Biasanya, musim hujan membuat si kecil menjadi lebih rentan terhadap berbagai penyakit. Menurut dr Caessar Pronocitro, Sp.A, M.Sc, dokter spesialis anak yang berpraktek di RS Pondok Indah Bintaro Jaya, hal ini disebabkan karena suhu dingin dapat menurunkan aktivitas sel-sel daya tahan tubuh di daerah hidung, sehingga virus lebih mudah masuk dan berkembang biak. Selain itu, di musim hujan biasanya orang-orang lebih sering berada di dalam tempat tertutup, sehingga memudahkan transmisi kuman.

Oleh karena itu, moms dan dads harus melakukan persiapan ekstra dalam merawat si kecil agar mereka tetap fit dan semangat untuk beraktivitas. Ini dia 4 tips merawat anak saat musim hujan dari dr Caessar yang bisa moms dan dads terapkan di rumah!

SEMUA KEBUTUHAN IBU DAN ANAK BISA MOMS DAPATKAN DI SINI

1. Memenuhi kebutuhan nutrisi yang lengkap dan seimbang

tips merawat anak
Via – Parents

Tips pertama untuk merawat si kecil biar nggak gampang sakit di musim hujan adalah dengan memenuhi kebutuhan nutrisinya secara lengkap dan seimbang. Nutrisi ini erat banget kaitannya dengan imunitas. Dengan pola makan dan nutrisi yang nggak seimbang, daya tahan tubuh si kecil bisa menurun dan terjangkit virus atau bakteri yang banyak menyebar di musim hujan. Sebaliknya, dengan nutrisi yang baik maka sel-sel daya tahan tubuh akan dapat menangkal infeksi.

Menurut dr Caessar, ada tiga penyakit yang paling umum menyerang si kecil saat musim hujan, yaitu batuk pilek atau selesma, demam berdarah, serta diare. Jika imunitas si kecil kuat, maka risiko penularan penyakit ini akan otomatis berkurang.

PENUHI KEBUTUHAN NUTRISI SI KECIL DENGAN SUSU TERBAIK UNTUKNYA

2. Mencukupi kebutuhan cairan harian

tips merawat anak
Via – @caessar_p

“Setelah memenuhi kebutuhan nutrisi, jangan lupa juga untuk mencukupi kebutuhan cairan hariannya. Soalnya, jika anak kekurangan cairan, maka fungsi berbagai sistem tubuh nggak dapat berjalan dengan optimal,” ungkap dr Caessar. Cairan ini dapat berasal dari makanan maupun minuman seperti air putih, susu, dan jus buah.

Lalu, bagaimana cara mengetahui kebutuhan cairan anak? Sebetulnya, kebutuhan ini berbeda-beda berdasarkan usia, jenis kelamin, massa otot, dan lemak tubuh. Namun, sebagai referensi dari Ikatan Dokter Anak Indonesia, bayi berusia 0-6 bulan memerlukan cairan 700mL/hari, 7-12 bulan memerlukan 800mL/hari, anak 1-3 tahun memerlukan 1300mL/hari, anak 4-8 tahun memerlukan 1700mL/hari, dan anak 9-13 tahun memerlukan 2400mL/hari untuk anak laki-laki dan 2100mL/hari untuk anak perempuan. Supaya moms lebih mudah menakar minum si kecil, moms bisa menggunakan botol minum yang ada takarannya ya.

MAU BIKIN JUS BUAH UNTUK SI KECIL? DAPATKAN BLENDER-NYA DI SINI!

3. Membiasakan pola hidup higienis

tips merawat anak
Via – Myhealthytennessee

Tips merawat anak yang nggak kalah penting agar si kecil nggak terjangkit kuman penyakit yaitu biasakanlah pola hidup yang bersih dan sehat, dimulai dari kebiasaan mencuci tangan. “Salah satu penyakit yang sering muncul di musim hujan adalah diare, yang disebabkan pola hidup kurang bersih. Oleh karena itu, pastikan anak selalu mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah makan, serta sesudah menggunakan toilet,” kata dokter lulusan Universitas Gajah Mada ini.

SEDIAKAN SABUN CUCI TANGAN YANG AMAN UNTUK SI KECIL

4. Bagaimana jika si kecil kehujanan? Begini tipsnya!

tips merawat anak
Via – Novakdjokovicfoundation

Bagaimana jika moms sudah memberikan jaket, jas hujan, atau payung, tapi si kecil masih kehujanan? Tenang saja, dr Caessar memberikan beberapa tips merawat anak agar bisa menghindari risiko demam atau pilek setelahnya.

“Yang pertama, segera keringkan dan hangatkan anak agar nggak kedinginan. Kedua, bersihkan tubuh anak yang berkontak dengan genangan air kotor. Ketiga, cukupkan waktu istirahatnya serta berikan makan dengan nutrisi lengkap dan seimbang agar daya tahan tubuhnya optimal,” kata dr Caessar. Jadi, moms nggak perlu panik kalau si kecil kehujanan setelah beraktivitas di luar, ya!

SIAPKAN JAS HUJAN UNTUK MELINDUNGI SI KECIL


Nah, setelah mendapatkan 4 tips merawat anak dari dr Caessar, rasanya moms dan dads bisa lebih tenang mempersiapkan datangnya musim hujan. Yang terpenting, dengan persiapan yang tepat dan nutrisi yang baik, daya tahan tubuh si kecil pasti bisa menangkal risiko bakteri dan kuman penyakit.

Jika ingin tanya-tanya atau mendengar tips-tips parenting lain dari dr Caessar, langsung aja follow akun Instagramnya di @caessar_p!

Untuk membeli semua kebutuhan ibu dan anak di musim hujan ini, langsung aja yuk ke #BlibliSekarang. Soalnya ada hujan diskon untuk berbagai produk, khusus di bulan November ini!

CEK PROMO HUJAN DISKON DI BULAN NOVEMBER SEKARANG!

Ruth

Happy mommy of twin 3yo, living in Jakarta and working for digital media company.

That's why I like to doing some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY