Tips Merawat Aki Kendaraan yang Jarang Dipakai

Friends, kapan terakhir kamu bawa kendaraanmu jalan jauh? Jawabannya mungkin jarang karena adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di sebagian besar wilayah di Indonesia. Masa pandemi COVID-19 seperti sekarang memang membuat aktivitas sebagian besar orang tertahan. Salah satu dampak dari hal ini adalah aki kendaraan soak karena kendaraan yang jarang dipakai.

Kendaraan baik mobil atau motor punya aki yang berfungsi sebagai sumber tenaga kebutuhan listrik. Jika kamu tidak menyalakan kendaraan lebih dari seminggu, aki bisa cepat soak karena kehilangan ‘muatan’ sendiri. Nah, untuk mengantisipasi hal itu, Blog Blibli Friends punya beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk merawat aki kendaraan yang jarang dipakai.

  1. Nyalakan kendaraan minimal 3 hari sekali
Photo via Freepik

Walau kondisi mengharuskan kamu harus #DiRumahAja, kendaraan harus dinyalakan minimal 3 hari sekali, paling lama satu minggu. Daya aki pada kendaraan yang tidak digunakan ternyata bisa berkurang dengan sendirinya, kondisi ini dinamakan self discharge. Akibatnya, mobil tidak bisa dinyalakan sama sekali karena tenaganya kosong.

Jadi, hindari hal ini dengan memanaskan mesin kendaraan minimal selama 15 menit di udara terbuka. Hindari juga memanaskan mobil dalam garasi tertutup karena menimbulkan polusi yang berbahaya. Bahkan jika memungkinkan, ajak kendaraanmu untuk berkeliling selama 30 menit agar pengisian daya berlangsung maksimal, mencapai atau di atas 2.000 RPM.

KLIK DI SINI UNTUK BELI AKI KENDARAAN GRATIS ONGKIR DAN PEMASANGAN DI BLIBLI.COM

  1. Pastikan terminal aki terpasang dengan baik
Photo via Freepik

Walau jarang digunakan, jangan lupa untuk memastikan kondisi terminal aki kendaraan dalam keadaan baik. Klep penghubung kutub positif serta negatif ini bisa bermasalah jika kendaraan jarang digunakan.

Beberapa masalah yang bisa saja muncul adalah muncul jamur, karat, atau posisinya yang longgar. Jika hal ini dibiarkan, aki kendaraanmu bisa punya usia yang lebih pendek. Jika muncul jamur pada terminal aki, bersihkan terminal dengan cara menyiramnya dengan air panas, lalu gosok perlahan dengan sikat gigi.

BACA JUGA Daftar Harga Mobil Wuling Terbaru Mei 2020 & Fitur Keamanan Canggihnya

  1. Kenali gejala aki yang tidak sehat
Photo via Freepik

Jangan sampai gara-gara kamu malas memanaskan mesin atau membawanya jalan-jalan, aki mobil tiba-tiba ngadat di saat yang diperlukan. Mumpung #DiRumahAja, cek aki kendaraanmu.

Beberapa gejala aki kendaraan soak adalah sinar lampu depan yang redup, klakson yang tidak nyaring, dan kendaraan sulit di-starter.

Aki juga punya indikator untuk menunjukkan kondisinya. Indikator merah menunjukkan aki soak, warna putih menunjukkann aki perlu di-charge, warna biru menunjukkan aki dalam kondisi baik.

Kamu sudah melakukan pengecekan dan ternyata aki kendaraan baik motor ataupun mobil perlu diganti? Tenang! Gak perlu keluar rumah karena kamu bisa beli aki Yuasa yang sudah mendapatkan standardisasi SNI, dikirimkan dan dipasang langsung di rumahmu, diskon pula di promo Ramadan Lebih Baik dari Blibli.com.

Aki tersedia untuk hampir semua jenis kendaraan baik Daihatsu, Hyundai, Mazda, Mitsubishi, Suzuki, Toyota, Kia, hingga Cherry. Aki motor yang tersedia juga tersedia untuk hampir semua tipe motor mulai dari Honda, Suzuki, dan Yamaha.

Cakupan kota gratis ongkir juga cukup luas, aman banget buat kamu yang tinggal di DKI Jakarta, Jambi, Tasikmalaya, Bandung, Bekasi, Bogor, Cimahi, Cirebon, Malang, Kediri, Surabaya, Bandar Lampung, Samarinda, Jayapura, dan masih banyak lagi kota lainnya!

KLIK DI SINI UNTUK CEK INFO LENGKAP PROMO AKI YUASA DI BLIBLI.COM

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY