Saat kamu mengikuti kompetisi The Big Start Season 3, ada total hadiah Rp1,1 miliar yang dipertaruhkan! Nggak mau kan kehilangan kesempatan menang hanya karena kamu kurang siap menghadapi dewan juri yang ada?

Maka dari itu, coba simak 3 tips dalam menghadapi dewan juri berikut ini, yuk! Semuanya diambil berdasarkan pertanyaan dan pengalaman peserta di The Big Start Season sebelumnya, lho.

SUDAH PENGALAMAN JADI PENGUSAHA KREATIF? SEGERA DAFTARKAN DIRIMU DI TBS 3!

1. Kenali usaha dan juga pasar produkmu secara mendalam

dewan juri
Via – Sheraton Vistana Villages Resort Villas

Kalau dilihat dari babak eliminasi TBS Season 2, pemahaman akan usaha dan juga pasar dari jenis produkmu itu penting banget untuk mendapat pengakuan dewan juri. Kamu harus bisa menjelaskan apa saja keunggulan produkmu, jenis produkmu yang paling laku, dan juga perilaku pasar yang mengonsumsi produkmu!

Contoh yang baik dari TBS Season 2 adalah Ammossi yang dapat menjelaskan soal pasar fashion etnik di Indonesia dan dengan demikian meyakinkan para juri akan keunggulan produknya yang bernuansa etnik!

TAHU LUAR DALAM SOAL PERILAKU PASAR DI BIDANG USAHAMU? IKUT TBS 3!

2. Punya rencana usaha jangka panjang

dewan juri
Via – Start Up Donut

Salah satu hal yang suka nggak terpikirkan dan sering menjebak peserta dalam keadaan nggak siap adalah rencana jangka panjang! Seringkali juri akan menanyakan bagaimana strategi peserta untuk mengembangkan usahanya dalam 5 tahun ke depan. Kalau dapat pertanyaan itu, kamu nggak bisa asal jawab, lho!

Kamu harus punya rencana yang nggak hanya masuk akal, tapi juga bisa efektif dan efisien dalam hal penggunaan sumber daya. Kalau dewan juri mendengar soal rencanamu yang mendetail dan dipikirkan dengan seksama, kamu bisa banget jadi juara TBS seperti Uttara!

YUK, DAFTARKAN USAHA KREATIFMU SEKARANG JUGA!

3. Selalu punya perhitungan nyata

dewan juri
Via – VideoBlocks

Pertanyaan lain yang suka ditanyakan para juri dalam TBS biasanya selalu berkaitan dengan perhitungan nyata! Contohnya, juri seringkali menanyakan hal seperti “Bila saya menaruh investasi sebesar Rp100 juta, berapa keuntungan yang saya dapat setelah 1 tahun?”.

Tentunya, pertanyaan seperti itu membutuhkan perhitungan yang spesifik. Kamu harus memberikan jawaban yang realistis pula. Bila jawabanmu terlalu optimis, dewan juri malah akan merasa curiga dan nggak yakin dengan kemampuanmu!

SUDAH SIAP UNTUK MENGIKUTI TBS SEASON 3?


Nah, itu dia 3 pelajaran yang dapat kamu ambil dari menganalisa pertanyaan dewan juri dari TBS Season sebelumnya. Jadi, selain punya produk yang kreatif dan tentunya mampu bersaing, kamu juga harus menerapkan ketiga tips di atas. Kalau sudah siap, kamu bisa jadi pemenang TBS seperti Peek Me Naturals ataupun Pijak Bumi!

Yuk, daftarkan usaha rintisanmu di #BlibliSekarang dan ikut serukan The Big Start Indonesia Season 3!

RAMAIKAN THE BIG START SEASON 3 DENGAN USAHA KREATIFMU!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY