Biar Nggak Cepat Busuk, Ini Cara Simpan Buah yang Benar

Buah-buahan merupakan sumber asupan kaya vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh. Itulah sebabnya, kita disarankan untuk mengonsumsi buah setiap hari. Membeli dan menyimpan buah menjadi hal penting, supaya asupan bernutrisi dari makanan ini tetap terjaga. Sayangnya, belum sampai habis buah sudah busuk! Alhasil, tentu buah tersebut jadi terbuang sia-sia.

Bila itu yang kerap terjadi, coba cek cara penyimpanannya. Buah bisa jadi cepat busuk jika cara penyimpanannya salah. Kali ini, simak yuk cara terbaik menyimpan buah biar kesegaran dan kelezatannya terjaga lebih lama.

1. Pisahkan buah yang lama dan baru

Photo by Unsplash

Saat membeli buah dalam jumlah yang banyak, biasanya kita akan menyatukan buah baru dan yang lama. Hal ini membuat buah lama jadi bercampur sehingga kita sering terlewat untuk memprioritaskan saat mengonsumsinya. Untuk menyiasati agar buah lama nggak menjadi busuk, usahakanlah untuk memisahkan buah lama dan baru sehingga kita akan mendahulukan buah yang lama agar cepat habis.

TEMUKAN DISKON SPESIAL UNTUK PILIHAN BUAH SALAK

2. Simpan di tempat kering

Photo by Unsplash

Simpan buah di tempat kering, untuk menjaga kelembapan buah agar kandungan airnya senantiasa terjaga. Selain itu, saat buah terjaga kelembapannya, maka buah tersebut juga jadi nggak cepat busuk dan kisut. Sebaiknya hindari mencuci buah sebelum menyimpannya ke dalam kulkas. Pasalnya, air yang menempel pada buah malah bisa membuat buah-buahan basah dan mudah busuk. Simpan buah di wadah tertutup dan lapaisi kertas untuk menyerap kadar air yang berlebih.

SIMPAN BUAH DALAM WADAH BERLUBANG AGAR TETAP KERING

3. Bungkus apel dengan kertas 

Photo by Unsplash

Buah apel memproduksi gas etilen yang lebih banyak dibanding buah lain. Gas tersebut membantu proses pematangan buah lebih cepat dan memicu proses pembusukan. Jadi, untuk menghindari apel ‘mencemari’ buah lainnya, bungkus apel dengan kertas sehingga kesegarannya tetap terjaga.

APEL JEPANG MUTSU FAMILY DENGAN HARGA SPESIAL

4. Jangan simpan pisang dalam kulkas 

Photo by Unsplash

Hentikan kebiasaan menyimpan pisang dalam kulkas. Saat pisang masuk ke dalam kulkas, maka aroma dan rasanya akan rusak. Usahakanlah untuk menyimpan pisang dalam suhu ruang dan hindari terkena sinar matahari langsung agar pisang tidak cepat matang dan busuk.

Jika ternyata buah pisang yang kamu beli sudah terlalu lunak, kamu bisa mengolahnya menjadi makanan seperti pancake atau muffin. Nggak ada yang sia-sia, kan?

BUAT MUFFIN PISANG DENGAN CETAKAN INI

5. Jangan menumpuk jeruk

Photo by Unsplash

Jeruk membutuhkan ruangan dingin agar senantiasa segar. Jeruk juga mempunyai usia yang lama saat disimpan dalam kulkas. Tapi ingat, jangan menyimpannya dengan cara ditumpuk. Kebiasaan ini justru hanya akan menjadikan jeruk cepat busuk dan terbuang sia-sia.

PILIHAN JERUK SUNKIST NAVEL YANG SEGAR DAN KAYA MANFAAT

6. Simpan mangga di dalam kulkas 

Photo by Unsplash

Mangga merupakan buah yang cepat matang. Untuk meminimalisir prosesnya, kamu bisa menyimpan mangga ke dalam kulkas sehingga mampu memperpanjang usia mangga agar lebih tahan lama.

NIKMATI MANGGA DENGAN BUMBU RUJAK SPESIAL INI

7. Semangka juga wajib disimpan dalam kulkas 

Photo by Unsplash

Semangka tinggi akan kadar air. Saat sudah dipotong, maka buah ini juga memiliki usia yang penek. Agar bertahan lebih lama, simpan semangka dalam wadah plastik dan masukkan ke dalam kulkas sehingga tidak mengkontaminasi buah-buahan lainnya dan semangka pun masih bisa dinikmati selama beberapa hari ke depan.

OLAH SEMANGKA DENGAN CARA DIJUS DENGAN BLENDER INI

8. Keringkan anggur sebelum disimpan dalam kulkas

Photo by Unsplash

Untuk menjaga kesegarannya, maka cuci anggur dan keringkan terlebih dahulu sebelum masuk ke dalam kulkas. Anggur dapat bertahan hingga 10 hari dalam lemari pendingin, dan 3 bulan dalam freezer. Dengan cara ini, maka anggur bisa tetap segar saat dikonsumsi.

ANGGUR YANG KAYA ANTIOKSIDAN BISA DIPEROLEH DENGAN HARGA SPESIAL

Kini nggak perlu repot lagi membeli buah-buahan berkualitas. Blibli.com menghadirkan My Fruit dengan sederet pilihan buah segar yang harganya lebih hemat. Berbagai pilihan buah segar  bisa kamu pilih untuk melengkapi asupan vitamin harian, dengan harga mulai dari 9.900 ribu rupiah. Cek di sini untuk promo selengkapnya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY