Sebentar lagi tahun baru nih Friends! Sampai mana rencana dan persiapanmu saat ini untuk menyambutnya? Pergi mengunjungi tempat-tempat wisata populer bersama orang-orang terdekat? Atau sekedar menghabiskan quality time bersama keluarga di rumah?

Buat kamu yang belum punya ide, sudah pernah mencoba merayakan tahun baru on the road belum? Hanya bermodalkan kendaraan 4 roda, kamu bisa seru-seruan bersama teman-teman mengelilingi kota-kota di Indonesia!

Inti utama dari liburan ini adalah nggaka da penginapan sama sekali. Kamu bakal selalu di tengah jalan. Tidur di mobil, kemping, atau nggak sama sekali! Pokoknya jalan terus tanpa berhenti buat check-in/out! Caranya? Ayo, intip tips-tipsnya berikut ini dulu!

1. Tentukan jumlah orang yang pas

jumlah-oran

Perayaan Tahun Baru on the road-mu akan semakin meriah jika dilakukan bersama orang-orang terdekat. Untuk itu, perjalanan ini akan terasa lebih seru jika dilakukan dalam kelompok.

Pilihlah setidaknya 2-3 orang yang dapat mengemudikan mobil. Sehingga nantinya mereka bisa menyetir secara bergantian. Perhatikan juga ukuran mobil. Jika ukurannya tidak cukup besar maka jangan sampai kamu mengajak teman melebihi kapasitas ukuran mobil tersebut.

2. Tetapkan rute, tujuan perjalanan, serta budget yang diperlukan

cek-lokasi

Sebelum melakukan road trip, kamu dan teman-temanmu pelru mendiskusikan tujuan dan rute perjalananmu dengan bijak. Jika kamu ingin mengelilingi pulau Jawa atau dari (Medan-Surabaya),maka tentukan terlebih dahulu, kota mana saja yang ingin kalian jelajahi.

Agar lebih nyaman, pilihlah kota-kota yang berdekatan agar bisa menghemat waktu. Manfaatkan peta dengan baik untuk membantumu dalam merencanakan hal tersebut.

Agar bisa menggunakan waktu secara efisien dan menekan biaya perjalanan agar tidak menguras kantong, sebaiknya kamu dan teman-temanmu dapat memperkirakan jarak tempuh dan kondisi perjalanan. Sehingga kamu punya cukup untuk mengekplorasi tempat-tempat tersebut.

Jangan lupa untuk menghitung biaya penggunaan bahan bakar serta uang konsumsi selama perjalanan!

3. Periksa keadaan mesin dan perlengkapan mobil sebelum berangkat

periksa-kendaraan

Hal yang satu ini sering kali diacuhkan banyak orang yang berencana untuk mengadakan liburan on the road. Alasannya karena perjalanan tersebut dilakukan secara beramai-ramai, sehingga jika ada sesuatu yang terjadi, akan lebih mudah diselesaikan.

Sebaiknya hal tersebut dihindari dan tetaplah untuk memperhatikan setiap detail yang paling penting saat akan memulai perjalanan. Salah satunya adalah memeriksa kondisi mobil, mulai dari mesin, ban, dan tekanan anginnya. Oli mesin, radiator, rem mobil, serta kondisi fisik mobil lainnya.

Untuk mengatasi hal-hal yang tak terduga, bawalah selalu perlengkapan darurat berupa kunci-kunci mekanik dalam tas yang mudah di bongkar pasang. Selain itu bawa juga ban mobil cadangan untuk antisipasi bila sewaktu-waktu ban mobilmu kempes atau bocor saat diperjalanan.

4. Bawalah charger mobil universal agar gadgetmu tak kehabisan baterai

charger-mobil

Via – liburmulu

Saat melakukan road trip, gadget merupakan salah satu senjata utama untuk menyelesaikan berbagai masalah. Alasannya ada tiga, yaitu: komunikasi, pemandu jalan, dan pengusir bosan!

Untuk itu agar smartphone atau gadget lainnya tetap dapat bisa digunakan selama perjalanan berlangsung, maka kamu harus membawa charger mobil universal yang dapat digunakan oleh segala jenis gadget.

5. Download aplikasi untuk mengetahui update info lalu lintas terkini

download-aplikasi

Menggantungkan harapan hanya pada GPS saja tak cukup untuk membantu kamu mencari rute terbaik selama perjalanan. Kamu juga perlu memiliki aplikasi yang dapat memberikan petunjuk jalan sekaligus memberitahu jalur alternatif buat minggat dari kemacetan.

Pastikan aplikasi tersebut dapat memberikan informasi lalu lintas secara real time dan akurat. Biasanya aplikasi tersebut mendapatkan informasi secara langsung dari pengguna yang baru saja melewati rute tersebut.

GPS selalu aktif ya!

6. Bawa perlengkapan pembunuh kebosanan saat di perjalanan

perlengkapan-anti-bosan

Liburan on the road-mu akan terbebas dari rasa bosan dengan membawa berbagai perlengkapan hiburan. Misalnya dengan membawa beragam macam mainan yang bisa kamu mainkan di dalam mobil dan satu tas penuh cemilan untuk mengganjal perut.

Masih kurang? Jangan lupa untuk membawa bantal tidur untuk kamu yang merasa kelelahan saat harus berpindah dari satu kota ke kota lainnya. Headset, konsol game portable, tablet buat nonton merupakan alternatif yang oke-oke.

7. Bawa kembang api untuk menyemarakkan malam pergantian tahun

kembang-api

Hampir saja lupa! Perayaan Tahun Baru tak akan meriah tanpa adanya percikan kembang api. Melakukan road trip saat tahun baru bukan berarti bisa melewati momen yang satu ini.

Kamu bisa berhenti sejenak di suatu tempat saat malam pergantian tahun tiba. Lebih seru lagi jika kamu bisa menemukan spot yang sepi dan jauh dari keramaian. Kamu dan teman-teman bisa turun dari mobil dan menyalakan kembang api sejenak

Jika beruntung, kamu juga bisa menikmati momen tersebut sambil melihat dan mendengar letusan kembang api raksasa di langit dari kejauhan. Apalagi, ketika berada di kota lain, kamu bisa merasakan perbedaan suasana festive yang baru.

Bagaimana, apakah kamu sudah siap dengan perayaan Tahun Baru on the road-mu nanti? Buat semua perlengkapan penting mobil dan hiburan di atas, kamu bisa menemukannya di Blibli.com dengan mudah!

Apalagi, Blibli.com kini tengah mengadakan promo spesial Natal yang memberikan diskon 25% untuk semua produk mobil! Cukup masukkan kode Carnival-2412, dan kamu bisa mempersiapkan sistem audio, ban, oli, radiator, dan aksesoris lainnya untuk perjalananmu nanti!

Jangan lupa untuk mengabadikan momen spesial tersebut di setiap kota yang kamu singgahi ya!

Rio

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.
Rio

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY