me

6 Tips Kebersihan Tangan Saat Hari Raya Idul Adha

Jun 24, 2024.By Blibli Friends
Bagikan

freepik.com/author/freepik
Simak tips menjaga kebersihan tangan saat Hari Raya Idul Adha ini sebelum harinya tiba!

Tips Kebersihan Tangan di Hari Raya Idul Adha — Hari Raya Idul Adha cuma kita rayakan setahun sekali. Kalau keluarga Blibli Friends merayakannya dengan berkumpul dan makan bersama, pastinya bakal sibuk seharian, nih. Meski begitu, satu hal yang penting adalah menjaga tangan tetap bersih sepanjang hari. Nah, di bawah ini kita bakal mebahas tips menjaga kebersihan tangan saat Hari Raya Idul Adha. 

Kenapa sih tangan harus tetap bersih? Nyatanya, telapak tangan dan jari-jari kita adalah tempat berkumpulnya banyak kuman dan bakteri karena yang paling sering menyentuh banyak hal di dalam maupun di luar rumah. Karena itu, kita gampang banget tertular penyakit dari tangan kita sendiri. Itulah pentingnya tangan harus selalu bersih. Jadi, yuk cari tahu caranya menjaga kebersihan tangan di bawah ini!

Baca juga:


Cuci Tangan dengan Sabun Setiap Kali Dibutuhkan

Cuci Tangan dengan Sabun Setiap Kali Dibutuhkan — Tips Kebersihan Tangan di Hari Raya Idul Adha
freepik.com/author/freepik

Salah satu cara paling ampuh untuk menjaga kebersihan tangan memang mencuci tangan dengan sabun. Pastikan kamu pilih sabun tangan yang mengandung moisturizer agar bisa melembapkan kulit tangan, jadi nggak masalah sesering apa pun kamu mencuci tangan. Selain itu, pastikan cara mencuci tangannya tepat. Ini dia langkah mencuci tangan yang tepat supaya benar-benar bermanfaat:

  • Basahi kedua telapak dan punggung tangan dengan air bersih yang mengalir, pastikan airnya nggak terlalu panas.
  • Tuangkan sabun tangan cair secukupnya ke telapak tangan. 
  • Buat busa dari sabun tangan tersebut, karena busa inilah yang akan menjadi mekanisme untuk menjebak, menghilangkan, dan membilas mikroorganisme. 
  • Setelah menghasilkan busa yang cukup, baru gosokkan ke masing-masing tangan selama 20 detik. 
  • Bilas dengan air bersih yang mengalir. 
  • Tepuk-tepuk tangan dengan handuk bersih. 

Sebenarnya kapan sih kita harus mencuci tangan dengan sabun? Ternyata dalam sehari ada banyak momen untuk melakukannya. Berikut ini beberapa momen di mana Blibli Friends harus mencuci tangan dengan sabun:

  • Sebelum, selama, dan sesudah menyiapkan makanan. 
  • Sebelum dan sesudah makan. 
  • Sebelum dan sesudah merawat orang sakit yang gejalanya muntah-muntah atau diare.
  • Sebelum dan setelah merawat luka.
  • Setelah pergi ke toilet
  • Setelah mengganti popok atau membantu anak kecil yang menggunakan toilet. 
  • Setelah membuang ingus, batuk, atau bersin.
  • Setelah menyentuh hewan, makanan hewan, atau membersihkan kotoran hewan. 
  • Setelah menyentuh sampah. 

Bersihkan Kedua Sisi Tangan dengan Baik

Bersihkan Kedua Sisi Tangan dengan Baik — Tips Kebersihan Tangan di Hari Raya Idul Adha
freepik.com/author/pvproductions

Tahu nggak sih, tanpa sadar ternyata kebanyakan orang sering membersihkan tangan yang nggak dominan lebih lama dan menyeluruh. Sementara tangan yang dominan justru dibersihkan sebentar saja. Hal ini dilakukan secara nggak sengaja. Secara naluri, tangan kita yang dominan bakal lebih aktif membersihkan sisi tangan yang kurang dominan. 

Jadi misalnya kamu pengguna tangan kanan, maka pas mencuci tangan biasanya lebih fokus ke tangan kiri, akibatnya tangan kanan malah kurang bersih. Untuk menghindari hal ini di Idul Adha, pastikan kamu membersihkan tangan kiri dan kanan dalam waktu yang sama. Dengan begitu, hasilnya kedua sisi tangan sama bersihnya. 

Gunakan Air Dingin atau Hangat 

Gunakan Air Dingin atau Hangat — Tips Kebersihan Tangan di Hari Raya Idul Adha
freepik.com/author/freepik

Air yang disarankan untuk mencuci tangan sepanjang Hari Raya Idul Adha dan di hari-hari lainnya adalah air dingin, air suhu ruangan, atau suam-suam kuku saja. Ini adalah temperatur air yang paling tepat untuk membersihkan tangan dan menjaga agar kulit tangan tetap sehat. Kamu bisa pilih temperatur air yang paling nyaman buatmu.

Yang harus dihindari adalah mencuci tangan dengan air panas. Meski katanya air panas mampu dengan cepat membunuh kuman dan bakteri, nyatanya air panas nggak baik untuk kesehatan kulit kita. Air panas membuat kulit cepat kering dan bahkan bisa mengelupas lapisan terluar kulit. 

Keringkan Tangan dengan Cara yang Tepat

freepik.com/author/spukkato

Sering mencuci tangan itu penting, tapi cara mengeringkannya juga nggak kalah penting. Kalau lagi sibuk, seperti di Hari Raya Idul Adha, kadang kita kepingin cepat-cepat saja dan menggosokkan tangan ke handuk supaya keringnya bisa cepat dan melanjutkan ke aktivitas lain. Ternyata cara ini bisa membuat kulit tangan kering dan lapisan terluarnya mengelupas. 

Disarankan untuk menepuk-nepuk saja tangan yang basah dengan handuk kering yang bersih. Nggak perlu sampai benar-benar kering, setelah itu biarkan tangan mengering secara alami. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah cek kondisi handuk. Kalau handuk sudah terlalu basah dan digunakan banyak orang, segera ganti handuk tangan dengan yang baru. 

Gunakan Pelembap Setelah Mencuci Tangan

Gunakan Pelembap Setelah Mencuci Tangan
freepik.com/author/jcomp

Satu lagi langkah yang jangan sampai dilewatkan setelah mencuci tangan adalah mengaplikasikan pelembab setiap kali kita mencuci tangan. Pilih yang kandungan pelembapnya baik, sehingga bisa langsung menyerap dan bekerja menghidrasi dengan baik. Cara ini mungkin merepotkan, tapi penting kalau nggak kepingin tangan Blibli Friends kering dan kasar selama Idul Adha. 

Kalau kamu merasa bolak-balik pakai pelembap setelah mencuci tangan itu bikin ribet, setidaknya kamu bisa pakai pelembap sebelum tidur. Aplikasikan dengan rata di telapak dan punggung tangan, bahkan di sela-sela jari yang sering kali nggak terjangkau. Dengan begitu, pelembap bakal menghidrasi tanganmu selama beberapa jam selama kamu tidur hingga esok paginya. 

Siapkan Hand Sanitizer untuk Membersihkan Tangan dengan Cepat

Siapkan Hand Sanitizer untuk Membersihkan Tangan dengan Cepat
freepik.com/author/freepik

Sepanjang Hari Raya Idul Adha, mungkin kegiatanmu bakal sibuk banget. Mulai dari pagi hari shalat di masjid atau lapangan terdekat, bertemu dengan tetangga di sekitar rumah, datang ke penyembelihan dekat rumah, sampai menerima tamu yang datang ke rumah, dan masih banyak lagi. Di tengah aktivitas yang padat ini, mungkin sulit untuk sering-sering mencuci tangan kita dengan cara yang disarankan di atas. 

Nggak perlu khawatir, karena kita bisa memanfaatkan hand sanitizer untuk membersihkan tangan di saat-saat yang sibuk. Memang mencuci tangan dengan air dan sabun tangan adalah cara utama, tapi kalau nggak sempat, hand sanitizer membantu banget, lho. Untuk yang kegiatannya padat, siapkan hand sanitizer kecil di tas kamu waktu berangkat shalat dan siapkan juga di dalam rumah. 


Baca juga

Itu dia beberapa tips menjaga kebersihan tangan saat Hari Raya Idul Adha supaya tetap bersih dan sehat. Kalaupun ada banyak tamu di Hari Raya, jadi nggak masalah! Pastikan Blibli Friends menyediakan semua perlengkapan membersihkan tangan, termasuk sabun tangan dan hand sanitizer di Blibli. 

Belanja keperluan bersih-bersih dan perlengkapan rumah tangga lainnya di Blibli banyak untungnya, lho. Pilihannya variatif, produknya pun terjamin orisinal, dan pengirimannya cepat dan aman. Yang pasti, ada promo gratis ongkir yang bikin belanja jadi lebih hemat dari Blibli! Yuk, meluncur sekarang juga ke Blibli dan mulai belanja!