me

7 Tips Menata Barang di Organizer Laci Supaya Nggak Berantakan

Jan 20, 2024.By Blibli Friends
Bagikan

freepik.com/author/kostikova
Intip 7 tips menata barang di organizer laci dengan mudah sebelum beli laci!

Siap-siap mengucapkan selamat tinggal ke organizer laci yang berantakan! Laci yang sulit ditutup karena kepenuhan dan begitu dibuka berantakan, sekarang bisa dengan mudah diatasi dengan beberapa tips menata barang di organizer laci di bawah ini. Jadikan ruanganmu benar-benar rapi dengan cara yang efisien di bawah ini!

Baca juga:


Mulai Inventaris Barang

freepik.com/author/kostikova

Kalau laci sudah terlihat penuh dan kelewat berantakan, maka sekarang adalah saat yang tepat untuk inventaris barang. Kosongkan laci, dan bersihkan dulu bagian dalam laci. Setelah itu, mulai pisahkan barang-barang sesuai jenisnya. 

Misalnya laci digunakan untuk menyimpan buku, kamu bisa bagi-bagi buku berdasarkan genrenya. Ada buku komik, novel, novel grafis, biodata, psikologi, arsitektur, dan masih banyak lagi. Kalau sudah dibagi-bagi seperti ini, lebih mudah menyimpannya di satu tempat yang sama. 

Simpan Barang yang Memang Masih Digunakan

freepik.com/author/freepik

Salah satu alasan kenapa laci kita terlihat kepenuhan dan berantakan mungkin saja karena barang yang disimpan terlalu banyak. Jadi sekarang saat yang tepat untuk memilah-milah lagi, apakah semua barang di laci masih kamu gunakan dan masih berguna? Kalau sudah jarang banget digunakan, mungkin saatnya memberikan barang itu pada yang lebih membutuhkan. 

Hanya simpan barang-barang yang masih berguna supaya lacimu rapi dan bersih. Kalau kamu beli organizer laci di Zyo Official Store, salah satu pilihan yang berkualitas adalah Zyo Emma Wardrobe 2 Doors, lemari 2 pintu dengan 2 laci di bawahnya. Lemari yang terbuat dari Particle Board dan MDF ini tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu Oak dan White.

Hanya Simpan Barang yang Cocok Disimpan di Laci

freepik.com/author/chandlervid85

Menyimpan barang di laci memang nyaman, tapi nggak semua jenis barang bisa dimasukkan ke laci, lho. Misalnya untuk pakaian yang gampang kusut atau harus dipakai ke acara formal seperti kemeja kantor. Sebaiknya kemeja digantung, bukan dimasukkan dalam laci. 

Jadi sebelum menjejalkan semua barang ke dalam organizer laci, pisahkan dulu apa saja barang yang bisa disimpan di laci dan mana yang nggak. Dengan begitu, laci nggak penuh, dan barang-barang pun bakal tetap tersimpan baik sesuai tempatnya masing-masing.

Satu Laci Untuk Satu Jenis Barang

freepik.com/author/kostikova

Cara yang satu ini terutama cocok banget untuk organizer laci yang digunakan untuk menyimpan pakaian. Misalnya kamu menggunakan laci tumpuk 3 atau 4. Maka sebaiknya setiap laci digunakan untuk menyimpan satu jenis pakaian yang berbeda. Jadi jelas setiap laci untuk menyimpan apa, nggak bakal tertukar. 

Misalnya laci paling atas untuk menyimpan pakaian dalam, laci kedua untuk atasan, dan laci ketiga adalah bawahan. Sementara kalau masih ada ekstra, laci keempat untuk kaos kaki, stoking, dan lain sebagainya. Kamu juga bisa mengatur laci tergantung jenis pakaian. Misalnya laci paling atas formal dan laci di bawahnya kasual. 

Salah satu pilihan organizer laci yang oke banget adalah Zyo Oliver Chest of Drawers yang terdiri dari 4 laci yang cocok diletakkan di kamar. Bahannya terbuat dari Particle Board, MDF, dan rotan sintetis, dimensi laci ini adalah 79 x 39.6 x 99 cm. 

Pastikan Bisa Melihat Semua Isi Laci dalam Sekali Pandang

freepik.com/author/lenblr

Sebisa mungkin, eliminasi lapisan maupun tumpukan di dalam organizer laci. Berbeda dengan lemari, di dalam lemari kita bisa menumpuk pakaian dan tetap terlihat dari atas ke bawah. Memilih pakaian yang ditumpuk-tumpuk tetap mudah, walaupun pakaiannya ada di tumpukan paling bawah. Masalahnya, kalau menumpuk pakaian di dalam laci, jadinya nggak terlihat. 

Nggak hanya berlaku untuk pakaian saja, lho, buku yang disimpan di laci juga nggak kelihatan kalau ada di bawah. Untuk mengatasinya, pastikan menyimpannya dengan cara berbaris. Untuk buku, kita bisa atur menghadap ke samping, jadi judul buku bisa mudah terlihat dari samping. 

Lalu bagaimana dengan baju dan kaos kaki? Baju bisa disimpan dengan cara yang sama dengan buku, yaitu menyamping. Lipat baju, lalu gulung ke satu sisi, supaya bisa disimpan dengan cara seperti ini. Selain rapi dan bisa dilihat semuanya begitu membuka laci, cara ini juga nggak bikin baju jadi berantakan, lho. 

Pertimbangkan Meletakkan Cermin di Dekat Laci

freepik.com/author/primagefactory

Nah, kalau semua langkah di atas sudah kamu lakukan, kita sudah sampai di tahap sentuhan akhir, nih. Khusus untuk organizer laci yang digunakan untuk menyimpan pakaian, kamu bisa mempertimbangkan area untuk meletakkan cermin di dekatnya. Jadi setelah berpakaian, kita bisa langsung berkaca di depan cermin. 

Pemilihan cermin tergantung dari kebutuhan masing-masing dan ruang yang tersedia. Kalau kamu hanya butuh cermin untuk bagian atas saja, mungkin bisa diletakkan di atas organizer laci. Sementara untuk yang butuh cermin satu badan, bisa letakkan cermin tepat di samping laci. 

Oh ya, area di atas organizer laci juga bisa dijadikan tempat barang-barang yang sering digunakan, lho. Misalnya krim pagi dan krim malam, losion, sisir, dan lain sebagainya. Multifungsi dan serba praktis, jadi bisa memanfaatkan ruang sebaik mungkin. 

Rapikan Laci Secara Berkala

freepik.com/author/kostikova

Tips yang terakhir supaya organizer laci yang kamu gunakan tetap rapi dan bersih adalah harus dirapikan secara berkala. Selama Blibli Friends menggunakannya dengan baik, sebenarnya laci nggak gampang berantakan. Misalnya laci pakaian, ambil baju pelan-pelan supaya baju yang lain nggak berantakan. Kalau baju ada di tumpukan bawah, angkat dulu baju di atasnya dan letakkan kembali dengan rapi. 

Berapa sih periode yang pas untuk merapikan laci? Kalau ada waktunya, sebulan sekali saja sudah cukup. Kalau kamu bisa menggunakan rapi dengan rapi seperti cara di atas, bahkan cukup 2 – 3 bulan sekali saja merapikannya. Nggak perlu terlalu sering, jadi nggak ribet, kan? 

Kalau sudah waktunya merapikan laci, pastikan semua barang-barang dikeluarkan terlebih dulu. Lap semua bagian dalamnya, jangan lupa bagian sudutnya juga. Gunakan lap bersih dan cairan pembersih furnitur. Setelah itu biarkan sampai kering terlebih dulu, baru masukkan kembali barang-barangmu seperti semula. 


Baca juga:

Setelah tahu 7 tips menata barang di organizer laci di atas, ternyata nggak sulit kan punya laci yang rapi dan bersih? Blibli Friends nggak perlu ragu lagi menggunakan laci dan lemari berlaci untuk menyimpan berbagai jenis barang di rumah. 

Nah, sekarang saatnya mencari organizer laci yang oke buat ruang penyimpanan kamu. Yuk, temukan berbagai variannya di Home & Living yang ada di Blibli. Dapatkan sekarang juga dengan voucher gratis ongkir dan promo spesial dari Blibli berupa cashback atau potongan harga! 

Tag: