Tips Mudik Pakai Motor Matic, Perhatikan Tipsnya di Sini Yuk!

Apr 01, 2022.By
Bagikan
Foto: Sumber Image

Tips Mudik Pakai Motor Matic – Hai, Blibli Friends! Wah, nggak terasa Ramadan, bulan yang selalu dirindukan seluruh umat Muslim menyapa lagi, ya? Dan yang nggak kalah dinantikan selain datangnya bulan puasa adalah waktu mudik dan berkumpul bareng sanak keluarga dan saudara di kampung halaman, iya, kan? Hayo, kamu sudah siap untuk menempuh perjalanan mudik bertemu orang-orang terkasih, belum, nih?

Biasanya kamu naik apa, Blibli Friends, kalau mudik? Ada yang nyaman menggunakan moda transportasi umum, sementara yang lain lebih suka mudik naik motor, terutama matic, karena santuy dan bisa berhenti untuk istirahat sejenak kapan pun. Nah, buat kamu yang berencana mudik pakai motor, simak tips mudik pakai motor matic agar aman bebas kendala sampai tujuan di bawah ini, yuk, Blibli Friends.

BACA JUGA : Yamaha Filano, Cek Spesifikasi Lengkapnya Di Sini!

————————————————————————————————————————————————————

Seperti kita semua tahu, momen mudik, entah naik transportasi umum, seperti pesawat, kapal feri, kereta api atau bus, maupun kendaraan pribadi, seperti mobil atau bahkan motor, merupakan tradisi tahunan yang dilakukan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia untuk pulang ke kampung halamannya dan merayakan gegap gempitanya Idul Fitri bersama keluarga.

Well, dibandingkan dengan mobil, motor matic lebih banyak dipilih masyarakat yang ingin mudik dari tahun ke tahun, ya? Nah, kalau untuk Lebaran tahun ini kamu berniat bergabung dengan pemudik yang naik motor, jangan lewatkan tips mudik aman dan nyaman dengan motor matic meski melalui perjalanan jauh, yuk!

Kelebihan Mudik dengan Motor Matic Dibandingkan Motor Biasa

Untuk jarak jauh, motor matic menawarkan beberapa keunggulan ketimbang motor biasa. Ngga heran banyak orang memilih jenis motor matic sebagai kendaraan mudik. Berikut ini kelebihan mudik naik motor matic dibandingkan dengan motor biasa, Blibli Friends:

  1. Motor matic lebih mudah dioperasikan atau dikendarai, baik oleh pria maupun wanita
  2. Ada banyak ruang untuk meletakkan barang
  3. Lebih lincah dan gesit di jalanan karena bodinya simple dan juga bobotnya lebih ringan
  4. Nggak bikin kaki dan tangan pegal selama perjalanan jarak jauh.

Komponen Motor Matic yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Mudik Agar Aman

Motor matic rupanya masih menjadi pilihan favorit masyarakat Indonesia untuk mudik, karena dinilai jauh lebih ekonomis. Meski begitu, jangan lupa untuk cek dan ricek lagi seluruh komponen motormu sebelum dipakai untuk mudik, ya, Blibli Friends. Di bawah ini adalah beberapa komponen penting dalam motor yang wajib kamu periksa agar perjalanan nyaman dan tentunya aman tanpa gangguan:

  1. Ganti Filter Udara

Fungsi dari filter udara pada motor adalah untuk menyaring udara bebas dari luar sebelum masuk ke ruang pembakaran. Komponen ini perlu segera dibersihkan kalau sudah mulai kotor. Lakukan pembersihan secara teratur. Dan dianjurkan untuk mengganti saringan udara jika speedometer motor maticmu sudah menunjukkan angka 15.000 km agar nggak bikin boros bahan bakar.

  1. Periksa Busi

Usia busi juga nggak kalah penting untuk kamu perhatikan kalau ingin nyaman, aman dan lancar mudik pakai motor matic. Busi yang usianya sudah mencapai 8.000 km sebaiknya segera diganti agar nggak mengganggu performa motormu. Tanda busi sudah waktunya ganti adalah aki masih bagus, tapi motor susah dihidupkan, atau akselerasinya kurang.

  1. Oli atau Pelumas Mesin

Jangan biarkan oli atau pelumas mesin yang sudah menempuh jarak 2.500 km. Sebaiknya segera ganti oli kalau ingin performa mesin maticmu tetap terjaga dan nyaman di sepanjang perjalanan mudik. Terlalu memaksakan motor matic pakai oli yang sudah lama justru akan membahayakan mesin karena bisa mengurangi kinerja mesin.

  1. Perhatikan Air Radiator

Pada motor matic dengan kapasitas mesin 125 cc dan 150 cc, ada satu komponen penting yang harus dijaga karena fungsinya yang nggak tergantikan. Sebaiknya ganti pendingin cairan atau air radiator jika sudah menempuh jarak hingga 8.000 km. Jangan sampai karena ingin berhemat, kamu mengabaikan faktor keselamatan berkendara.

  1. Ganti V-Belt

V-belt itu fungsinya sama dengan drive chain alias rantai pada sepeda motor jenis sport atau bebek, yakni untuk meneruskan putaran mesin ke roda belakang dan motor pun bisa melaju. Jika nggak mau ada masalah di perjalanan mudik pakai motor matic, sebaiknya ganti V-belt pada motor yang sudah mencapai jarak 24.000 km.

Tips Mudik Aman dengan Motor Matic

Agar perjalanan mudikmu nggak mengalami hambatan, ada beberapa hal yang harus kamu cek. Jangan sampai gara-gara terlalu senang akan berkumpul dengan keluarga setelah hampir setahun nggak berjumpa, kamu abai pada keselamatan dirimu sendiri saat melakukan mudik. Cuss, intip apa saja, sih, yang harus diperhatikan sebelum mudik agar selamat sampai di tujuan?

  1. Cek Kondisi Motor Matic-mu

Pastikan motor yang akan kamu pakai untuk menempuh perjalanan mudik sudah diservis full, ya, Blibli Friends. Jadi, motormu bisa memberi performa terbaik tanpa mogok yang bikin jengkel, deh. Cek semua komponen, mulai dari mesin, radiator, ban, rem hingga oli. Dan ada satu hal penting yang sayangnya masih sering disepelekan adalah, yaitu perhatikan kapasitas motor. Jangan bawa beban terlalu banyak.

  1. Pastikan Tubuh dalam Kondisi Fit untuk Menempuh Perjalanan Jauh

Kondisi tubuh juga nggak boleh kamu abaikan. Kalau ingin perjalanan mudikmu lancar tanpa halangan dan rintangan, sebaiknya mulai perhatikan pola tidur dan makan selama puasa. Nggak cuma bakalan nyaman, mudik dengan tubuh yang fit akan membuatmu lebih bersemangat begitu tiba di kampung halaman untuk bermaaf-maafan dengan keluarga.

  1. Siapkan Bawaan dengan Cermat

Tips mudik dengan motor agar aman dan terhindar dari hal-hal yang nggak kita inginkan selanjutnya adalah mulai menyiapkan barang bawaan sejak jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Bawa barang secukupnya saja, nggak perlu sampai menyusun oleh-oleh sampai motor kelebihan muatan. Dan jangan lupa bawa juga toolkit motor, kotak P3k, kartu identitas dan juga uang tunai, ya, Blibli Friends.

  1. Istirahatlah setiap 3 Jam

Sangat disarankan bagi pengemudi motor yang melakukan perjalanan jauh untuk istirahat seenggaknya 3 jam sekali. Selain bagus untuk mengembalikan kebugaran tubuh, beristirahat sejenak juga bagus untuk memulihkan konsentrasimu saat berkendara. Apalagi biasanya di hari-hari mendekati Lebaran kondisi jalanan macet parah. Nggak perlu buru-buru sampai, selalu utamakan keselamatan.

  1. Taati Peraturan Lalu Lintas

Peraturan lalu lintas ada bukan untuk dilanggar. Pastikan untuk mematuhi peraturan dan rambu-rambu lalu lintas selama perjalanan mudik. Sekali lagi, meski rasanya nggak sabar banget untuk segera bertemu orangtua dan saudara di kampung halaman, pastikan kamu selalu mentaati peraturan lalu lintas. Ingat, keselamatan di jalan adalah hal yang sangat berharga.

  1. Save Nomor Penting dan Nomor Darurat

Nomor ambulans, nomor polisi atau contact center perusahaan untuk servis motor harus kamu simpan sebagai persiapan kalau ada sesuatu yang nggak diinginkan terjadi di tengah jalanan mudikmu naik motor matic. Misalnya motor kamu tiba-tiba mogok di jalan. Yah, meski nggak ada seorang pun yang berharap hal buruk terjadi, tapi tentunya nggak ada salahnya, kan, bersiap-siap dulu, Blibli Friends?

—————————————————————————————————————————————

BACA JUGA : Bingung Memilih Ban yang Baik, Berikut 7 Tips Memilih Ban Mobil

Nah, gimana, Blibli Friends, sudah simak Tips Mudik Pakai Motor Matic? Kalian siap bertemu sanak keluarga di kampung halaman tercinta tahun ini, kan? Ikuti tips mudik pakai motor matic di atas agar perjalananmu nyaman dan aman, ya. Dan jangan lupa serbu Promo Ramadhan dari Blibli, Blibli Friends. Promo spesial Blibli bikin belanja segala kebutuhan Ramadan-mu makin hemat dengan cashback dan masih banyak kejutan berkah setiap hari cuma di Blibli.

 

Tag:
Apa Yang Kamu Fikirkan?
0
0
0
0
0
0
0
0
0 Komentar

Artikel Lainnya

Lihat Semua Artikel