziebart lainnya bisa kamu dapatkan dengan mudah di Blibli.com agar mobilmu mengkilap dan tahan goresan.

Yuk, jangan menunda-nunda perawatan dan perlindungan mobil agar tahan lebih lama dalam jangka panjang!

Rio

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.
Rio

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY