Mudik ke kampung halaman adalah salah satu tradisi tahunan yang paling ditunggu-tunggu di Indonesia. Merayakan Lebaran bersama dengan keluarga besar tentunya menjadi kebahagiaan tersendiri. Untuk memastikan bahwa kamu sampai di tujuan dengan selamat, ada banyak hal yang dipersiapkan, lho! Sebelum berangkat, lebih baik cek dulu 5 tips di bawah ini biar perjalanan mudik aman dan nyaman hingga kampung halaman!

DAPATKAN SUKU CADANG MOBIL AGAR PERFORMANYA PRIMA SEPANJANG PERJALANAN

1. Periksa kondisi mesin dan pastikan berfungsi dengan baik

mudik aman dan nyaman
Via – Hartlandlubes

Sebelum melakukan perjalanan jauh, pastikan bahwa mesin mobil berada dalam kondisi yang baik. Beberapa elemen yang paling penting untuk dicek adalah rem, oli, aki, ban, lampu, radiator, hingga wiper. Supaya perjalanan mudik aman dan nyaman sampai di tujuan, lebih baik sempatkan membawa mobil untuk pengecekan menyeluruh di bengkel! Ini penting banget untuk memastikan bahwa kamu dan keluarga selalu aman di tengah perjalanan.

MAU GANTI OLI? BELI DULU OLINYA DI SINI

2. Bawa makanan dan minuman yang cukup

mudik aman dan nyaman
Via – Pinterest

Biar perjalanan mudik aman dan nyaman, urusan perut nggak boleh dilupakan. Dari tahun ke tahun, kepadatan jalur mudik sering mengakibatkan kemacetan hingga beberapa jam. Nah, biar nggak kelaparan di tengah jalan, sediakan stok makanan dan minuman yang berlimpah di dalam mobil, ya! Kamu bisa membawa roti, buah-buahan, biskuit, jus, ataupun susu pertumbuhan untuk si kecil.

SIAPKAN STOK MAKANAN YANG CUKUP BIAR NGGAK KELAPARAN

3. Sediakan sistem entertainment yang oke punya!

mudik aman dan nyaman
Via – Cars-10

Anak kecil biasanya lebih mudah bosan ketika berada dalam perjalanan jauh. Nah, kalau sudah bosan, mereka juga jadi rewel dan akhirnya membuat perjalanan makin melelahkan. Untuk mencegah hal itu, kamu bisa melengkapi mobil dengan sistem multimedia yang canggih, supaya bisa memutar lagu kesukaan dengan mudah. Kamu juga bisa pilih headrest TV biar anak-anak bisa menonton atau main dengan tenang. Tapi, batasi penggunaannya supaya mereka juga nggak pusing ya!

YUK INSTALL SISTEM HIBURAN YANG ASYIK DALAM MOBIL

4. Menyiapkan sistem navigasi dan peralatan P3K

Blibli.com, Blibli Friends, mobil, otomotif, aki, oli, rem, suku cadang, mudik, tips mudik, perjalanan mudik
Via – Extremetech

Nah, tips mudik aman dan nyaman selanjutnya adalah menyediakan sistem navigasi di dalam mobil, serta peralatan perkakas. GPS berguna banget untuk membantumu mencari alternatif rute yang nggak macet. Apalagi kalau perjalananmu jauh, nggak mungkin mengandalkan sistem GPS yang ada di smartphone karena akan sangat memboroskan baterai. Sementara itu, perkakas tool kit yang lengkap juga harus kamu siapkan untuk berjaga-jaga jika ada kerusakan mobil di tengah jalan.

PASTIKAN MUDIKMU AMAN DAN NYAMAN, DAPETIN GPS DAN PERKAKASMU SEKARANG!

5. Bikin si kecil merasa nyaman sepanjang perjalanan

mudik aman dan nyaman
Via – Onemileatatime

Nggak seperti orang dewasa, daya tahan tubuh si kecil butuh lebih banyak waktu untuk menyesuaikan dengan rutinitas baru. Ketika dibawa mudik, mungkin saja si kecil jadi rewel karena susah tidur atau kedinginan. Untuk itulah, kamu bisa mempersiapkan bantal, selimut dan matras mobil supaya ia bisa tidur dengan lelap, seperti di rumah sendiri. Untuk si kecil yang masih bayi, gunakan car seat agar ia bisa duduk dengan stabil dan tidur tanpa takut terbentur.

CEK DI SINI PERLENGKAPAN TIDUR ANAK UNTUK DI MOBIL


Itu dia beberapa tips mudik aman dan nyaman bersama keluarga. Mudah dan nggak ribet kan? Karena perjalanan mudik harus dibuat semenyenangkan mungkin, jadi jangan menyepelekan persiapannya ya! Luangkan waktumu sejenak untuk memastikan bahwa kamu bisa sampai di kampung halaman dengan selamat.

Agar nggak terburu-buru, ada baiknya kamu mempersiapkan mudik dari sekarang, guys! Cek dulu ke #BlibliSekarang untuk melihat suku cadang mobil yang kamu butuhkan!

SEMUA KEBUTUHAN MOBIL UNTUK URUSAN MUDIK BISA KAMU DAPATKAN DI SINI

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY