[Interview] Belajar Tips Night Photography bersama Nusa dari Saka Space

tips night photography

Hidup nggak berhenti hanya karena bumi membelakangi matahari. Kamu juga bisa mengabadikan momen-momen kehidupan kala malam hari. Yuk, baca tips night photography dari Nusa Kalimasada di Saka Space yang sudah melewati banyak momen hidupnya bersama kamera!

Nusa bersama Saka Space sudah berpengalaman menangani bagian audio visual untuk berbagai keperluan komersial, salah satunya adalah The Big Start Indonesia Season 2!

Namun, kali ini kita akan fokus ke tips night photography untuk kamu yang ingin menyimpan gambar-gambar ciamik dari acara malam hari. Simak di bawah ini, ya!

DAPAT TIPS NIGHT PHOTOGRAPHY SEKALIAN BEST DEAL PERLENGKAPANNYA DI SINI!

1. Pahami segitiga exposure

tips night photography
Via – @nusaseom

Meskipun belum familiar, jangan takut dulu mendengar istilah-istilah fotografi seperti segitiga exposure ini! Yang dimaksud dengan segitiga exposure adalah elemen dasar fotografi berupa ISO, shutter speed, dan aperture.

Namanya juga elemen dasar, berarti kamu memang harus mulai tips night photography dari memahami ketiga elemen ini. Menurut Nusa, kamera zaman sekarang sudah canggih dan menyediakan fasilitas mode otomatis sehingga lebih mudah digunakan. Dulu, Nusa belajar menghitung sendiri menggunakan kamera analog, lho.

BELAJAR FOTOGRAFI HARUS PRAKTIK, DONG! BELI KAMERANYA DI SINI!

2. Sesuaikan tujuan foto dan objeknya

tips night photography
Via – @nusaseom

Nah, masih berhubungan dengan tips night photography yang pertama, kamu mesti tahu dulu apa tujuan memfoto dan apa objek yang akan difoto. Kedua hal itu akan menjadi patokan kamu menentukan segitiga exposure tersebut.

Misal, kalau kamu mau mengabadikan momen romantis di acara pernikahan. Mesti diperhitungkan juga apakah acaranya indoor atau outdoor?

Untuk di ruang yang gelap, kamu akan memerlukan ISO yang tinggi dan disesuaikan dengan aperture bukaan rendah, misalnya f1.2 atau f1.8. “Menggunakan ISO 800 saja akan muncul noise”, begitu katanya.

Kalau kamu ingin memotret objek yang bergerak cepat, misal penampilan band atau lampu dan jalanan kota, kamu akan memerlukan shutter speed yang tinggi. Kalau pakai shutter yang rendah, gambarmu akan blur! Menggunakan tripod sangat disarankan ketika kamu ingin mengambil gambar dengan shutter speed yang rendah.

ABADIKAN SETIAP MOMEN DAN KEBAHAGIAAN DENGAN KAMERA ANDALAN

3. Pilih kamera dan lensa yang ideal

tips night photography
Via – @nusaseom

Pasti ini jadi bagian yang paling kamu tunggu! Nusa sendiri sudah mencoba dan mengoleksi banyak jenis kamera, baik analog maupun digital. Namun, jawaban Nusa adalah “bergantung pada preferensi masing-masing.”

Yang pasti, kamu akan membutuhkan kamera yang memiliki toleransi terhadap cahaya sehingga hasil gambarmu nggak dipenuhi dengan noise atau bintik-bintik putih.

Kamu juga akan memerlukan lensa dengan bukaan rendah, misal f1,2 dan f1,8. Menurut Nusa, meskipun terbilang mahal, lensa itu akan sangat membantumu mendapatkan gambar yang apik ketika malam hari.

Meskipun menggunakan lensa Olympus dan lensa lainnya, Nusa lebih senang menggunakan lensa dan kamera Nikon. Alasannya sederhana, karena kualitas baik dan dapat digunakan antar generasi. Lensa jadul dan bodi kamera terkini pun cocok!

PILIH KAMERA DAN LENSA YANG COCOK UNTUKMU DI SINI!

4. Latihan untuk mendapatkan feel

tips night photography
Via – @nusaseom

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, Nusa pun terus belajar mendapatkan feel dan trik sendiri untuk menggunakan kamera.

Berbeda dari pemula zaman sekarang, Nusa belajar fotografi pertama kali menggunakan kamera analog. Karena sudah banyak kerusakan, Nusa mesti belajar menghitung sendiri kecocokkan segitiga exposure yang dibutuhkan.

Ingat, ya berbeda dengan siang hari, malam hari sangat minim cahaya. Cahaya yang didapatkan dari lampu pun akan berbeda. Sebab itu, kamu akan perlu banyak latihan mengambil foto malam hari.

Faktor white balance juga akan sangat berpengaruh, lho. Kalau diabaikan, fotomu bisa jadi terlalu putih atau justru terlalu kuning seperti warna lampu!

KAMERA DIGITAL CANGGIH YANG COCOK UNTUKMU ADA DI SINI!

5. Hargai setiap frame dan jangan menggampangkan retake foto

tips night photography
Via – @nusaseom

Sering berlatih bukan berarti kamu bisa membuang-buang waktu dengan asal jepret, ya. Apalagi, kamera digital sekarang seperti Nikon 1 J5 Kit 10-30mm sudah sangat canggih jadi kamu bisa potret sekali banyak dan kalau nggak puas, bisa langsung hapus. Menurut lulusan DKV Binus ini, kebiasaan itu justru akan menghambat proses foto.

Belajar dari tingginya harga film kamera analog, Nusa jadi membiasakan diri disiplin ketika mengambil gambar. Meskipun dia juga sering menggunakan kamera digital, khususnya Nikon, Nusa akan memastikan objek yang dia foto sudah siap sehingga nggak ada waktu yang terbuang. Apalagi, kamu juga akan memerlukan fokus yang lebih untuk memotret pada malam hari.

FOKUS ABADIKAN ACARA PENTING DENGAN KAMERA YANG KAMU SUKA!


Jangan biarkan kegelapan malam menghambat keinginanmu untuk mengabadikan memori indah pada malam hari. Mudah, kan mengikuti tips night photography singkat dari Nusa di atas? Mudah juga, kok beli kamera dan lensa yang sesuai dengan kebutuhanmu karena semuanya ada di Blibli.com.

Kalau kamu mau lihat karya-karya keren dari Nusa ataupun Saka Space, kunjungi saja akun mereka di Instagram @nusaseom dan @sakaspace. Nusa juga punya galeri foto di unsplash.com serta Flickr, lho! Sudah dapat tips night photography-nya, sekarang waktunya kamu #BlibliSekarang!

CEK KATALOG LENGKAP KAMERA DI BLIBLI.COM!

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love of running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY