Kamu Musisi Pemula dan Mengalami Kesulitan? Ikuti Tips dari 5 Musisi Top Ini!

musisi pemula

Di balik gemilangnya karir para musisi yang kini sudah terkenal, mereka semua pasti pernah menjadi musisi pemula dan mengalami tahap tersulit dalam karir musiknya, yaitu tahap awal.

Sebagai musisi baru seperti kamu sekarang, tentunya dulu mereka masih belum dikenal dan mungkin ada juga yang menganggap remeh musiknya. Akan tetapi sekarang mereka sudah berhasil melalui tahap itu dan bisa berkarya dengan luar biasa!

Untuk mendukung industri musik Indonesia dan para musisi pemula yang membutuhkan semangat dari yang sudah berpengalaman, Blibli Friends pun mencoba menggali pesan penting dari para musisi yang tampil di acara Blibli Fun Festival kemarin. Kira-kira pesan seperti apa ya yang diberikan dari para musisi yang sudah berhasil melewati tahap sulit ini? Yuk, disimak!

DAPATKAN INSPIRASI DARI MUSISI IDOLAMU DI SINI

1. White Shoes and The Couples Company

musisi pemula

Band pop asal Jakarta ini memang sudah sangat dikenal karena gaya dan tipe musiknya yang berbeda dari musik zaman sekarang ini menjelaskan kalau sebenarnya genre itu nggak terlalu penting. Apapun genre-nya, pasti akan dikenal dan didengarkan bila mempunyai kualitas musik yang mumpuni.

Menurut White Shoes and The Couples Company, tantangan terberat bagi para musisi pemula adalah menentukan fokus dan pelatihan teknis karena ada banyak hal yang harus dipelajari begitu terjun ke dunia musik. Selain dari latihan, kamu juga bisa belajar dengan mendengarkan berbagai musik yang kamu suka. Dengan ketekunan dan usaha keras, kamu pun akan mampu untuk melewati tahap ini.

Selain belajar, musisi pemula juga harus banyak mengikuti event dan festival. Mengapa? Untuk meningkatkan popularitas, manggung bukanlah satu-satunya cara yang bisa kamu coba. Networking juga sangat penting bagi musisi pemula untuk mendapatkan dukungan dan kerjasama yang bahkan bisa meningkatkan popularitasmu secara lebih efektif!

Terakhir, White Shoes and The Couples Company juga menjelaskan kalau goal itu bukanlah hal terpenting yang harus kamu fokuskan. Proses menuju goal tersebutlah yang harus kamu perhatikan.

DAPATKAN ALBUM WHITE SHOES AND THE COUPLES COMPANIES DI SINI

2. Endah N Rhesa

musisi pemula

Nah, duo musisi indie yang sangat terkenal ini pastinya punya banyak sekali tips-tips yang bisa dibagikan untuk musisi pemula. Di acara Blibli Fun Festival kemarin, Endah N Rhesa mengaku sangat senang bisa tampil karena banyak sekali keluarga yang menonton penampilannya.

Nah, bagi kamu para musisi pemula, rajin-rajin ikut berpartisipasi di acara-acara atau festival yang family friendly, ya! Bayangkan musik kamu nggak hanya di dengarkan oleh satu kelompok saja, melainkan kelompok dengan usia dan generasi yang berbeda-beda pun bisa ikut mendengarkan karya kamu.

Selain itu, Endah juga mengingatkan para musisi maupun pekerja lainnya, bahwa tanggung jawab adalah hal yang paling penting. “Musisi harus bisa tanggung jawab pada pekerjaannya”, ucap Endah.

Tanggung jawab tersebut bukanlah semata-mata sikap kamu ke pekerjaanmu saja. Tapi juga mengarah ke tanggung jawab kepada pemerintah. Ambil saja contoh bayar pajak, menurut Endah, setiap musisi harus rajin membayar pajak agar pemerintah semakin mudah memberikan hak-hak musisi yang sepantasnya.

DAPATKAN TIKET KONSER FESTIVAL MUSIK DI BLIBLI.COM

3. Danilla

musisi pemula

Bagi penyanyi muda yang mempunyai style lagu mirip seperti Lisa Ono ini menyanyi adalah bagaikan filosofi sendiri.

Ketika ditanya apa yang menjadi inspirasi lagu-lagu buatan Danilla, dia menjawab kalau sumber inspirasi adalah kisah hidupnya sendiri.

“Sakit hati itu ditangisi wajar, tapi alangkah baiknya jika dinyanyikan daripada ditangiskan”, begitu ujar Danilla.

Para musisi pemula juga bisa mencontoh Danilla yang selalu jujur pada dirinya sendiri. Menurutnya identitas musik adalah hal yang terpenting. Jadi, jangan mudah terombang-ambing arus guys. Jika kamu memang senang bermain musik dengan genre tertentu, tetaplah konsisten pada genre-mu!

CEK LINK INI UNTUK MENDENGARKAN MUSIK SEPERTI DANILLA

4. Deaf People Project

musisi pemula

Membentuk sebuah band dengan maksud dan tujuan tertentu juga bisa dijadikan salah satu acuan sebagai musisi pemula, lho. Seperti Deaf People Project, band ini dibentuk untuk menunjukkan kalau musik juga bisa dinikmati oleh orang-orang yang memiliki disabilitas.

Meskipun keterbatasan anggota band ini bisa saja menghambat dalam berkarya, mereka nggak pernah menyerah dan justru latihan mati-matian untuk performance mereka.

Jika band yang sudah dikenal saja mati-matian ketika latihan, maka kamu sebagai musisi pemula juga harus melatih diri sebaik mungkin dan nggak boleh menyerah!

Selain berkarya untuk memperlihatkan bahwa kaum disabilitas itu tetaplah orang-orang hebat yang mampu berkarya walau memiliki keterbatasan, band ini juga ingin menunjukkan budaya lokal di tengah-tengah trend yang fokus pada musik dari luar negeri.

Mengikuti jejak mereka, kamu juga bisa memperkenalkan budaya lokal Indonesia yang belum terlalu menonjol, lho! Siapa tahu malah akan menjadi nilai jual band yang unik.

UNTUK MENGENAL BUDAYA INDONESIA, CEK JUGA LINK BLIBLI.COM INI

5. Kahitna

musisi pemulaSiapa sih yang nggak kenal Kahitna dengan lagu-lagu romantisnya yang membelai jiwa? Band yang satu ini memang dianggap senior, tapi popularitasnya tetap tinggi baik di kalangan anak muda dan dewasa, lho.

Saat menghadiri acara Blibli Fun Festival kemarin, Kahitna pun membagikan rahasianya untuk tetap me-maintain popularitas band selama 31 tahun, yaitu dengan mendengarkan apa yang fans inginkan. Menyesuaikan musik dengan selera fans tanpa harus menghilangkan identitas band adalah cara ideal untuk bertahan di bisnis musik.

Selain itu, bagi kamu para musisi pemula juga bisa memulai dengan memberikan sentuhan-sentuhan inovatif pada musik kamu.

Jika ingin menarik perhatian fans, pastikan juga kamu memberikan penawaran khusus agar fans pun tertarik untuk mengecek musik kamu.

LANGSUNG KLIK UNTUK MEMBELI ALBUM KOLEKSI KAHITNA


Nah, kelima musisi dan band di atas ini sudah terbukti sukses dalam karirnya di bidang musik. Untuk para musisi pemula yang ingin melaju terus di dunia musik, pastikan juga kamu memperhatikan tips-tips di atas.

Untuk terus bisa mendapatkan inspirasi dari idola-idola kamu, pastikan juga untuk mengecek album-albumnya di #BlibliSekarang! Jangan lupa juga untuk berpartisipasi pada event-event dan festival yang selanjutnya Blibli.com adakan ya!

DAPATKAN INSPIRASI DARI MUSISI IDOLAMU DI SINI

Raya

Raya

Crafts and cultures enthusiast who lives in Kota Gede, DIY. I love to travel around Indonesia because this country is more adventurous, unique, and interesting than any other. When I stay in the city, I usually going to a spa, jogging in the city park, and of course, gathering with my friends.
Raya

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY