Malam pergantian tahun sudah di depan mata. Kamu udah punya rencana apa untuk merayakannya? Tentu nggak sedikit dari kalian yang sudah merencanakan melewatinya bersama teman-teman terkasih.

Namun, pergi berlibur menjelang Tahun Baru biasanya selalu terhalang banyak kendala. Salah satunya biaya akomodasi. Bukan rahasia lagi jika pada musim seperti ini, tarif kamar hotel melambung tinggi, karena jumlah tamu yang membludak.

Namun, kamu jangan berkecil hati, dengan tips-tips berikut ini, kamu bisa mendapatkan hotel dengan harga yang murah untuk merayakan pesta Tahun Baru bersama teman-teman. Caranya gimana? Yuk, simak!

1. Sering-sering browsing situs penyedia layanan reservasi hotel

sering-browsing

Salah satu cara yang paling mudah dan cepat untuk menemukan hotel murah sebelum pergi traveling adalah dengan mengunjungi situs-situs layanan reservasi hotel online.

Dengan hanya memasukkan nama kota yang kamu tuju, maka beragam pilihan hotel di kota tersebut akan muncul. Lengkap dengan harga hingga fasilitas akomodasi yang ditawarkan.

Biasanya setiap situs menawarkan satu kamar hotel yang sama dengan harga yang berbeda. Maka dengan itu, kamu perlu membuka beberapa situs dan membandingkan harganya. Situs dengan penawaran hotel yang paling murah, itulah yang kamu jadikan akomodasi saat liburan nanti!

Nggak jarang juga, kamu bakal menemukan diskon dalam waktu terbatas. Apalagi jika kamu merupakan pengguna sejati. Kupon dan kode promo mungkin lebih sering berdatangan.

2. Minta rekomendasi teman yang pernah menginap di hotel yang kamu tuju

rekomendasi-teman

Tips kedua untuk mencari hotel murah sebelum berlibur, adalah dengan bertanya pada teman-temanmu: “Apakah mereka pernah berlibur ke kota yang sama?”

Rekomendasi dari teman biasanya lebih menjanjikan dan bisa kamu andalkan saat mencari hotel yang cocok untuk berlibur nanti. Di sini,  pengalaman teman > review online.

Tanyakan secara mendetil, nggak hanya dari fasilitas hotel, namun juga pelayanannya, tingkat kemacetan, dekat-jauhnya dari pusat makanan/hiburan, dan lainnya.

3. Cari lokasi hotel yang tidak terlalu dekat dengan tempat wisata

cek-lokasi

Carilah penginapan yang agak jauh dari tempat wisata. Karena biasanya hotel yang dekat dengan lokasi wisata akan memasang tarif lebih tinggi.

Selain itu, hotel tersebut biasanya akan selalu ramai dikunjungi para wisatawan. Hal ini tentu kurang cocok bagi kamu yang menginginkan suasana private bersama teman-teman.

Sebaliknya, penginapan yang agak jauh dari keramaian tempat wisata biasanya akan mematok tarif yang  lebih terjangkau. Meskipun begitu, kualitas dan fasilitas hotel tak kalah jauh dari hotel yang dekat dengan tempat wisata.

Bedanya, kamu hanya harus menghabiskan sedikit waktu saja jika ingin megunjungi tempat wisata sekitar. Namun hal ini bisa kamu siasati dengan menyewa kendaraan bersama teman nantinya.

4. Manfaatkan diskon dari kartu kredit

diskon-kartu-kredit

Kartu kredit perlu kamu andalkan juga untuk akomodasi liburan. Ada banyak diskon yang ditawarkan banyak bank untuk memanjakan para pelanggannya selama liburan.

Mulai dari potongan harga untuk tiket transportasi hingga diskon untuk penyewaan kamar di hotel-hotel tertentu.

Jadi sebelum mencari hotel yang murah, sempatkan dahulu untuk mengecek situs bank kesayanganmu ya, siapa tahu ada diskon hotel yang bisa kamu jadikan untuk opsi penginapan saat berlibur nanti.

Kalau masing-masing punya kartu kredit yang berbeda, lebih bagus lagi! Ada promo sana sini yang menguntungkan semuanya.


BACA JUGA Ikuti 8 Tips Ini Agar Siap Macet-macetan di Perjalanan Liburan Akhir Tahun!


5. Pilih akomodasi yang diperuntukkan bagi backpacker

akomodasi-backpacker

Jika ingin mendapatkan hotel yang murah, sebaiknya pilih hotel yang dikhususkan untuk para backpacker. Mengapa? Karena harganya jauh lebih murah dibandingkan hotel-hotel pada umumnya (untuk wisatawan bisnis dan leisure).

Kamar hotel untuk backpacker juga biasa adalah tipe kamar shared room, tempat kamu bisa menemukan banyak tempat tidur dalam satu ruangan. Meski memang kurang bersifat private, namun kamu bisa bersama teman-temanmu setiap saat.

Serunya lagi kamu bisa bertemu orang baru yang juga menginap di kamar yang sama. Tipe kamar ini biasanya dibagi dalam tiga kategori, kamar khusus pria, wanita, atau campuran.

6. Makin hemat dengan kupon/voucher hotel

hemat-voucher

Via – Diary Enzu

Seringkali hotel membagikan voucher atau kupon potongan harga untuk me-reward para pelanggan setianya. Terlebih lagi, voucher-voucher tersebut bisa kamu nikmati pada musim-musim liburan seperti pada akhir tahun.

Nah, hal ini bisa kamu manfaatkan untuk bisa mendapatkan hotel murah sebelum berangkat liburan nanti. Pokoknya, sering-seringlah cek situs e-commerce, travel, dan blog yang sering kamu kunjungi untuk mendapatkan kode kupon yang sesuai dengan destinasimu! Jangan lupa pilih situs yang bisa memberikan review dari orang yang sudah pernah di tinggal di hotel yang kamu pilih sebelumnya.

Paling gampang sih klik Blibli Travel karena kamu bisa pesan hotel sekaligus ngedapetin rekomendasi dari Trip Advisor yang udah terkenal banget sama review hotelnya. Jadi, tunggu apa lagi?

7. Meminta harga diskon langsung di hotel yang dituju

harga-diskon

Via – compassprovider

Berbagai cara sudah dilakukan, tapi belum juga mendapatkan hotel murah yang kamu cari? Nekat saja! Hubungi pihak hotel dan tanyakan apakah ada promosi untuk beberapa penyewaan kamar?

Apabila kurang meyakinkan, kamu bisa langsung mendatangi hotel tersebut kembali untuk menanyakan spesial harga. Kamu bisa memberitahu mereka bahwa kamu bekerja di perusahaan yang memiliki koneksi dengan hotel tersebut.

Atau kamu bisa memberitahu hotel tersebut bahwa kamu adalah seorang travel blogger yang akan memberikan review positif untuk hotel tersebut.

Dengan alasan tersebut, biasanya hotel-hotel tertentu mau memberikan potongan harga dengan senang hati. Tapi, kamu benar-benar harus punya kredensial yang cukup ya! Penipuan bisa dikenakan hukuman penjara dan denda!

Bagaimana, sudah mendapatkan hotel murah yang kamu cari? Periksa kembali kelengkapan fasilitas yang ditawarkan. Harga mungkin boleh murah, namun pastikan kualitas hotel tersebut tidak murahan ya!

Satu tips lagi yang mungkin terdengar konyol, namun jika kamu ingin mendapatkan hotel yang murah untuk berlibur bersama teman-teman nanti, ajaklah mereka untuk ikut patungan soal biaya kamar hotel. Semakin banyak teman yang ikut, maka semakin murah harga yang harus kamu bayar.

Masih kurang murah, Blibli.com dengan Blibli Travel-nya sedang mengadakan promosi bagi-bagi kupon diskon Rp 100.000 untuk seluruh hotel di Indonesia, khusus bagi kamu pengguna kartu kredit BCA!

Kupon tersebut bisa kamu dapatkan dengan hanya melakukan transaksi minimal Rp 500.000 dan hanya bisa dinikmati oleh 1000 transaksi pertama! Jadi tunggu apa lagi, buruan belanja dan nikmati voucher menginap di hotel pilihanmu sekarang juga!

Raya

Crafts and cultures enthusiast who lives in Kota Gede, DIY.

I love to travelling around Indonesia, because this country is more adventurous, unique, and interesting than any other.

When i stay in the city, I usually going to spa, jogging in the city park, and of course, gathering with my friends 🙂

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY