Tips Milih Tablet yang Nyaman Biar Ide Gambar Makin Ciamik

Photo via pexels.com

Jaman sekarang, gak heran kalo bikin coret-coretan atau drafting ide gak harus pake kertas kosong. Selain gak praktis, ngegambar di kertas bikin gak fleksibel buat di-share, disimpen, atau di-edit lagi. Sekarang, kreativitas bisa digali pake alat yang lebih nyaman. Soalnya, udah ada tablet khusus gambar yang bisa dipake. Tapi, berhubung kebutuhan tiap orang beda-beda, ada perlunya buat tau cara milih tablet yang paling pas. Biar gak bingung, coba deh ikutin tips ini sebelum beli.

Tips Pemilihan Tablet Menggambar Terbaik

  1. Spesifikasi Tablet

Gak perlu buru-buru kalau lagi nyari tablet khusus buat gambar. Soalnya, harus paham betul sama spesifikasi tablet yang mau dibeli, supaya sentuhan seni yang dibuat makin ciamik diliat. Khusus yang kerjanya di bidang desain dan ilustrasi, atau lagi pengen ngedalemin bidang itu, lebih bagus pilih tablet yang lengkap ada pen-nya buat ngerjain poin-poin yang detail. Bayangin aja susahnya kalau pake jari, harus zoom in gambar sampai maksimal kalau mau ngeggambar detailnya. Kan susah ya, kalau harus kek gitu terus. Jangan lupa juga buat pertimbangin tombol sampai fitur yang disediain. Kalo milih tablet yang spesifikasi lengkap, otomatis sketch jadi lebih mantep.

  1. Sesuaikan Kebutuhan

Sekarang tuh banyak banget tablet yang pake desain unik dan warna-warna keren. Tapi perlu juga diinget kalau tampilan tablet gak nentuin hasil gambar yang dibuat. Daripada nyesel salah beli, gara-gara cuma nyantol sama desain tabletnya doang, beli aja tablet yang fungsinya sesuai sama kebutuhan.

Misalnya kalau butuh nyari referensi lebih banyak, otomatis fitur touch sama wireless lebih dibutuhin. Kalo ga ada fitur itu, gimana caranya buat nemuin referensi yang pas biar karya seni makin ciamik? Atau misalnya pengen langsung nuangin ide kebentuk sketch tiap dapet inspirasi, tablet yang ringan dan praktis lebih disaranin biar bisa langsung garap idenya di mana aja dan kapan aja.

  1. Ukuran Tablet

Ukuran jadi hal yang gak kalah penting diperhatiin pas beli tablet. Ini bakal ada kaitannya sama spesifikasi dan kebutuhan. Tablet sendiri punya banyak jenis ukuran mulai dari A4 sampai A6.

Ukuran ini gak cuma ngaruh ke bobot aja loh! Soalnya, beda ukuran bakal ngaruh juga ke pergerakan kursornya. Makin lebar ukurannya, otomatis gerakan kursor juga lebih lapang. Jangan lupa sesuain ukuran tablet pake ukuran monitornya biar seimbang.

  1. Budget

Sekarang ini udah banyak banget jenis dan tipe tablet gambar yang ada di pasaran. Tinggal cocokin aja sama budget yang di kantong. Buat poin yang ini, untungnya Blibli.com lagi ngasih banyak tawaran jenis tablet yang harganya gak bikin isi kantong kembang kempes.

  1. Merk Tablet

Inget, ada harga ada rupa. Jangan kegoda beli cuma murahnya doang. Cek juga mereknya apa. Buat yang kerjanya jadi desainer, perangkat ini jatohnya kaya investasi. Jadi jangan sembarangan milih. Buat yang masih pemula, bisa mulai dari harga yang terjangkau dulu sampe nanti bisa hasilin duit dari ngedesainnya, baru deh abis itu upgrade.

Nah, ternyata banyak banget hal yang harus dipertimbangin sebelum masukin tablet idaman ke keranjang. Mulai dari ukuran, merk, kualitas, dan juga budget. Blibli.com jadi tempat paling pas buat dapetin tablet andalan! Met ngegambar!

Jarvis

Addicted to gadget and tech. My main gig is writing clear, concise, and compelling web copy that demands attention. I love playing with my son, indoor or outdoor at the weekend.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY