me

7 Tips Merawat Jeans agar Awet dan Tetap Berkualitas Meski Sudah Bertahun-Tahun!

May 20, 2024.By Nadine
Bagikan

freepik.com/author/zinkevych
Rawat jeansmu dengan benar mulai dari cara mencuci hingga menyimpannya!

Untuk menciptakan cycle fashion yang berkelanjutan, kamu harus mulai aware dengan perawatan item fashion agar lebih awet. Contohnya seperti jeans, item fashion yang sebenarnya punya nilai keawetan yang tinggi jika bisa dirawat dengan benar.

Merawat celana jeans dengan benar dapat membantu memperpanjang umur pakainya. Dengan menjaga kualitas serat denim, warna, dan bentuknya tetap terjaga, kamu dapat menghindari kerusakan atau keausan yang nggak diinginkan, sehingga jeansmu dapat bertahan dalam jangka waktu yang lebih lama. Gimana sih cara rawat jeans yang benar? Berikut tipsnya!

Baca juga:


Hindari Pencucian Terlalu Sering

Hindari Pencucian Terlalu Sering
freepik.com/author/trzykropy

Pencucian terlalu sering dapat merusak warna dan tekstur denim pada jeansmu. Sebagai gantinya, pertimbangkan untuk mencucinya hanya ketika benar-benar diperlukan, misalnya jika jeans sudah terlihat kotor atau terasa kotor. Pencucian yang berlebihan dapat menghilangkan minyak alami dan warna indah dari serat denim, membuatnya terlihat kusam dan kehilangan keindahannya seiring waktu. 

Selain itu, pencucian yang terlalu sering juga dapat mempercepat keausan dan menyebabkan warna denim memudar lebih cepat dari yang diinginkan. Dengan menghindari mencuci jeans setiap kali dipakai, kamu dapat memperpanjang umur pakainya sambil menjaga warna dan tekstur denim tetap terjaga dengan baik. 

Sebagai alternatif, kamu bisa menggantung jeans di tempat yang cukup berangin untuk menghilangkan bau atau memberikan semprotan parfum pakaian ringan jika perlu. Maka dari itu, kamu nggak hanya menjaga penampilan jeans tetap bagus, tetapi juga mengurangi dampak lingkungan dari pencucian yang berlebihan.

Gunakan Air Dingin

Gunakan Air Dingin
freepik.com/author/andranik-h90

Penggunaan air dingin saat mencuci celana jeans memiliki beberapa alasan yang penting. Pertama-tama, air dingin membantu mencegah pengerutan pada serat denim, menjaga bentuk dan ukuran celana tetap stabil. Air panas cenderung membuat serat denim lebih lentur dan rentan terhadap pengerutan, yang dapat menyebabkan perubahan bentuk dan ukuran yang nggak diinginkan pada celana jeans.

Selain itu, penggunaan air dingin juga membantu menjaga warna denim tetap cerah dan terjaga. Air panas memiliki kecenderungan untuk membuka pori-pori serat kain, sehingga memungkinkan pigmen warna untuk lebih mudah terlepas dari serat. Hal ini dapat menyebabkan warna jeans memudar lebih cepat dari yang diinginkan. 

Dengan menggunakan air dingin, pori-pori serat denim tetap tertutup, sehingga pigmen warna dapat terkunci dengan baik pada serat, menjaga warna jeans tetap cerah dan tahan lama. Selain itu, air dingin juga lebih ramah lingkungan daripada air panas karena menghemat energi yang biasanya digunakan untuk memanaskan air. 

Dengan menggunakan air dingin, kamu menjaga kualitas dan penampilan jeans tetap baik, dan juga membantu mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan. Dengan demikian, penggunaan air dingin saat mencuci celana jeans merupakan langkah yang penting untuk menjaga kualitas, penampilan, dan ketahanan jeansmu dalam jangka panjang.

Gunakan Sabun Ringan

- Gunakan Sabun Ringan
freepik.com/author/freepik

Menggunakan sabun ringan saat mencuci celana jeans adalah langkah penting dalam merawat dan menjaga kualitas serat denim. Deterjen yang lembut dan bebas pewangi membantu membersihkan kotoran dan noda pada jeans tanpa merusak serat kain. 

Sabun ringan nggak mengandung bahan kimia keras yang dapat menyebabkan serat denim menjadi rapuh atau terkelupas, yang dapat menyebabkan kerusakan pada tekstur dan warna jeansmu.Pemilihan deterjen yang tepat juga penting untuk menghindari pemudaran warna. Deterjen yang mengandung pewangi atau bahan kimia agresif dapat merusak pigmen warna pada serat denim.

Oleh karena itu, sebaiknya pilihlah deterjen yang nggak mengandung pewangi dan dirancang khusus untuk pakaian berbahan denim. Selain itu, hindari menggunakan pemutih atau bahan kimia keras lainnya saat mencuci jeans. Pemutih dapat menyebabkan serat denim menjadi rapuh dan kaku, serta memudarkan warna denim yang indah. 

Penggunaan bahan kimia keras juga dapat merusak lapisan perlindungan alami pada serat kain, yang dapat menyebabkan jeans menjadi rentan terhadap kerusakan dan keausan. Dengan menggunakan sabun ringan dan bebas pewangi, kamu dapat membersihkan jeans dengan lembut tanpa merusak kualitas, warna, atau tekstur serat denim. 

Jangan Keringkan dengan Mesin Pengering

freepik.com/author/freepik

Setelah dicuci, jangan keringkan jeans dengan mesin pengering. Gantunglah jeans di tempat yang teduh dan biarkan kering secara alami. Pengeringan dengan mesin dapat menyebabkan jeans menyusut dan merusak elastisitas kain.

Lebih baik langsung jemur di tempat teduh tapi masih terkena sinar atau panas matahari. Kamu juga nggak boleh jemur langsung di bawah terik matahari karena itu bisa memudarkan warnanya. Jadi langkah ini memang sangat tricky dan harus kamu perhatikan baik-baik.

Jangan Menggunakan Setrika

Jangan Menggunakan Setrika
freepik.com/author/freepik

Penggunaan setrika pada jeans dapat menyebabkan beberapa masalah, termasuk menyusutnya kain dan merusak elastisitasnya. Panas yang dihasilkan oleh setrika dapat menyebabkan serat denim mengecil dan menyusut, yang dapat mengubah bentuk dan ukuran jeans. Ini terutama berlaku untuk jeans yang memiliki kandungan elastane atau spandex, yang rentan terhadap perubahan akibat panas.

Selain itu, panas yang berlebihan dari setrika juga dapat merusak lapisan perlindungan alami pada serat denim, yang dapat menyebabkan pemudaran warna yang nggak diinginkan. Pigmen warna pada serat denim dapat menjadi rusak atau hilang, menyebabkan warna jeans menjadi kusam atau pudar.

Sebagai alternatif, jika perlu, kamu dapat menggantung jeans di tempat yang terkena sinar matahari untuk membantu menghilangkan kerutan. Sinar matahari dapat membantu melunakkan serat denim dan menghilangkan kerutan secara alami tanpa merusak kualitas atau warna jeans. 

Namun, pastikan untuk nggak mengekspos jeans terlalu lama pada sinar matahari yang berlebihan, karena ini juga dapat menyebabkan pemudaran warna yang nggak diinginkan.

Simpan dengan Baik

Simpan dengan Baik
freepik.com/author/akiromaru

Saat menyimpan celana jeans, pastikan untuk melipatnya dengan rapi agar nggak terjadi kerutan yang nggak diinginkan. Lipatan yang rapi membantu menjaga bentuk dan penampilan jeans tetap terjaga. Pilihlah tempat penyimpanan yang kering dan terlindung dari kelembaban. 

Kelembaban dapat menyebabkan pertumbuhan jamur atau bakteri pada serat denim, yang dapat merusak kualitas dan warna jeans. Jika memungkinkan, gunakan gantungan atau rak untuk menyimpan jeans. Menggantung jeans dengan baik membantu menjaga bentuk dan elastisitasnya tetap terjaga, sementara menghindari terbentuknya lipatan atau kerutan yang nggak diinginkan.

Perhatikan Perawatan Tambahan

freepik.com/author/freepik

Jika ada noda atau kotoran pada jeans, bersihkan dengan hati-hati menggunakan sikat lembut atau spons yang direndam dalam air sabun ringan. Hindari menggunakan deterjen atau pembersih yang keras yang dapat merusak serat denim.


Baca juga

Dengan memperhatikan tips-tips di atas, kamu dapat memperpanjang umur pakai dan menjaga penampilan jeansmu tetap bagus dalam jangka waktu yang lebih lama. Pastikan juga kamu membeli celana jeans pria atau celana denim pria di toko yang sudah memiliki reputasi akan kualitas tinggi seperti Levis agar celanamu lebih awet dan nggak cepat turun kualitasnya. Langsung aja beli jeansnya di Blibli!