me

Tips Mudik dengan Mobil Pribadi Agar Aman dan Nyaman Sampai Tujuan

Apr 01, 2022.By Blibli Friends
Bagikan

image source: www.shutterstock.com

Tips Mudik dengan Mobil Pribadi- Tradisi mudik Lebaran alias pulang kampung untuk berkumpul dengan keluarga besar merayakan Hari Lebaran bersama-sama emang nggak bisa dilewatkan. Demi bisa berjumpa orang-orang terkasih, kita rela berdesak-desakan dan mengantri untuk mendapatkan tiket mudik atau menggunakan kendaraan pribadi untuk pulang kampung saat Lebaran.

Ketimbang naik angkutan umum, mudik naik mobil pribadi emang paling nyaman. Selain bisa lebih santai menikmati perjalanan, kita juga nggak perlu repot-repot membawa printilan barang yang banyak banget atau pun memikirkan biaya bagasi tambahan. Nah, agar perjalanan menuju ke kampung halaman tetap aman dan nyaman, yuk, ikuti tips mudik dengan mobil pribadi berikut ini, guys!

Baca juga: Road Trip Jakarta Jogja, Serunya Jalan Jalan di Jawa Tengah


Ada banyak alasan yang bikin masyarakat lebih memilih mudik dengan menggunakan mobil. Bahkan sebagian orang rela menyewa mobil demi bisa merasakan kelebihan pulang kampung naik mobil bukannya kendaraan umum. Inilh hal-hal yang harus kamu persiapkan kalau memutuskan untuk mudik naik mobil pribadi, Blibli Friends!

Persiapan Mudik dengan Mobil Pribadi

Bagi yang setiap tahun selalu menjalankan tradisi mudik Lebaran, kamu pasti paham gimana capeknya harus melalui perjalanan hingga ratusan kilometer jauhnya. Tapi semua tetap kita lakukan demi bisa berjumpa sanak saudara dan merayakan Hari Raya bersama. Dan sebelum ‘bertempur’ dengan medan jalanan, siapkan beberapa hal di bawah ini agar keamanan dan kenyamanan mudik terjaga, ya!

  1. Cek Mobil, Pastikan dalam Keadaan Baik

Pertama-tama cek dan ricek kondisi mobil yang akan kamu pakai untuk mudik. Lakukan pemeriksaan secara seksama. Kalau ogah ribet, kamu tinggal membawa mobil ke bengkel resmi langganan untuk mendapatkan full service. Kondisi kendaraan menjadi faktor penting dalam keselamatan dan kenyamanan berkendara. Pastikan semua komponen mobil dalam kondisi bagus.

  1. Jangan Bawa Muatan Melebihi Kapasitas Mobil

Nggak kalah penting, tapi masih sering diabaikan cuma gara-gara ingin menunjukkan kesuksesan kita di tanah rantau dengan membawa banyak barang untuk oleh-oleh keluarga di kampung halaman, hal ini juga dapat mengurangi nyamannya berkendara, lho. Sebaiknya bawalah muatan secukupnya, hindari membawa terlalu banyak barang karena bisa membahayakan keselamatanmu sendiri.

  1. Bawa Cukup Uang Tunai

What?! Hari gini, emang masih jaman, ya, bawa uang tunai? Well, meski kita udah terbiasa melakukan transaksi cashless, tapi ada kalanya kita harus menyiapkan uang tunai juga, terutama kalau tujuanmu bukanlah kota besar. Jangan sampai kesenangan liburan Lebaran malah bikin kepala pening karena nggak pegang uang tunai untuk bayar-bayar belanjaan.

  1. Aktifkan Selalu Fitur GPS

Menempuh perjalanan jauh bisa sangat menantang. Apalagi kalau kamu belum hafal jalan atau butuh jalan alternatif untuk menghindari titik-titik rawan macet saat momen mudik. Solusinya, ya, aktifkan fitur GPS atau Google Maps yang ada di smartphone-mu. Karena itu, sebelum berangkat, pastikan semua perangkat mobile telah terisi penuh baterainya. Jangan lupa bawa power bank juga, ya.

  1. Bawa Makanan dan Minuman

Yang namanya macet saat mudik itu adalah hal biasa. Kamu bisa menemui kemacetan di mana pun. Jangan sampai karena terjebak macet, kamu jadi menunda-nunda mengisi perut. Selain bikin konsentrasi berkurang, kondisi perut yang lapar, ditambah stres karena berhadapan dengan macet panjang bikin kamu makin emosi. So, bawalah bekal makanan dan minuman untuk mengatasi hal ini.

  1. Pastikan Tubuh Benar-Benar dalam Kondisi Fit Sebelum Berangkat Mudik

Ini dia yang wajib kamu perhatikan juga, Blibli Friends. Bukan cuma mobil saja yang perlu dipersiapkan, kondisi tubuh juga harus mendapat perhatian penuh. Kamu butuh badan yang fit dan prima agar bisa menempuh perjalanan jarak jauh dengan baik. Jika mengantuk atau lelah di tengah perjalanan, sebaiknya berhenti dan beristirahat sejenak.

Komponen Mobil yang Harus Dicek Sebelum Mudik

Agar perjalanan aman dan nyaman, yuk, cek dan ricek komponen ini pada mobil pribadimu sebelum dipakai untuk mudik:

  1. Rem

Ini dia komponen vital pada mobil yang butuh perhatian lebih sebelum kamu pakai untuk menempuh perjalanan jauh. Jika kampas rem sudah mulai aus dan tipis, segeralah ganti. Berkendara dengan kendaraan pribadi yang remnya kurang pakem nggak cuma akan merugikan dirimu sendiri, tapi juga pengemudi lain dan pengguna jalan lainnya.

  1. Cek Tekanan Angin

Nah, tekanan angin di ban mobil juga nggak boleh kamu abaikan saat mempersiapkan kondisi kendaraan untuk mudik, lho, guys. Pastikan tekanan angin dan alurnya sudah sesuai standar, ya, agar kenyamanan berkendara tetap terjaga dari keberangkatan sampai tiba di tujuan kamu.

  1. Sistem Kelistrikan

Nggak kalah penting diperhatikan bagi kamu yang berencana menggunakan mobil untuk menempuh perjalanan jauh saat mudik adalah memastikan komponen-komponen yang butuh daya listrik dapat berfungsi dengan sebagaimana mestinya. Mulai dari lampu utama, lampu sen dan bagian lainnya.

  1. Oli Transmisi Otomatis

Nggak cuma sekedar melumasi, oli transmisi otomatis juga menjadi bagian dari sistem yang menggerakkan transmisi. Tambahkan oli transmisi jika jumlahnya berkurang agar berkendara tetap aman dan nyaman.

  1. Minyak Power Steering

Isi tabung cadangan tempat minyak power steering. Perhatikan jangan sampai ada kebocoran karena bisa berisiko memercikkan minyak ke knalpot. Sifat minyak ini sangat mudah menyala karena titik bakarnya yang cukup rendah, guys.

  1. Freon AC

Mudik naik mobil tanpa AC yang sejuk? Bisa dibayangkan betapa tersiksanya penumpang di dalam mobil selama perjalanan, terutama kalau kamu berangkat di siang hari. So, agar kenyamananmu dan penumpang lain tetap terjaga, pastikan cek freon AC sebelum mudik.

Tips Mudik Aman dengan Mobil

Melakukan segala persiapan demi persiapan agar mudik berjalan lancar tanpa kendala emang bikin repot. Tapi percayalah kamu akan bersyukur karena perjalanan jadi terasa lebih nyaman. Agar perjalanan mudik naik mobil pribadi aman, yuk, ikuti tips berikut ini:

  1. Sediakan Ruang Gerak yang Cukup, Terutama bagi Penumpang Belakang

Badan akan terasa cepat pegal jika diam dalam waktu lama di dalam mobil. Atasi hal ini dengan menyiapkan ruang gerak yang cukup. Apalagi kalau kamu membawa penumpang di kursi belakang.

  1. Siapkan Obat Anti Mabuk

Jangan lupa siapkan obat-obatan untuk menghindari mabuk perjalanan karena macet parah dan kondisi cuaca yang nggak menentu, guys.

  1. Cari Tahu Rest Area yang Nyaman

Istirahatlah dan turunlah dari mobil setiap 3 atau 5 jam sekali. Jangan asal istirahat di sembarang tempat. Carilah rest area yang nyaman untuk melemaskan otot-otot yang tegang dan menyegarkan mata dengan melihat pemandangan yang hijau.


Baca juga: Rekomendasi Road Trip Jogja Bali

Siap menyambut Lebaran bersama keluarga besar di kampung halaman tercinta, Blibli Friends? Patuhi aturan lalu lintas dan tips mudik dengan mobil pribadi di atas supaya selamat sampai tujuan, ya?  Jangan lupa seru-seruan bareng Blibli untuk dapatkan kejutan Promo Ramadhan berkah setiap hari. Mudik jadi makin asyik dengan penawaran spesial dari Blibli, guys. Catat tanggal mainnya!