me

5 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Sepeda Balap

Dec 27, 2022.By Rio
Bagikan
Foto: Sumber Image

Sepeda balap belakangan ini kerap terampil dengan desain terkini dan fitur canggih. Selain lari, bersepeda memang jadi opsi olahraga yang tengah digemari. Bodi yang ringan dan mampu dipacu hingga kecepatan tertentu jadi alasan kenapa sepeda balap begitu populer. Nah, kalau kamu lagi berpikir untuk membelinya, berikut ini adalah 5 hal yang harus diperhatikan dalam memilih sepeda balap.

Tentukan tipe sepeda

Kamu harus menentukan, tipe sepeda seperti apa yang ingin dibeli, untuk lomba (race bike) atau hobi belaka (sportive bike). Jika kamu sudah lama bersepeda, ada baiknya untuk memilih yang tipe race. Tapi kalau kamu bersepeda hanya untuk bersenang-senang saja, tipe sportive juga cocok.

Jika kamu sedang mencari sepeda balap yang tangguh dan punya fitur kecepatan canggih, Element MTB 26 Pandora 1.0 bisa jadi pilihan yang tepat. Sepeda ini didukung frame berbahan alloy dan  fitur canggih 21 speed shimano. Kamu bisa menemukan sepeda ini di Blibli.com. Belanja di Blibli.com, semua barangnya 100% orisinal. Kamu juga bisa menikmati layanan bebas ongkos kirim lho!

CEK OPSI SEPEDA ELEMENT LAIN YANG ADA DI BLIBLI.COM

Perhatikan material rangka dan fork

Dua komponen ini berperan penting dalam mendukung performa keseluruhan sepeda balap. Sepeda balap standar punya rangka dari logam. Tapi kalau punya dana lebih, kamu bisa memilih sepeda balap yang punya fork berbahan karbon. Material karbon membuat bobot sepeda jadi lebh ringan dan bisa diandalkan untuk meredam banyak getaran. Jika kamu ingin sepeda yang lebih ringan dan cepat, pilihlah sepeda dengan rangka karbon. Kalau kamu bersepeda hanya sekadar untuk hobi belaka, rangka yang terbuat dari alumunium bisa jadi pilihan cocok.

CARI TAHU SEPATU UNTUK BERSEPEDA YANG ADA DI BLIBLI.COM

Amati seksama bagian Groupset

Kamu harus teliti betul dalam mengamati model groupset yang ada pada sepeda balap. Sebagai bagian yang berfungsi sebagai persneling dan pengereman, groupset sangatlah penting. Produsen terbesar yang menyediakan groupset di sepeda balap adalah Sram, Champagnolo, dan Shiman. Masing-masing punya karakteristik, harga, ukuran, dan performa yang berbeda-beda.

Element FRC 51 Roadbike-Grey Red adalah rekomendasi terbaik untuk kamu yang mencari sepeda balap tangguh. Sepeda balap ini didukung oleh frame berbahan alloy. Fitur groupset-nya 7Speed Shimano Tourney yang canggih dan punya daya kecepatan cukup baik. Selain fitur groupset, kamu juga harus memerhatikan aksesori pendukung lain untuk bersepeda. Untuk helm sepeda, kamu juga harus memilih yang berkualitas.

CEK OPSI HELM SEPEDA YANG TERSEDIA DI BLIBLI.COM

Perhatikan seksama ukuran ban

Selain rangka dan groupset, bagian penting lain dari sepeda balap adalah ban. Ukuran ban sepeda balap biasanya adalah 700 x 23. Ban sepeda balap terbagi menjadi dua jenis, yaitu tubular dan clincher. Tubular punya bobot lebih ringan dan punya hambatan paling rendah. Ban jenis ini biasa digunakan pembalap profesional. Para pemula sebaiknya memilih ban bertipe clincher yang punya bobot lebih berat dan menggunakan ban dalam.

CARI TAHU JERSEY UNTUK BERSEPEDA YANG ADA DI BLIBLI.COM

Perhatikan ukuran sepeda dan kesesuaian

Ada tiga ukuran dari rangka sepeda balap, tradisional, semi compact, dan compact. Rangka tradisional punya karakteristik ‘top tube’ atau rangka utama yang didesain secara paralel pada lapisan bawah. Rangka compact punya tambahan 2 hingga 3 inci dari seatpost jika dibandingkan dengan sepeda horizontal-top. Rangka semi compact hampir sama dengan compact, tapi punya bagian rangka atas sedikit lebih panjang.

Jika kamu mencari opsi sepeda lipat, Element Folding Pikes 1 Speed adalah pilihan yang tepat. Desainnya trendi dengan pulasan palet warna oranye yang tampak cerah. Rangkanya juga kuat dan antikarat. agar nyaman ketika bersepeda, jangan lupa kenakan kacamata yang bisa melindungi pandangan dari terpaan sinar terik matahari.

CEK KOLEKSI KACAMATA BERSEPEDA YANG ADA DI BLIBLI.COM

Nah, itu dia 5 hal yang harus diperhatikan saat memilih sepeda balap. Kamu bisa dapatkan sepeda berkualitas dan beragam aksesorinya di Blibli.com. Belanja di Blibli.com, keamanan transaksinya terjamin lho! Yuk, coba sekarang.

Tag:

Artikel Kategori Terkait

Artikel Tag Terkait

Artikel Penulis Terkait

Lihat Artikel Lainnya