me

Ini Dia 5 Tips Merawat Hard Disk Eksternal Biar Nggak Cepat Rusak

Feb 22, 2019.By Jarvis
Bagikan

pixabay.com

Untuk mencapai performa terbaik, memori pada laptop atau PC nggak boleh terlalu penuh. Karena itu, kamu butuh hard disk eksternal sebagai media penyimpanan semua dokumen, foto, atau video yang kamu miliki.

Dengan begitu banyaknya data yang berharga, kamu tentu nggak mau hard disk rusak tiba-tiba kan? Seperti peralatan elektronik lain, hard disk merupakan teknologi yang penuh dengan elemen-elemen mikro. Tapi, dengan perawatan yang tepat, kamu bisa membuat hard disk eksternalmu berumur panjang kok! Simak di sini langkah-langkahnya!

BELUM PUNYA HARD DISK EKSTERNAL? DAPATKAN DI SINI!

1. Lakukan pencabutan dengan opsi Safely Remove

blogspot.com

Hal pertama yang harus kamu perhatikan saat mencabut hard disk eksternal adalah menggunakan opsi “Safely Remove” atau “Eject”. Soalnya, ketika terjadi transfer data antara laptop dan hard disk, maka ada cache data yang akan tertinggal di kedua perangkat. Dengan memilih opsi “Safely Remove” atau “Eject”, maka data yang tertinggal itu akan dihapus, sehingga nggak akan merusak data yang tersimpan pada hard disk eksternal.

Langkah yang satu ini terdengar sepele, tapi penting banget, lho. Kalau kamu sering mencabut hard disk secara tiba-tiba, ada risiko kerusakan yang membuat hard disk harus diformat ulang!

PILIH HARD DISK DENGAN KUALITAS TERBAIK DI SINI!

2. Jauhkan dari cairan dan benda bermagnet

Untuk menyimpan hard disk eksternal, hindari area di dekat air atau benda magnetik. Sama seperti peralatan elektronik lain, cipratan air bisa mengakibatkan konslet di dalam bagian hard disk.

Selain itu, komponen mekanik di dalam hard disk terbuat dari logam. Sehingga, jika kamu menaruhnya di dekat magnet, maka sistem kerja hard disk lama kelamaan akan rusak!

DAPATKAN HARD DISK DENGAN KAPASITAS JUMBO 8TB DI SINI!

3. Jangan sampai terbentur atau jatuh

exportersindia.com

Salah satu penyebab kerusakan utama pada hard disk eksternal adalah karena benturan atau jatuh ke permukaan keras. Nggak seperti flash disk yang sudah sepenuhnya digital, hard disk masih memiliki komponen mekanik yang sangat sensitif terhadap guncangan sekecil apapun.

Untuk menyiasatinya, kamu bisa meletakkan alas anti-selip di meja kerja, supaya nggak ada lagi kasus tersenggol dan jatuh. Atau, kalau kamu sering membawa hard disk eksternal ke luar rumah, gunakanlah pelindung ekstra berupa pouch yang empuk.

MAU HARD DISK DENGAN BONUS CASING PELINDUNG? LANGSUNG AJA PESAN SEKARANG!

4. Berikan sirkulasi udara yang baik untuk hard disk

Pada saat beroperasi, sistem mesin hard disk eksternal akan memutar piringan yang ada di dalamnya untuk membaca data. Kinerja ini akan cenderung membuat hard disk terasa panas. Oleh karena itu, kamu harus menjaga sirkulasi udara di sekitar hard disk biar temperaturnya nggak ketinggian.

Misalnya, jangan meletakkan perangkat ini di atas bantal atau kasur karena nggak ada saluran udara yang baik. Sebaliknya, kamu bisa menyediakan kipas angin kecil untuk menjaga sirkulasi tetap lancar.

BELI HARD DISK DENGAN KECEPATAN OPTIMAL UNTUK TRANSFER DATA TANPA LAMA

5. Lakukan pengecekan secara rutin

blogspot.com

Supaya kamu bisa menggunakan hard disk dalam jangka waktu panjang, biasakanlah untuk melakukan pengecekan secara rutin. Biasanya ketika kamu menyambungkan hard disk eksternal ke laptop atau PC, akan terdapat pilihan otomatis untuk melakukan diagnosa.

Hanya dalam beberapa detik, kamu bisa mendapatkan informasi jika hard disk bermasalah, misalnya terdapat bad sector. Dengan begitu, kamu bisa segera membawanya ke tempat servis atau memperbaiki permasalahan tersebut.

PESAN HARD DISK DENGAN GARANSI RESMI, HANYA DI BLIBLI.COM!


Nah, sekarang kamu udah tahu kan 5 cara merawat hard disk eksternal dengan baik? Jika konsisten melakukan 5 langkah tadi, maka kemungkinan data-datamu lenyap dari hard disk akan jauh berkurang. Tapi, untuk berjaga-jaga, selalu lakukan back up dan simpan datamu di minimal 2 tempat yang berbeda, misalnya hard disk dan di Cloud.

Untuk mendapatkan hard disk eksternal yang canggih, berkualitas tinggi, dan dengan harga terjangkau, kunjungi #BlibliSekarang! Ada banyak pilihan produk yang ori dan gratis ongkir untukmu!

KLIK DI SINI UNTUK BELI HARD DISK YANG KAMU INGINKAN

Tag:

Artikel Kategori Terkait

Artikel Tag Terkait

Artikel Penulis Terkait

Lihat Artikel Lainnya