5 Tips Menghias Sepeda untuk Pawai Hari Kemerdekaan

Pawai Hari Kemerdekaan Republik Indonesia adalah salah satu kegiatan seru yang selalu ditunggu-tunggu oleh si kecil. Anak-anak begitu senang bersepeda keliling lingkungan perumahan bersama teman-temannya sambil menyanyikan lagu-lagu nasional. Apalagi, jika sepeda yang ditunggangi dihias dengan cantik, anak-anak pun akan semakin percaya diri.

Moms bisa menjadikan kesempatan ini untuk berkreasi bersama si kecil. Proses pengerjaan sepeda hias bisa mengasah kreativitas sekaligus kemampuan motorik anak. Tapi, sebelum mulai menghias sepeda, simak dulu beberapa tip berikut ini.

Bahas Tema Bersama Si Kecil

Photo by Pixabay

Bagaimana pun, acara ini dirancang untuk anak-anak. Jadi, Moms tak boleh lupa untuk melibatkan si kecil sejak proses perencanaan tema sepeda hias. Moms bisa mengajak anak berselancar di dunia maya untuk mencari inspirasi yang cocok dengan tema hari kemerdekaan. Atau, Moms juga boleh menawarkan beberapa ide yang disesuaikan dengan hal yang disukai si kecil.

Jika sudah menemukan satu tema, Moms dan si kecil bisa menggambar rancangan sebelum mengaplikasikannya pada sepeda. Biarkan anak berimajinasi tentang sepeda hias impiannya. Sementara itu, Moms tetap mengarahkan anak agar warna yang dipilih serasi, dan bentuk yang diinginkan memang benar-benar bisa diwujudkan menjadi nyata.

TEMUKAN SET GUNTING DARI OXONE YANG KUAT, TAJAM, DAN TAHAN KARAT INI.

Menyiapkan Alat dan Bahan

Photo by Pixabay

Umumnya, peralatan yang dibutuhkan untuk membuat hiasan sepeda sudah tersedia di rumah. Moms pasti punya gunting serbaguna, cutter, lem kertas, isolasi, hingga double tape. Moms dapat menjadikan kegiatan menghias sepeda ini untuk mengajarkan cara menggunakan gunting pada anak berumur tiga tahun ke atas. Pada usia ini, otot tangan anak sudah matang sehingga bisa dibimbing untuk memakai gunting.

Sementara bahan-bahan yang dibutuhkan untuk menghias sepeda biasanya dari barang bekas yang masih bisa dipakai kembali. Pada tahap ini, Moms dapat mengajak anak untuk membongkar gudang untuk mencari kardus bekas, koran lama, atau styrofoam. Dengan begitu, anak juga bisa belajar tentang daur ulang. Selain itu, Moms boleh membeli bahan hiasan lain seperti bendera merah putih plastik, kertas crepe, karton berwarna dan pita.

KERTAS CREPE BERGERIGI INI BISA DIBENTUK MENJADI BUNGA UNTUK AKSESORIS SEPEDA HIAS.

Membungkus Sepeda denga Kertas Koran

Photo by Pixabay

Sebelum mulai menempel aksesoris, Moms harus membungkus badan sepeda dengan kertas koran. Moms dapat menutupi seluruh bagian frame, stang, atau boncengan sepeda yang nantinya akan ditempel dengan berbagai hiasan. Lalu rekatkan ujung koran satu sama lain dengan double tape, bukan ditempel langsung ke bagian sepeda.

Hal tersebut dilakukan untuk melindungi badan sepeda. Dengan cara ini, cat sepeda tidak rusak dan terkelupas karena lem atau double tape. Jadi, setelah acara selesai, sepeda bisa dibersihkan dengan lebih mudah, dan masih terlihat mulus.

MENEMPEL HIASAN SEPEDA AKAN LEBIH MUDAH DENGAN LEM TEMBAK KENMASTER INI.

Mencoba Sepeda

Photo by Pixabay

Jangan terlalu ambisius menggunakan banyak hiasan, sampai Moms melupakan keselamatan dan kenyamanan si kecil dalam bersepeda. Sejak awal merancang desain, Moms harus memikirkan keamanan anak saat mengendarai sepeda hias. Jadi, jangan buat hiasan berlebihan dengan material yang berat sehingga mengganggu keseimbangan ketika bersepeda.

Setelah sepeda selesai dihias, Moms bisa meminta si kecil untuk mengendarainya terlebih dahulu. Jika hiasan dirasa terlalu berat atau mengganggu saat mengayuh, Moms bisa melepas aksesoris di bagian tertentu.

CEK PILIHAN SEPEDA BMX DENGAN DESAIN FUTURISTIK DAN TRENDY DI SINI.

Pilih Kostum yang Sesuai

Photo by Pixabay

Agar si kecil tampil paripurna saat acara, Moms bisa memakaikan kostum yang sesuai dengan tema hari kemerdekaan. Beberapa pakaian yang pas untuk pawai misalnya baju adat, seragam tentara atau pakaian perawat. Tetapi, Moms juga bisa memilihkan baju berwarna merah dan putih, atau baju bebas favorit anak yang senada dengan hiasan sepeda.

Sekali lagi, Moms juga harus tetap memerhatikan kenyaman anak saat berkendara. Jangan sampai kostum yang dipakai justru menyusahkan anak mengayuh sepeda. Jadi, bila si kecil mau memakai baju dress ala princess, Moms perlu memastikan rok tidak terlalu panjang sehingga bisa menyangkut di rantai sepeda.

KEBAYA KUTUBARU MERAH INI COCOK BUAT PERAYAAN HARI KEMERDEKAAN INDONESIA.

Biasanya, pawai sepeda hias bukan sekadar kegiatan arak-arakan. Panitia juga akan menilai sepeda hias tercantik yang berhak mendapat hadiah. Moms bisa membayangkan betapa bangganya si kecil jika hasil karyanya menjadi juara.

Tapi, pawai sepeda hias bukan tentang target menang atau kalah. Jadikan acara ini sebagai momen berharga dalam masa kecil anak. Nikmati waktu berkualitas saat menghias sepeda bersama, dan keseruan saat mengendarai hasil karya tersebut.

Ketika orangtua bisa menyempatkan waktu untuk menghias sepeda bersama si kecil, maka ia akan menjadi anak paling bahagia di seluruh dunia. Seperti Blibli.com dengan layanan fast delivery sehingga selalu siap menyediakan segala kebutuhan yang diperlukan untuk mendukung setiap momen kebersamaan keluarga.

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves makeup too! My routines are reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment. Before that, I have another habit such as jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning. I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY