Jika berbicara rumah untuk pasangan muda dan pengantin baru, pasti selalu identik dengan rumah pribadi milik berdua. Ukurannya kecil, sebab hanya kedua pasangan saja yang akan tinggal di sana, menikmati dunia berdua.

Namun, hati-hati ketika memilih rumah pribadi, karena banyak hal yang harus dipertimbangkan dalam menatanya terutama perabotan! Jika kamu salah memilih perabotan atau dekorasi ruangan, rumah kamu bisa terasa sempit dan nggak homey lagi.

Banyak trik agar rumahmu bisa tetap tampak luas dan nyaman meskipun sebenarnya luasnya pas-pasan

Jika kamu dan si doi adalah pasangan muda yang sedang kebingungan mencari atau menata perabotan rumah baru, tips-tips berikut dibuat khusus untuk kalian!

1. Perabot multi fungsi

perabot-multifungsiVia Real Homes

Hal paling sederhana untuk menghemat ruang yang terbatas adalah menggunakan perabotan multi fungsi. Dengan tinggal berdua, tentu barang yang kamu miliki juga menjadi lebih banyak. Manfaatkan perabotan multi fungsi yang bisa menambah kapasitas inventori, namun tidak mengambil luas rumah kamu.

Contohnya, kamu bisa memanfaatkan tempat tidur dengan ruang penyimpanan di bagian bawahnya, atau jika kamu sudah bersiap-siap memiliki anak, kamu bisa juga menggunakan set tempat tidur multi fungsi dimana kamu bisa memanfaatkan ruang bawah tempat tidur untuk berbagai fungsi lain.

Intinya, selalu manfaatkan ruangan-ruangan yang ada, jangan sampai terbuang sia-sia.

2. Simpel, sederhana, dan simetrissimpel

Via All World Furniture

Pilihlah perabotan yang sederhana dan berbentuk simetris. Penataan yang simetris seperti pada gambar mampu memberi kesan lebih rapi pada ruangan sehingga terlihat lebih luas.

Apalagi ketika kelak kamu hendak memperluas ruangan atau mengganti gayanya, perabotan dengan bentuk dasar yang sederhana seperti ini jauh lebih mudah dipermak menjadi perabot baru dibandingkan dengan perabot dengan bentuk yang asimetris.

Contoh perabot lain yang bisa kamu gunakan untuk menghemat ruang adalah model perabotan yang bisa disusun secara fleksibel sehingga bisa disesuaikan dengan luas ruangan yang ada. Hal ini tentu mampu meminimalisir sudut-sudut ruang yang terbuang dan tidak terpakai.

3. Say NO to pattern!

say-no-to-patternVia Artnmeal

Untuk menciptakan kesan luas pada ruangan, hindari penggunaan pola-pola yang mencolok atau “ramai” seperti animal print atau pola sejenisnya. Karena hal ini akan membuat ruang terkesan sesak dan sempit. Sebaliknya, penggunaan warna-warna polos dan terang bisa menciptakan kesan luas pada ruangan, loh.

Jadi, hindari penggunaan warna yang terlalu banyak, apalagi saling bertabrakan. Warna-warna dasar seperti putih, abu-abu, krem, serta warna-warna pastel bisa menjadi pilihan aman untuk perabotan barumu.


BACA JUGA Lelah Dengan Suasana Kota? Ini Caranya Mengubah Suasana Rumahmu Menjadi Lebih Natural


4. Ciptakan vocal pointvocal-poin

Via Founterior

Dengan menggunakan perabotan berbentuk sederhana, warna yang minim, serta tanpa pola, pasti kamu khawatir rumahmu akan terasa sangat membosankan. Untuk menyiasati keadaan ini ciptakanlah vocal point pada ruanganmu! Vocal point adalah elemen yang sengaja dibuat menonjol di antara perabotan yang lainnya.

Di sini, kamu bisa menggunakan warna yang kontras ataupun berpola unik yang diaplikasikan pada beberapa elemen ruangan. Trik ini membantu ruangan kamu tampak lebih hidup tanpa memberikan kesan sempit dan sesak!

Cobalah menggunakan bantal dengan warna dan corak mencolok, atau gorden dengan warna yang kontras dari warna dasar ruangan.

5. Do it Yourself!

do-it-yourselfVia Istock Photo

Selain lebih seru, menggunakan perabotan yang dirakit sendiri bisa melatih kerjasama kamu dengan pasangan, loh! Apalagi kamu bisa mengkreasikan perabotan rakitan ini sesuai dengan kebutuhan serta keinginan pribadi kamu.

Jika membuat perabotan terasa sulit, mulailah dengan hal-hal sederhana seperti membuat rak penyimpanan kecil atau sekedar kotak untuk menyimpan barang. Membuat perabot sederhana seperti ini tidak membutuhkan perkakas dan bahan-bahan yang terlalu berat dan merepotkan.

Kamu hanya memerlukan paku, palu, lem kayu, serta lembaran papan kayu untuk membuat sebuah kotak atau rak sederhana.

6. Maksimalkan trik pencahayaanpencahayaan

Via Etsy

Setelah semua perabotan beres, perhatikan juga pencahayaan yang ada di ruangan. Apakah pencahayaan alami sudah cukup, atau diperlukan pencahayaan tambahan dari lampu?

Ruangan dengan pencahayaan yang cukup tidak hanya lebih nyaman, tetapi juga memberikan kesan luas. Tidak perlu takut listrik menjadi boros karena kamu bisa menggunakan bola lampu LED yang jauh lebih hemat listrik dibanding bola lampu pada umumnya.

Tidak hanya lampu utama, kamu juga bisa menambahkan down light pada bagian-bagian ruang yang menurut kamu memerlukan exposure atau pencahayaan tambahan. Hidden light yang disembunyikan pada bagian ceiling ruangan juga bisa memberikan kesan mewah tanpa mempersempit ruangan, daripada kamu menggunakan lampu kristal ataupun lampu gantung yang memakan tempat.

7. Pilih warna cat yang tepat!pilih-warna-cat

Via Rumah.com

Selain perabotan, hal yang tidak kalah penting adalah memilih warna cat dinding! Untuk ruang-ruang mungil, hindari penggunaan warna yang gelap atau terlalu mencolok. Gunakanlah warna-warna terang. Hal ini akan membantu ruangan yang sempit dan telah dipenuhi perabotan terkesan lebih luas.

Tentu kamu tetap bisa menggunakan warna favorit kamu, namun pilihlah versi warna yang lebih muda dan terang. Atau, kamu juga bisa mengaplikasikan warna favoritmu yang versi mencolok pada salah satu sisi dinding atau perabot, serta aksesoris tertentu sebagai vocal point ruangan.

Hal terakhir yang perlu diperhatikan dalam menentukan desain dan perabotan untuk rumahmu adalah komunikasi! Penting bagi pasangan muda untuk terus menjaga komunikasi dan berdiskusi dalam setiap pengambilan keputusan, termasuk dalam hal perabotan. Apalagi rumah ini kelak akan ditinggali oleh kalian berdua, bukan?

Tunggu apa lagi, yuk isi sudut-sudut rumah barumu dengan berburu kebutuhan perabotan yang cocok!

Ruth

Happy mommy of twin 3yo, living in Jakarta and working for digital media company.

That's why I like to doing some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY