Tips Memilih Perlengkapan Masak yang Aman bagi Kesehatan

Kesehatan adalah hal yang harus diutamakan. Untuk menjaga kesehatan tubuh tentu harus didukung dengan gaya hidup yang tepat. Melakukan olahraga teratur dan konsumsi makanan sehat adalah sejumlah cara yang wajib dilakukan.

Berbicara mengenai makanan sehat, tentu erat kaitannya dengan bahan makanan dan proses memasak. Memasak makanan sehat juga harus didukung dengan perlengkapan makan yang dijamin kualitasnya. Ya, tanpa disadari sejumlah alat masak dan perlengkapan makan terbuat dari material yang bisa berbahaya bagi kesehatan.

Lalu, bagaimana cara menentukan perlengkapan makan yang sehat?

-Pilihlah alat masak food grade

Photo Via Pexels

Alat masak food grade adalah yang terbuat dari material aman yang tak akan menimbulkan masalah kesehatan saat bersentuhan dengan makanan dan minuman. Untuk menentukan food grade atau tidak, tentunya sejumlah kategori material ternyata masuk dalam golongan baik bagi kesehatan dan ada pula yang ternyata buruk bagi kesehatan.

Material alat masak yang baik bagi kesehatan: 

1. Stainless Steel 

Photo Via Pexels

Stainless steel atau baja nirkarat sangat umum dipakai sebagai material perlengkapan makan dan masak. Material ini sangat awet dan juga dapat menyalurkan panas dengan cepat. Namun, stainless steel juga masih memiliki kandungan logam. Jadi, di saat stainless steel tergores maka kandungan besi kromium dan nikel bisa mempengaruhi makanan dan minuman. Agar tetap aman, usahakan untuk menghindari alat-alat yang dapat merusak lapisan stainless steel. 

MEMANGGANG MAKANAN JADI LEBIH SEHAT DENGAN DEBELLIN MINI PAN

2. Keramik

Photo Via Pexels

Porselen atau keramik jug jadi perlengkapan masak yang sudah dipakai sejak lama. Porselen terbilang aman karena unggul dengan menghantarkan panas dengan baik, tidak lengket saat digunakan, dan juga gampang dibersihkan.

3. Kaca

Photo Via Unsplash

Kaca juga masuk ke dalam kategori alat masak yang aman digunakan. Kaca tidak menimbulkan reaksi apapun pada makanan dan minuman. Namun, ternyata nggak semua makanan bisa diproses dengan kaca. Hanya sebagian bahan makanan yang dapat dimasak dengan peralatan masak berbahan kaca.

4. Granit

Photo Via Instagram Debellin

Salah satu material lainnya yang sangat baik digunakan sebagai alat masak adalah granit. Material ini tahan lama dan juga dapat mengantarkan panas dengan rata sempurna.

Bahkan kini, salah satu merek premium cookware Debellin hadir dengan deretan perlengkapan masak berbahan dasar granit. Perlengkapan masak tersebut dapat menjadikan masak lebih sederhana, sehat, dan juga mudah digunakan. Bahkan, kamu nggak perlu lagi memakai minyak terlalu banyak, karena permukaan cookware yang hadir tidak lengket dan mudah dibersihkan.

Selain itu, produk Debellin juga bebas dari zat PFOA yang sudah sesuai dengan peraturan dari US EPA (US Environmental Protection Agency). PFOA adalah zat racun yang dapat memicu sel kanker dalam tubuh. Dengan produk Debellin, maka kamu akan terbebas dari PFOA.

PERLENGKAPAN MASAK MEWAH BERNUANSA BATA DARI DEBELLIN 

Salah satu produk yang menarik dari Debellin adalah koleksi Copper Grill Pan Set. Debellin Copper Grill Pan tidak lengket, dengan lapisan copper yang membuat pan ini cocok untuk memasak daging dan seafood. Hasil barbecue marking juga terlihat 5 kali lebih jelas dari pan biasa. Untuk memasak teppanyaki dan telur dadar juga mampu menghasilkan hasil akhir yang sempurna dan bisa dipakai untuk memasak dengan kapasitas 4 hingga 5 orang.

Untuk memilikinya, Blibli.com menawarkan promo spesial dengan potongan harga yang signifikan. Koleksinya sangat lengkap dan terjamin keasliannya. Bebas ongkos kirim serta pesan antar yang cepat, membuat kamu nggak boleh ketinggalan untuk berbelanja koleksi panci dari Debellin di Blibli.com. Cek di sini untuk promo selengkapnya.

Ruth

Happy mommy of twin, living in Jakarta and working for a digital media company. That's why I like to do some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at a cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY