Untuk mengatasi kesumpekan atau kelelahan karena pekerjaan, liburan jadi obat stres yang ampuh banget! Nggak heran kalau sekarang tren berlibur jadi makin hits, terlebih di kalangan anak muda. Nah, buat kamu yang pingin berlibur sesering mungkin, tentu kamu butuh manajemen keuangan dan tips menabung yang baik.

Karena itu, Blibli Friends akan ngobrol dengan Marvin Sulistio, jurnalis TV swasta yang juga seorang travel blogger di Bukanutopia. Nggak sabar pingin tahu gimana tips menabung yang jitu dari Marvin? Langsung aja baca ceritanya di sini!

BOOKING TIKET DAN HOTEL LEBIH HEMAT DI BLIBLI TRAVEL

1. Mengenal konsep liburan ala flashpacker

tips menabung
Via – @marvinsulistio__

Ngomongin tips menabung, biasanya orang akan ingat dengan sebutan backpacker— yaitu para traveler yang hobi jalan-jalan dengan budget seminim mungkin. Tapi, Marvin lebih nyaman menyebut dirinya sebagai flashpacker. Artinya, ia tetap berusaha untuk menghemat pengeluaran ketika liburan, tapi tetap ingin mengutamakan kenyamanan dan gaya saat berlibur.

Flashpacker ini akan menghabiskan waktu yang lebih banyak untuk melakukan riset sehingga bisa menemukan tiket pesawat, hotel, sampai pilihan transportasi yang ramah kantong, tapi juga worth it. Tentu effort untuk riset akan lebih besar, tapi rasanya puas banget kalau sudah berhasil menemukan pilihan yang tepat, yang terjangkau, dan nggak mengorbankan kenyamanan,” kata pria yang mempunyai target berlibur minimal sebulan sekali ini.

WUJUDKAN RENCANA LIBURAN DENGAN BANTUAN BLIBLI TRAVEL

2. Buka rekening khusus untuk tabungan liburan

tips menabung
Via – Idelaki Blog (Dokumen pribadi Marvin Sulistio)

Sebagai seorang flashpacker, Marvin pernah berlibur ke Maldives seminggu dengan anggaran di bawah 10 juta dan keliling Singapura dengan anggaran 650 ribu saja. Mengagumkan, bukan? Ternyata rahasianya adalah ia sangat ketat dalam mempersiapkan budget liburan!

Marvin bahkan mempunyai rekening khusus untuk traveling yang diisi setiap kali gajian untuk dimanfaatkan setiap kali hasrat liburan timbul. “Dari keseluruhan gaji, sekitar sepertiganya saya selalu setor ke tabungan traveling sehingga semua pengeluaran mulai dari tiket pesawat sampai biaya makan di luar negeri akan diambil dari sana,” kata Marvin yang hobi berwisata ke destinasi pantai.

MAU HEMAT TIKET PESAWAT? DI SINI AJA PESANNYA!

3. Tukar valuta asing dari jauh-jauh hari

tips menabung
Via – Sevenedges

Setelah pengeluaran tiket, hotel, dan visa sudah diatur, kini tinggal menetapkan uang saku yang mau kamu bawa. Menurut Marvin, kamu bisa mengetahui perkiraan budget uang saku dengan menggunakan budgetyourtrip.com, hanya dengan mengisi negara tujuan dan gaya traveling kamu setiap hari. Atau, kamu juga bisa meriset sendiri dengan membaca blog traveling.

Tips menabung khusus buat kamu yang pingin ke luar negeri adalah tukarkan valuta asing negara tujuan dari jauh-jauh hari. Soalnya, nilai tukar rupiah tidak bisa diprediksi.

“Lebih baik sisihkan setiap bulan dan jika sudah mencapai budget, langsung tukarkan di money changer dalam negeri. Ada beberapa negara di mana nilai tukar rupiah sangat rendah sehingga ini bisa bikin kita rugi,” kata pria yang paling terkesan dengan negara Islandia ini.

MAU JALAN-JALAN KEMANA SAJA, PESAN HOTELNYA DI BLIBLI TRAVEL!

4. Sediakan budget lebih untuk pengeluaran favorit selama liburan

tips menabung
Via – @marvinsulistio__

Untuk meminimalisasi anggaran yang bocor selama liburan, Marvin pun memberikan tips agar kamu menyediakan extra budget untuk pengeluaran favorit. Misalnya, kalau kamu suka wisata kuliner atau suka main-main di taman rekreasi, alokasikan anggaran lebih di hal tersebut.

“Saya sendiri tipe orang yang suka belanja, makanya saya siapin budget khusus untuk itu. Apalagi jika mendekati hari pulang dan anggaran belum habis, maka saya royal banget,” ungkap Marvin.

Ia pun mengingatkan untuk selalu menyediakan pecahan uang 100 atau 50 USD setiap kamu mau liburan. Hal ini untuk berjaga-jaga jika kamu mengalami insiden kehilangan uang atau tiba-tiba uang tunai habis.

“Semua negara di dunia menerima USD sehingga kamu bisa tetap aman selama beberapa hari,” kata pria yang bercita-cita untuk mengunjungi Pulau Faroe, Isle of Man, dan Fiji ini.

BIAR MAKIN HEMAT, KAMU JUGA BISA PESAN PAKET WISATA DI SINI


Nah, setelah mendapatkan 4 tips menabung dari travel blogger Marvin Sulistio, pastinya kamu makin semangat dong untuk mengumpulkan pundi-pundi uang sebelum berlibur? Dengan semakin terjangkaunya tiket pesawat dan hotel, kini siapapun bisa berlibur, kok!

Biar makin terinspirasi, kamu bisa tengok cerita-cerita perjalanan Marvin di Blog Bukanutopia atau di Instagram @MarvinSulistio__. Pastinya bikin keinginan untuk berlibur makin besar, deh!

Kalau udah menentukan destinasi impianmu, yuk langsung wujudkan liburan hemat dengan pesan tiket dan hotel di #BlibliTravel!

CEK HARGA TIKET PESAWAT DAN HOTEL TERBAIK HANYA DI BLIBLI TRAVEL

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY