me

Tips Mudik dengan Motor Biar Aman Sampai Tujuan

Apr 01, 2022.By Blibli Friends
Bagikan

image source: www.pexels.com

Tips Mudik dengan Motor – Pandemi yang udah berjalan hampir 3 tahun bikin tradisi mudik Lebaran jadi terganggu bahkan mandeg sama sekali. Tapi, tahun ini rasanya bakalan beda, Blibli Friends, karena angka kasus makin melandai jadi pemerintah mulai kasih kelonggaran buat pulang kampung. Makanya, dari sekarang kamu perlu mulai ngerencanain skenario mudikmu apalagi kalo naik motor.

Walaupun sebagian orang berpendapat mudik pake motor nggak safe dan justru ribet karena nggak bisa bawa banyak barang, kamu jangan gentar sebab semua tergantung dari persiapannya. Dan lagi mudik pake motor juga banyak kelebihannya kok dibandingin sama moda transportasi lainnya. Cek tips mudik dengan motor disini.

BACA JUGA : Daftar Member Sahabat Main? Dapetin Benefit Berikut!

———————————————————————————————————————————————————

Kelebihan Mudik Pake Motor

  • Lebih lincah dan bebas macet

Salah satu cerita klasik tentang per-mudik-an yang nggak lekang oleh waktu adalah macet panjang terutama untuk rute dari dan ke kota besar. Hal ini nggak akan kamu alami dengan segitu parahnya kalo mudik pake motor. Bodi motor yang ramping bisa meliuk kesana-kemari menerjang jalanan yang sempit jadi bakal lebih aman dari jebakan kemacetan. Tapi inget ya, jangan ugal-ugalan kalo cari jalan, hehe.

  • Hemat waktu

Karena motor bisa bergerak dengan lebih fleksibel di jalan raya dan gampang keluar dari kemacetan, otomatis kamu jadi bisa sampai tujuan dengan lebih cepet. Dengan waktu yang dihemat ini kamu jadi bisa mampir misalnya ke toko oleh-oleh buat beli buah tangan untuk keluarga di kampung halaman tanpa kemaleman.

  • Santai menikmati pemandangan

Rasa kangen sama keluarga di kampung halaman nggak jadi alasan buat tegang di jalan. Kamu yang memilih mudik pake motor bisa melepaskan ketegangan selama perjalanan dengan cara menikmati pemandangan yang kamu lewati. Entah itu lalu Lalang kendaraan atau window shopping ke berbagai butik dan pusat perbelanjaan, semuanya bikin penglihatan dan hatimu tambah seger aja.

  • Persiapan Sebelum Mudik Pake Motor

Biar perjalanan mudikmu tahun ini lebih lancar dan nyaman menggunakan motor, yuk bikin persiapannya dengan matang dari sekarang. Persiapan yang mesti kamu lakukan meliputi beberapa hal berikut ini:

  • Bawa Perlengkapan Yang Penting

Sebagai pemudik motor, kamu perlu menyadari bahwa space yang kamu punya buat bawa barangmu nggak banyak. Apalagi kalo mudiknya udah bareng suami atau istri. Makanya, kamu perlu cerdas dalam memilah barang kebutuhanmu dari yang super lengkap jadi ke yang penting-penting aja. Contohnya beberapa setel baju buat Lebaran dan santai, jaket, alat mandi, alat sholat dan obat-obatan pribadi.

  • Cek Kondisi Motor

Selain ngecek barang bawaan yang wajib dibawa, kamu juga perlu memeriksa kondisi motormu biar perjalanan mudik lebih aman dan lancar. Jangan nunggu mepet tanggal mudik buat bawa “kuda besi” ke bengkel langganan karena biasanya bakal antre panjang. Begitu gajian atau dapet THR, cuss lah langsung cek dan perbaiki motor biar tenang pulang kampungnya.

  • Pastikan Kesehatanmu Prima

Bukan cuman motor aja yang musti prima, kondisi fisikmu juga harus sehat wal afiat terutama kalo kamu pulang kampung ke kota yang jauh. Inget, mudik pake motor emang seger tapi juga bikin kamu terpapar angin dan panas dalam waktu yang nggak sebentar. Sebelum berangkat pastikan kamu makan dan minum vitamin dulu biar badan bugar dan bertenaga. Pastikan kamu tidur yang cukup juga, ya.

  • Bawa Bekal Seperlunya

Persiapan menjelang mudik pake motor yang terakhir adalah bawa bekal, Blibli Friends. Bukannya mau pelit. Tapi, kadang nyari tempat berbuka puasa di perjalanan itu nggak gampang karena udah banyak yang penuh. Daripada senewen karena nggak dapet warung buat buka puasa, kan mending kamu bawa bekal sendiri. Mau menepi dimana aja kamu udah punya amunisi buat ngisi perutmu.

  • Tips Mudik Aman dengan Motor

Semua persiapan udah kamu lakukan dengan matang. Kini saatnya untuk eksekusi rencana mudikmu yang bakal seru sampai tujuan. Dan jangan lupa safety first atau keselamatan adalah yang utama. Beberapa tips aman berikut bisa bantu kamu agar lebih aware dan aman selama perjalanan.

  • Pakai Baju Tertutup

Tips mudik aman yang pertama adalah faktor kenyamanan dan keselamatan pengemudi sendiri yang salah satunya bisa dilihat dari baju yang kamu pakai. Apalagi untuk perjalanan jauh akan lebih baik kamu pakai baju tertutup yang melindungi semua bagian tubuhmu. Dan bakalan lebih fleksibel kalo kamu pakai celana panjang sehingga pergerakan bisa lebih cepat dan mudah.

Untuk alas kaki, jangan pakai sandal apalagi sandal jepit, ya. Alas kaki model begini gampang banget lepas dan nggak melindungi kakimu. Akan lebih aman kalo kamu pilih seenggaknya sandal gunung yang ga gampang copot. Sempurnanya, kamu pakai sepatu yang terpasang erat tapi nggak ketat jadi kakimu tetap bisa bergerak bebas.

  • Pilih Perlengkapan Standar

Selain pakaian yang tertutup dan bisa melindungi kulitmu, sangat disarankan kamu pakai perlengkapan berkendara yang standar. Misalnya aja helm dengan standar SNI dan juga jaket yang bisa bikin badanmu lebih hangat saat perjalanan. Jaket juga bagian dari prosedur keselamatan lho, supaya kulitmu nggak gampang luka atau tergores saat ada kendala di jalan.

  • Bawa Perlengkapan Darurat

Meskipun kamu dah menyiapkan kendaraanmu dengan maksimal, nggak ada yang tahu apa yang bisa terjadi di tengah perjalanan. Makanya, kamu sebaiknya bawa perlengkapan darurat yang biasa dipakai untuk kasih “pertolongan pertama” saat motormu bermasalah.

  • Istirahat Sebentar Ketika Lelah

Dan tips yang terakhir biar mudik sama motor jadi lebih aman adalah jangan memaksakan diri kalau udah ngerasa capek. Menepi di minimarket lalu duduk sambil menikmati suasana bisa bikin penatmu menguap sebentar. Atau kalo super ngantuk kamu juga bisa mampir ke masjid terdekat, ambil wudhu supaya adem, terus rebahan sebentar. Tapi tetep waspada sama barang bawaanmu, ya.

  • Larangan Saat Mudik Pake Motor

Mudik emang jadi momen yang ditunggu-tunggu karena kamu bisa ketemu sama sanak keluarga yang selama ini cuman bisa dilihat lewat ponsel. Tapi, kerinduanmu ini nggak bisa jadi alasan untuk kebut-kebutan di jalan atau ceroboh saat berkendara. Ada beberapa hal yang musti kamu hindari supaya mudik tetep aman dan happy.

Pertama adalah pastikan kamu pakai perlengkapan berkendara yang sesuai standar mulai dari helm sama jaket biar lebih aman dan nyaman. Kedua, jangan mengemudi kalo kamu udah ngerasa capek. Ini bahaya banget bukan hanya buat kamu tapi juga untuk pengguna jalan lainnya. Ketiga, jaga kondisi badan selama perjalanan setidaknya dengan menjaga asupan air biar nggak dehidrasi.

—————————————————————————————————————————

BACA JUGA : Outfit Lebaran Pria Terbaik 2022, Cek Rekomendasinya, Yuk!

Nah, kamu udah selesai menyiapkan semua kebutuhan buat mudik belum? Coba deh cek lagi dan pastikan semua yang kamu perlukan ada di Blibli yang lagi bikin Promo Ramadhan khusus buat pelanggan setia. Ada beragam barang kebutuhan yang bisa kamu dapatkan di sini mulai logistik sampe perlengkapan ibadah. Psst, diskonnya besar-besaran, lho.

 

Tag:

Artikel Kategori Terkait

Artikel Tag Terkait

Artikel Penulis Terkait

Lihat Artikel Lainnya