Ini Nih 3 Faktor yang Harus Diperhatikan dalam Memilih Sikat Gigi Anak Menurut Drg. Ratna SpKGA

memilih sikat gigi anak

Sama halnya dengan gigi pada orang dewasa, gigi susu pada anak seharusnya mendapatkan perhatian dan perawatan yang maksimal. Kali ini, Blibli Friends mau ngobrol dengan drg. Ratna Permatasari SpKGA yang merupakan seorang ahli gigi anak yang berpraktik di Rumah Sakit Umum Bunda Menteng, tentang memilih sikat gigi anak yang tepat.

Menurut beliau, perawatan gigi susu nggak hanya berperan pada fungsi pengunyahan (mastikasi), gigi susu pada anak juga berperan penting dalam fungsi bicara (fonetik) dan estetik. Sehingga jika gigi anak nggak tumbuh sempurna, si kecil juga akan terancam menjadi bahan ejekan yang menurunkan tingkat kepercayaan diri mereka di luar masalah mengunyah dan berbicara. Yuk simak beberapa tips untuk memilih sikat gigi anak yang benar!

LENGKAPI PERAWATAN GIGI SI KECIL DI SINI

1. Pilihlah sikat gigi yang didesain khusus untuk anak

memilih sikat gigi anak
Via – Smartkidsasia

Tekstur dan ukuran gigi pada anak tentu akan berbeda dengan ukuran gigi orang dewasa. Maka dari itu, pilihlah sikat gigi anak yang sesuai dengan umurnya. Dikarenakan motorik pada anak sedang berkembang, maka bentuk kepala, ukuran, dan gagang sikat pun harus sesuai dengan kelompok usia tertentu.

Dengan kesesuaian ukuran ini, Drg Ratna SpKGA berharap bahwa sikat gigi anak akan dapat menjangkau seluruh permukaan gigi dan nggak menyebabkan gusi terluka akibat gesekan dari sikat gigi yang terlalu besar.

BELI SIKAT GIGI DAN PERLENGKAPAN SI KECIL LEBIH HEMAT DI SINI!

2. Perhatikan kondisi sikat gigi anak yang akan dipilih

memilih sikat gigi anak
Via – Amazon UK

Drg Ratna SpKGA sangat mewanti-wanti agar orangtua dapat memilih sikat gigi anak dengan bulu sikat yang lembut dengan kepala sikat yang bulat. Hal ini untuk mencegah bulu sikat atau bentuk kepala yang tajam melukai sisi dalam mulut si kecil.

Untuk proses menyikat sendiri sebaiknya dilakukan dua kali sehari ya, yakni pada saat setelah sarapan dan sebelum tidur. Bagi si kecil yang belum mempunyai gigi memang sebaiknya cukup dilap dengan kasa untuk membersihkannya. Namun saat gigi si kecil sudah berkembang, maka orangtua bisa mengajarinya menyikat tanpa pasta gigi (kalau belum bisa berkumur) atau dengan pasta gigi seukuran kacang polong (kalau sudah bisa berkumur).

Kandungan fluoride yang terdapat pada pasta gigi dapat mengganggu perkembangan gigi anak secara permanen kalau sampai tertelan, sehingga berikan secukupnya saja, ya! Untuk area yang nggak terjangkau dengan sikat gigi anak, orangtua bisa menggunakan dental floss untuk mempermudah membersihkan.

KLIK DI SINI AGAR NGGAK SALAH PILIH SIKAT GIGI ANAK

3. Ajak si kecil untuk memilih sikat gigi yang disukai

memilih sikat gigi anak
Via – Pinterest

Tips terakhir dari Drg Ratna SpKGA dalam memilih sikat gigi anak adalah dengan mengajak si kecil untuk memilih sendiri sikat gigi yang disukainya. Dengan begitu, diharapkan ia pun menjadi lebih kooperatif dan antusias merawat gigi mereka dengan model sikat gigi yang sesuai warna dan karakter kartun favoritnya. Agar proses sikat gigi anak menyenangkan, kamu pun bisa mengakalinya dengan perkenalan proses sikat gigi dengan media musik, cerita, video, atau pun role play dengan mainan kesukaannya.

Selain itu, Drg Ratna SpKGA juga menyarankan penggunaan chart, di mana jika si kecil sudah mencapai target tertentu sesuai perjanjian, kamu bisa memberikan reward untuk apresiasi pencapaiannya. Dengan begitu, si kecil pun perlahan bisa menjadikan rutinitas sikat gigi menjadi kebiasaan baik seumur hidupnya.

BELIKAN SIKAT GIGI LUCU AGAR ANAK MAKIN SEMANGAT


Nah, itulah ketiga tips penting dalam dalam memilih sikat gigi anak yang baik serta beberapa cara membuat proses menyikat gigi agar menyenangkan bagi si kecil. Bagaimanapun juga, meskipun gigi susu pada anak akan tergantikan dengan gigi permanen pada akhirnya, kesehatan dan kebersihannya nggak boleh terabaikan!

Menurut Drg Ratna SpKGA, gigi susu yang nggak terawat pun akan berampak pada gigi permanen dan bisa saja menyebabkan gangguan seperti masalah gigi berlubang, infeksi, ataupun kecenderungan anak untuk malas makan atau picky eater! Kasihan kan kalau kita nggak memberikan pendampingan yang baik dari sekarang?

Melihat urgensi dari sikat gigi anak, sebaiknya orangtua selalu memberikan peralatan gigi yang terbaik. Selain sikat gigi yang berkualitas dari Blibli.com, jangan lupa untuk selalu melakukan pemeriksaan berkala ke dokter gigi tiap enam bulan sekali ya! Yuk ke #BlibliSekarang untuk mendapatkan sikat gigi anak terbaik!

KLIK UNTUK MENCARI BERBAGAI PERAWATAN GIGI SI KECIL

Ruth

Happy mommy of twin, living in Jakarta and working for a digital media company. That's why I like to do some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at a cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY