me

Tips Merawat Air Purifier Supaya Awet

Oct 25, 2021.By Blibli Friends
Bagikan

Image Source : wifiwijs.nl

Tips Merawat Air Purifier – Buat kamu yang tinggal di kawasan perkotaan, pasti paham banget tingginya angka polusi udara. Makanya, nggak heran kalau Blibli Friends rela keluarkan kocek buat beli air purifier. Alat penjernih udara ini memang ampuh banget buat bantu membersihkan polusi udara di dalam rumahmu.

Misalnya, buat kamu yang ingin terbebas dari bahaya asap rokok bisa pasang air purifier buat meminimalisir kontaminasi nikotin yang ada di udara. Selain itu, air purifier ini juga ampuh banget buat memberantas spora jamur yang bisa berbahaya banget buat kesehatan sistem pernapasan.

Buat tahu lebih lanjut, yuk simak apa saja sih manfaat dari air purifier? Selain itu, kamu juga harus tahu lho cara buat merawat air purifier supaya alat ini tetap awet.

Baca Juga : Rekomendasi Air Purifier Terbaik 2020 

________________________________________________

Manfaat Air Purifier

Nggak sekadar buat menjernihkan udara saja, ternyata air purifier juga punya manfaat berikut ini, lho.

  1. Menurunkan Resiko Penularan Penyakit

Tahu nggak, air purifier ternyata bisa bantu cegah penularan penyakit, lho. Air purifier punya filter carbon yang ampuh banget buat menyaring sekaligus membunuh bakteri dan virus yang berbahaya buat pernapasan. Resiko penularan penyakit gara-gara virus dan bakteri airborne jadi bisa diminimalisir.

  1. Menghilangkan Aroma yang Nggak Sedap

Air purifier juga punya fungsi buat menjaga kualitas udara di dalam rumahmu. Perangkat ini ampuh banget buat menghilangkan bau yang nggak sedap. Mulai dari bau asap rokok, bau masakan yang gosong, sampai bau kotoran hewan peliharaan juga bisa diatasi dengan air purifier.

Makanya, air purifier ini direkomendasikan banget buat kamu yang punya anggota keluarga perokok atau yang punya hewan peliharaan. Air purifier ini juga bisa eliminasi bau lembap dan nggak sedap di kamar mandi, lho.

  1. Mengeleminasi Paparan Zat Kimia di Udara

Polusi udara ternyata nggak cuma ada di luar rumah saja. Kamu juga bisa lho kena paparan kontaminasi udara di rumah. Nggak cuma bau asap rokok saja, kontaminasi zat kimia ini juga bisa datang dari bau cat, asbes, dan lain sebagainya.

Nah, air purifier bisa meminimalisir partikel-partikel kimia yang berbahaya. Jadi, kamu nggak cuma bisa dapatkan aroma udara yang segar. Tapi, paru-parumu juga terlindungi dari partikel kimia berbahaya.

Tips Merawat Air Purifier Agar Awet

Ternyata, fungsi air purifier banyak dan penting banget, ya? Dengan perawatan yang tepat, air purifier yang kamu beli juga bisa jadi lebih awet. Supaya performa air purifier tetap maksimal, cari tahu yuk cara merawatnya berikut.

  1. Rutin Membersihkan Filter Air Purifier

PHILIPS AC0820/20 Air Purifier

Lapisan filter adalah komponen paling penting dari air purifier. Berkat filter itulah, air purifier bisa maksimal dalam menyaring partikel bakteri, debu, asap, dan lain sebagainya. Nah, lambat laun, filter itu harus dicopot dan diganti dengan filter yang baru. Tapi, ada juga jenis air purifier dengan filter yang bisa dicuci.

Kamu bisa cuci filter pakai kain lap basah yang bersih. Buat kotoran yang membandel, kamu bisa pakai kuas dengan campuran air jeruk nipis. Setelah itu, jemur deh filter tersebut di bawah sinar matahari sampai benar-benar kering. Setelah kering, kamu bisa memasukkan filter ke dalam air purifier buat dipakai lagi.

  1. Membersihkan Air Tangki

DAIKIN Air Purifier MC30VVM-H

Nggak cuma filter air purifier saja yang butuh perhatianmu, Blibli Friends. Kamu juga wajib bersihkan bagian tangki air hingga bersih. Tangki air ini biasanya ada di bagian bawah filter air purifier. Buang air kotor yang ada di dalam tangki.

Nah, tangki air air purifier ini biasanya punya desain yang berlekuk-lekuk. Ini biasanya bikin kotoran gampang terselip. Buat membersihkan kotoran yang ada di lekukan tangki, kamu bisa pakai sikat gigi bekas yang bersih dan air hangat.

  1. Jangan Pakai Vacuum Cleaner buat Membersihkan Filter Air Purifier

DENPOOCARE AIR PURIFIER RK-W30

Membersihkan filter air purifier pakai vacuum cleaner memang kelihatannya good idea banget, ya? Biarpun kelihatannya bisa bikin pekerjaan bersih-bersih air purifier jadi makin cepat, ternyata itu justru bikin filter air purifier jadi rusak.

Ya, wajar saja sih. Soalnya air filter yang dimiliki air purifier ini memang tipis banget. Tekanan udara yang dihasilkan vacuum cleaner bisa bikin filter robek. Kalaupun nggak robek, penggunaan vacuum cleaner juga bisa bikin filter kehilangan komponen-komponen pentingnya. Jadi, sebaiknya jangan deh!

  1. Jangan Mencuci Filter HEPA / Carbon Pakai Deterjen atau Cairan Pembersih Lain

SHARP IG-GC2Y-B Car Air Purifier - Black

Serupa dengan vacuum cleaner, mencuci filter HEPA / Carbon air purifier pakai deterjen juga nggak disarankan banget, ya. Kesannya, memang mencuci filter dengan deterjen bisa bikin kuman, virus, dan bakteri di filter itu mati.

Tapi, deterjen punya kandungan yang berpotensi bikin komponen penting di dalam filter itu jadi rusak. Yang ada, justru bikin filter air purifier punyamu jadi nggak bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Lap basah yang bersih sudah lebih dari cukup kok, Blibli Friends.

  1. Cek Kondisi Filter Berkala

Xiaomi Mi 3C Air Purifier

Ini nggak kalah penting. Seiring dengan pemakaian, pastinya kotoran yang menempel di filter bakal makin bertambah. Kalau nggak dibersihkan, filter jadi nggak bisa menyaring partikel-partikel berbahaya secara maksimal. Idealnya, kamu disarankan buat membersihkan filter paling nggak sekali setiap 3 bulan. Tapi, pengecekan harus dilakukan paling nggak setiap 2 minggu.

  1. Pastikan Area di Sekitar Air Purifier Bersih

Winix Zero S Air Purifier / Pembersih Udara

Lho, padahal fungsi air purifier adalah untuk menjernihkan udara, kan? Tunggu dulu. Air purifier memang efektif banget buat menjernihkan udara. Tapi, meletakkannya di ruangan kotor malah bikin kinerja air purifier ini jadi makin berat.

Bukannya menghisap partikel-partikel nggak kasat mata yang berbahaya, filter air purifiermu justru jadi dipenuhi dengan gumpalan debu atau gumpalan bulu hewan peliharaan. Jadi nggak efisien, kan? Makanya, sebaiknya kamu bersihkan dulu area yang ingin dipasangi air purifier. Baru deh, Blibli Friends bisa pasang alat penjernih udara ini buat membereskan masalah sisanya.

  1. Berikan Ruang yang Cukup untuk Air Purifier

Electrolux PA91-606DG Air Purifier (Himalaya)

Kalau kamu ingin air purifiermu tetap bekerja maksimal dan awet, sebaiknya pertimbangkan deh lokasi meletakkan alat ini. Sebaiknya, letakkan air purifier di tempat yang memudahkannya buat “bernapas”. Hindari meletakkan air purifier di sela-sela barang yang justru bikin performanya jadi nggak optimal.

Selain itu, air purifier yang diletakkan di tempat yang terlalu sempit juga berpotensi jadi lebih cepat panas. Kamu juga jadi kesulitan buat membersihkannya. Jadi, sebisa mungkin letakkan air purifier ini di tempat yang lega dan gampang diakses, ya.

____________________________________________

Baca Juga : Rekomendasi Air Purifier Winix Terbaik

Itulah tips merawat air purifier supaya jadi awet dan bekerja lebih optimal. Sekarang, kamu siap beli air purifier pertamamu. Kamu bisa dapatkan harga air purifier yang lebih terjangkau di Blibli, lho.

Di toko online ini sedang ada promo diskon menarik yang nggak boleh buat dilewatkan. Selain itu, Blibli Friends juga bisa pakai voucher belanja buat dapatkan best deals, lho. Buruan, beli air purifier idamanmu sekarang juga di Blibli.

 

Tag:

Artikel Kategori Terkait

Artikel Tag Terkait

Artikel Penulis Terkait

Lihat Artikel Lainnya