Tips Menata Taman Minimalis Agar Terlihat Asri

Yuk maksimalin lahan yang kita punya!

Pemandangan hijau dari tanaman memang layaknya obat untuk membuat pikiran dan tubuh merasa relaks. Karena itu, menyediakan area khusus taman jadi penting sebagai salah satu bagian di rumah kamu. Taman bisa memberikan pemandangan segar untuk mata dan udara yang baik di rumah.

Nah, bagaimana caranya kalau kamu ingin memiliki taman minimalis dengan keterbatasan lahan di tempat tinggal kamu? Yuk, simak tips menata taman rumah minimalis untuk lahan kecil agar tampak maksimal.

Taman Vertikal

Photo by Instagram – @gayarumahidaman

Ini adalah solusi jitu bagi kamu yang ingin memiliki taman di area terbatas. Sesuai namanya, taman ini hadir dalam wujud vertikal dan sering menempel pada pagar atau dinding di area depan rumah. Semua tempat menanam dapat dikontruksi secara khusus dan mudah dipindah-pindah untuk menyesuaikan dengan ruang yang tersedia. Untuk menatanya, kamu bisa pilih pot yang kecil dan tempatkan tanaman dengan daun dan bunga berwarna cerah untuk menghidupkan suasana seperti produk dari Asna berikut ini.

Pot Gantung

Photo by freepik.com

Mau tinggal di rumah atau di apartemen, kamu tetap bisa menghadirkan taman rumah nan asri, meski hanya berukuran kecil. Karena lahan terbatas, menata taman yang efektif bisa menggunakan solusi pot gantung yang sangat hemat tempat. Tanam tanaman hias dalam pot gantung dan kaitkan di langit-langit teras rumah, dinding , pagar, bahkan pagar balkon sekalipun. Variasi pot gantung yang cantik tentu akan membuat usaha menata taman depan rumah kian sukses.

Untuk inspirasi pilihan pot gantung, kamu bisa memakai produk Asna yang sudah dilengkapi dengan bunga artifisial ini.

Asna DLP4001 Bunga Artifisial with Pot Gantung
Asna DLP4001 Bunga Artifisial with Pot Gantung

Pot DIY (Do It Yourself)

Photo by freepik.com

Memberikan wadah untuk pot tanaman tidak harus membeli barang baru, kamu bisa memaksimalkan barang yang ada di rumah untuk menjadikannya sebagai wadah tanaman. Barang apapun yang ada di rumah bisa menjadi kreasi, mulai dari botol air mineral, kayu berbentuk bingkai, bongkahan atau potongan kayu, serta rumah burung. Hasil karyamu ini bisa kamu letakkan di meja kerja, ruang tamu, atau di area taman untuk menciptakan suasana hijau yang bikin relaks.

Kumpulan Pot Tanaman Hijau

Photo by freepik.com

Kalau kamu tak mau repot dengan membersihkan tanah di area taman, tutup saja bagian tanah taman kecil depan rumah menggunakan keramik. Setelahnya, tempatkan rak untuk menata pot-pot berukuran sedang berisi tanaman hijau di atasnya.

Jika masih ada ruang sisa pada taman kecil depan rumah ini, letakkan satu set kursi dan meja untuk kamu bersantai menikmati momen relaksasi.

Jalan Setapak

Menghadirkan jalan setapak gak melulu hanya bisa diwujudkan pada area taman yang luas. Meskipun kecil, menciptakan alur jalan setapak dari beton atau bebatuan di lahan yang minimalis juga salah satu trik untuk mempercantik area taman. Selain terlihat rapi, rumput jadi aman dari injakan kaki. Jika lahan taman kamu tergolong kecil, area setapak atau taman kering bisa lebih besar dibanding area rumput, sehingga kamu memiliki spotlebih untuk menaruh furnitur di sudut taman.

Maksimalkan dengan Pencahayaan

Menata taman depan rumah bukan hanya soal lahan atau tumbuhan, tetapi dekorasi yang tepat. Efek pencahayaan yang dramatis akan membuat taman tampil beda. Permainan lampu di beberapa titik bisa memberikan kesan luas walaupun taman rumah kamu hanya berukuran kecil. Pemilihan lampu bisa beragam tergantung luasan area taman kamu.

Intip lampu taman yang bisa mempercantik tampilan area taman di sini.

ATN LT 008 Lampu Taman Minimalis Hitam
ATN LT 008 Lampu Taman Minimalis Hitam

Perhatikan Kebersihan Taman

Hal yang tidak boleh lalai diperhatikan dalam menata taman depan rumah adalah soal kebersihan. Taman depan rumah yang terlihat bersih otomatis akan menciptakan efek leluasa dan nyaman. Pastikan bahwa tanaman terawat dengan baik dan tidak ada sampah yang berserakan di depan rumah.

Walaupun kamu sudah menata taman rumah, usahamu tentu akan sia-sia jika tidak rutin membersihkannya. Nah, buat memastikan kebersihan selalu terjaga, kamu juga perlu meletakkan tempat sampah di area ini. Pilih yang bentuk dan warnanya trendi untuk memaksimalkan tampilan seperti produk dari Livinbox berikut ini

Livinbox Shuter MHB 10L Pelican Recycle Bin Tong Tempat Sampah 10 Liter
Livinbox Shuter MHB 10L Pelican Recycle Bin Tong Tempat Sampah 10 Liter

So, sekarang sudah tidak bingung lagi kan memanfaatkan lahan kecil untuk menghadirkan taman di rumahmu? Kamu bisa hanya tinggal meng-klik Blibli.com dan scrolling kebutuhan kamu di sana. Selamat berburu!

Ruth

Happy mommy of twin, living in Jakarta and working for a digital media company. That's why I like to do some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at a cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY