[Slideshow] 10 Tips Merawat Laptopmu Agar Tahan Lama

“Belum satu tahun, kok laptopku sudah rusak ya?”

Pasti pernah dong punya pengalaman seperti diatas. Bisa jadi hal tersebut disebabkan oleh kesalahan penggunaan dan perawatan yang kamu lakukan. Jika dilakukan secara asal-asalan, jangan heran jika usia laptopmu hanya bertahan beberapa bulan saja. Nah, supaya laptopmu tahan lama sesuai dengan usianya, yuk ikuti 10 tips merawat laptop berikut ini!

1. Jauhkan laptop dari air

Via - Keyword Suggestion

Bila ingin merawat laptop dengan baik, kamu harus jadikan benda cair sebagai musuh besar laptop kamu. Jika kamu termasuk orang yang suka menaruh secangkir kopi atau minuman lainnya di dekat laptopmu, sebaiknya segera hentikan kebiasaan tersebut! Agar lebih aman dari tumpahan benda cair, gunakan pelindung keyboard pada laptop untuk menghindari korslet.

2. Hindari menjinjing laptop

Via - Lenovo

Daripada menjinjing laptop, lebih baik gunakan tas laptop untuk membawa laptopmu. Hal ini bisa menghindari goresan atau benturan keras apabila laptopmu nggak sengaja terjatuh. Membawa laptop beserta dengan tasnya juga terbukti jauh lebih aman dibandingkan dengan menjinjingnya begitu saja.

3. Jangan operasikan laptop hingga baterai 0%

Via - picjumbo

Jika kamu terbiasa menggunakan laptop dalam waktu lama, pastikan kamu selalu menyiapkan charger laptop agar pemakaian daya baterai laptopmu nggak sampai benar-benar habis. Membiarkan laptop beroperasi hingga indikator baterai menunjukkan angka 0 bisa berakibat pada kerusakan baterai jika sering dilakukan.

4. Hindari mengoperasikan laptop di atas kasur

Via - Lifewire

Mengoperasikan laptop di atas kasur akan membuat sirkulasi udara laptop terhambat. Sehingga laptop nggak bisa mengeluarkan hawa panas dengan baik. Jika dibiarkan dalam waktu lama, hal tersebut akan mengakibatkan overheating dan laptopmu akan cepat rusak! Sebaiknya gunakan meja laptop saat mengoperasikannya di atas kasur agar lebih aman.

5. Install anti-virus untuk merawat laptop dari dalam

Via - Panda Security

Merawat laptop itu bukan hanya mencegah bahaya dari luar, namun juga dari aktivitas yang kamu lakukan. Terlebih lagi di era teknologi yang maju sekarang ini, pastinya kamu banyak melakukan aktivitas yang melibatkan penggunaan internet.

Untuk menjaga laptop tetap aman dari serangan virus yang berasal dari internet, pastikan kamu sudah meng-install anti-virus di laptop kamu! Jangan lupa untuk meng-update antivirusmu secara berkala juga, ya!

6. Hindari meng-install games berat

Via - PlayStation.Blog

Suka meng-install games yang memakan memori besar juga? Coba cek lagi, apakah RAM yang kamu miliki sudah mencukupi untuk permainan tersebut. Faktanya, meng-install games yang berat apabila nggak diiringi dengan kapasitas RAM yang sesuai, dapat membebani laptop kamu. Jika perlu, tambahkan RAM laptopmu sesuai dengan kebutuhan agar kamu bisa bermain sepuasnya!

7. Jangan mengoperasikan laptop terlalu lama

Via - uclan

Kamu sering lupa waktu dan menggunakan laptop dalam waktu yang sangat lama hingga laptopmu menjadi panas? Sebaiknya gunakan timer agar laptop kamu terhindar dari overheating supaya laptopmu lebih awet!

Rekomendasi: Kitani Stop Kontak with Program Timer Digital

8. Perhatikan suhu laptop

Via - TurboFuture

Buat kamu yang sering menggunakan laptop hingga panas, sebaiknya kamu menggunakan cooling pad untuk laptop kamu agar terhindar dari overheating. Cooling pad ini akan membantu membuat suhu laptopmu menjadi lebih sejuk dan tentunya membuat kamu nyaman.

Rekomendasi Unique Power Cool V2 Hitam Cooling Pad for Notebook

9. Jangan mengunduh software sembarangan

Via - techdonut

Sering mengunduh software dari situs-situs yang nggak jelas? Selain berbahaya, melakukan hal tersebut akan membuat laptopmu terserang virus dari program-program ilegal yang kamu unduh. Untuk menghindarinya, pastikan kamu selalu mengunduh software asli yang lebih terjamin dan terpercaya untuk keamanan laptop kamu.

10. Hindari mematikan laptop secara paksa

Via - New York Magazine

Kamu sering mematikan laptop secara paksa? Atau pernah mengalami mati lampu mendadak ketika mengoperasikan laptopmu hanya dengan aliran listrik dari charger. Jika hal tersebut sering terjadi, komponen-komponen laptopmu akan cepat rusak dan akan mengganggu fungsi operasi laptop itu sendiri.

Sebaiknya selalu matikan laptop sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan. Untuk menghindari hal-hal yang bersifat mendadak seperti mati listrik, kamu bisa mengakalinya dengan menggunakan stabilizer agar aliran listrikmu lebih stabil dan nggak mati secara mendadak.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk merawat laptop milikmu agar usianya lebih tahan lama. Bagi kamu yang belum memiliki laptop, atau ingin menambah koleksi aksesoris laptop baru, Blibli.com punya segudang produk yang kamu butuhkan! Kamu bisa check produknya, mulai dari keyboard, charger laptop, tas laptop hingga modem hanya di sini!

11. Jarvis

Addicted to gadget and tech. My main gig is writing clear, concise, and compelling web copy that demands attention. I love playing with my son, indoor or outdoor at the weekend.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY