Tips Mengatur Anggaran Setelah Liburan

Liburan adalah saat untuk bersenang-senang. Enggak hanya itu, tak sedikit juga orang yang menganggap liburan sebagai momen tepat untuk memberi hadiah untuk diri sendiri, setelah lama disibukkan dengan berbagai aktivitas dan pekerjaan yang membosankan.

Maka jangan heran, orang cenderung tidak ragu untuk memaksimalkan waktu liburannya. Salah satunya dengan datang ke destinasi impian atau berbelanja barang-barang menarik untuk diri sendiri atau sebagai oleh-oleh.

Tapi setelah liburan usai, tak hanya harus kembali dengan rutinitas awal, mengatur ulang keuangan jadi hal yang harus dilakukan. Apalagi bila anggaran yang kita alokasikan saat liburan ternyata kebablasan atau over budget.

Enggak perlu pusing dan jadi kelabakan. Keuangan untuk memenuhi kebutuhan setelah liburan usai bisa tetap stabil kok, asal dikelola dengan lebih bijak. Nah, ini dia tips yang bisa dilakukan untuk mengatur anggaran usai liburan

Hitung pengeluaran selama liburan

Hal terpenting yang harus kamu lakukan adalah menghitung kembali semua pengeluaran selama berlibur. Mulai dari biaya akomodasi, uang makan, tiket masuk destinasi wisata, hingga biaya yang kamu keluarkan untuk berbelanja dan membeli oleh-oleh.

Kegiatan ini penting agar kamu tahu berapa sisa uang yang bisa digunakan untuk membantu menutupi kebutuhan sampai gajian berikutnya turun. Hal ini juga berguna untuk mengontrol pengeluaran setelah kamu berlibur bersama teman atau keluarga dengan sistem patungan.

Pangkas keinginan yang tidak perlu

Liburan usai, saatnya mengencangkan sabuk agar kebutuhan harian tetap bisa terpenuhi hingga sebulan ke depan. Apalagi bila pengeluaran melebihi anggaran yang disediakan, kamu harus rela mengurungkan niat untuk membeli barang-barang impian.

Tunda keinginan untuk membeli baju baru, sepatu baru, atau sekedar merawat diri di salon kecantikan agar kebutuhan harian bisa tertutupi usai liburan. Dengan begitu, tabungan kamu tidak akan banyak terkuras usai liburan.

Cerdik mencari promo

Enggak ada salahnya mencari promo atau diskon untuk memangkas kebutuhan harian. Biasanya, banyak merchant atau toko yang akan menawarkan promo di akhir pekan atau saat hari spesial, misalnya saat libur akhir tahun.

Kalau kamu pengguna kartu kredit, kamu juga bisa memanfaatkan poin untuk mendapatkan potongan harga menarik, lho. Nantinya, kamu bisa memanfaatkan promo atau diskon untuk makan dan memenuhi kebutuhan lainnya.

Pakai dana darurat

Terlalu antusias saat liburan hingga menyebabkan pengeluaran melambung merupakan hal yang wajar. Tapi bila uang yang dikeluarkan melebihi budget liburan, tidak ada salahnya menggunakan uang tabungan sebagai dana darurat sebelum gajian.

Ambil uang tabungan secukupnya saja sesuai untuk memenuhi kebutuhan pokok setiap hari. Namun ingat, jangan lupa untuk mengembalikan uang tabungan yang kita pakai saat momen gajian tiba, ya!

Mengatur anggaran setelah liburan sangat penting. Tapi biar enggak pusing usai liburan, kamu juga bisa menghemat anggaran sebelum waktu traveling tiba. Salah satunya dengan membeli berbagai kebutuhan liburan melalui Blibli.com, sahabat liburan kamu!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY