Tips Mengirit Baterai Smartphone dalam Perjalanan Mudik

Perjalanan mudik tahun ini mungkin jadi yang tak terlupakan. Mengambil jalan yang penuh dengan pemandangan, singgah di rumah makan enak, dan juga berkumpul kembali dengan keluarga di kampung halaman pasti jadi cerita menarik yang bisa dibagikan di media sosial. Namun, bisa jadi gagal kalau baterai smartphone kamu sekarat, Friends.

Tidak mau kan hal itu terjadi sepanjang perjalanan mudik kamu. Hal yang perlu kamu lakukan adalah menjaga baterai smartphone tetap menyala lebih lama lagi. Tenang, ada banyak cara supaya kamu bisa menghemat baterai smartphone saat mudik.

Mau tahu caranya? Yuk, langsung simak beberapa tips di bawah ini!

1. Hanya Pakai saat Dibutuhkan

null
Photo by Pexels

Lama-lama smartphone sudah seperti kulkas yang dibuka saat kamu bosan. Nah, hal inilah yang juga sering membuat baterai smartphone kamu cepat habis, Friends. Jadi, sebaiknya hanya gunakan smartphone kamu hanya saat benar-benar mau digunakan, misalnya membalas pesan, menikmati hiburan, atau membuat sebuah konten dan mengunggahnya ke media sosial.

Setelah semua selesai, langsung kunci smartphone kamu dan simpan dalam tas atau kantong. Sebaiknya, tidak terus-terusan melihat komentar teman-teman kamu di media sosial karena itu juga bisa baterai jadi semakin boros.

2. Turunkan Tingkat Kecerahan dan Matikan Sinyal Radio

null
Photo by Pexels

Tingkat kecerahan bisa mempengaruhi kenyamanan waktu melihatnya. Namun, baterai akan dikorbankan dalam hal ini. Banyak smartphone yang sudah punya fitur autobrightnesssupaya bisa menyesuaikan dengan pencahayaan di tempat kamu. Nah, kamu bisa matikan fitur itu dan setel kecerehan di level rendah yang masih nyaman dilihat oleh mata.

Bukan hanya itu, kamu juga harus mematikan semua sinyal yang radio untuk konektivitas smartphone. Bluetooth, WiFi, NFC, dan GPS bisa kamu matikan untuk sementara di sepanjang perjalanan. Kalau memang perlu, kamu matikan juga mobile data jika kamu ingin istirahat sejenak dalam perjalanan. Dijamin, kamu bisa mengirit penggunaan baterai smartphone sampai lebih dari 30%.

3. Tutup Aplikasi Berat dan Widget

null
Photo by Pexels

Game yang mewajibkan kamu harus selalu online, seperti Mobile Legends dan PUBG, pastinya akan menguras tenaga baterai smartphone. Sebaiknya tidak memainkannya dulu jika perjalanan kamu masih jauh. Selain itu, media sosial yang butuh load foto banyak, seperti Instagram, juga jadi musuh untuk para pengirit baterai.

Bukan hanya itu, pengaturan widget di smartphone kamu juga bisa membebani RAM dan akhirnya punya pengaruh ke baterai. Nah, sepanjang perjalanan, sebaiknya tutup dan matikan dulu semuanya. Jika sampai ke tempat dengan colokan listrik yang bisa digunakan, bolehlah nyalakan lagi.

BELI KABEL SMARTPHONE YANG LEBIH PANJANG DI SINI

4. Matikan Notifikasi yang Tidak Penting

null
Photo by Pexels

Ada banyak, loh, aplikasi yang punya push notification yang ada kalanya dibutuhkan dan kadang malah mengganggu. Misalnya, aplikasi baca berita atau mesin pencarian yang sering memberikan rekomendasi hal baru sesuai dengan preferensi kamu. Apabila mau lebih irit baterai, matikan saja dulu atau selamanya. Bukan hanya baterai yang akan terukas di sana, paket data kamu juga akan terpakai, loh, Friend.

GANTI CASE SUPAYA SMARTPHONE KAMU SELALU TERLIHAT BARU!

5. Pakai Power Bank Sebagai Pertolongan Pertama

null
Photo by maikii.com

Kalau memang sudah tidak bisa diselamatkan lagi, mau tidak mau pakai listrik dari power bank. Pilih power bank dengan output listrik yang sesuai dengan listrik yang ada di smartphonekamu juga ya untuk menghindari kerusakan pada port charger.

Kalau memang perjalanan kamu cukup jauh, pilih power bankdengan kapasitas yang agak besar supaya bisa dipakai lebih dari dua kali. Namun, kamu juga harus tahu kapasitas maksimal dari power bank jika kamu mudik dengan moda transportasi pesawat terbang.

POWER BANK KAPASITAS BESAR ADA DI SINI BUAT KAMU YANG BELUM PUNYA

6. Car Charger buat Kamu yang Bawa Mobil Pribadi

null
Photo by Pexels.com

Mudik dengan mobil pribadi juga tetap bisa dapat masalah, loh, kalau baterai smartphone kamu habis. Karena itu, langkah-langkah di atas tetap wajib dilakukan guna tetap irit dan kamu tetap bisa menggunakan smartphone saat dibutuhkan atau dalam keadaan darurat di jalan. Selain itu, mobil kamu juga harus selalu siap sedia dengan car charger.

Saat baterai habis dalam perjalanan, kamu bisa langsung mengisinya tanpa ada rasa khawatir. Disarankan, car chargeryang kamu miliki punya lebih dari satu port USB supaya bisa menge-charge smartphone kamu dan orang lain secara bersamaan. Pastinya, harus ada juga ya kabelnya.

BELI CAR CHARGER UNTUK DIBAWA MUDIK DI SINI YA!

7. Pakai Smartphone dengan Kapasitas Baterai Besar

null
Photo by Samsung.com

Mau cara yang lebih sederhana lagi, ya ganti saja smartphonekamu. Ada beberapa pilihan smartphone baru dengan kapasitas baterai besar yang diklaim mampu bertahan hingga dua hari dengan pemakaian normal. Nah, mumpung kamu baru dapat THR, jadi bisa beli smartphone baru. Kamu bisa pilih dari Samsung Galaxy M20 atau ASUS Zenfone Max Pro yang punya kapasitas baterai sampai 5.000 mAh.

Jangan sampai momen-momen berharga dalam perjalanan mudik kamu tidak bisa diabadikan karena baterai smartphonehabis, ya! Buat kamu yang mencari power bank atau chargersmartphone, cek saja promo menariknya di Blibli.com. Selamat kembali ke kampung halaman!

Jarvis

Jarvis

Addicted to gadget and tech. My main gig is writing clear, concise, and compelling web copy that demands attention. I love playing with my son, indoor or outdoor at the weekend.
Jarvis

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY