Pencinta mobil pasti mau yang terbaik untuk kendaraan kesayangannya. Semua fasilitas harus punya jaminan mutu terbaik agar mobil tetap awet, nggak terkecuali soal oli. Di pasaran, jenis oli itu ada banyak banget. Tapi, apa iya semua oli cocok dengan mobil kesayanganmu? Nah, supaya nggak bingung, berikut panduan memilih oli mobil yang wajib kamu tahu!

TEMPATNYA OLI BERBAGAI JENIS MEREK DENGAN HARGA TERBAIK!

1. Periksa rekomendasi oli dari buku panduan mobil

Memilih Oli Mobil
Via – Hibu

Tips memilih oli mobil pertama yang harus kamu lakukan adalah mengecek jenis oli yang sesuai dengan mobilmu. Kamu bisa mengeceknya pada buku panduan kendaraan yang disertakan saat pembelian. Di buku panduan tersebut, kamu akan menemukan jenis spesifikasi oli mesin berstandar API (American Petroleum Institute) Service yang rekomendasi untuk mobil kesayanganmu.

Spesifikasi API tersebut biasanya diawali oleh kode bahan bakar. Bahan bakar bensin misalnya, akan direkomendasikan untuk menggunakan kode yang diawali dengan huruf “S”, seperti SJ, SL, SM, dan SN. Berbeda dari berbahan bakar bensin, kendaraan berbahan bakar diesel menggunakan kode yang diawali huruf “C”, seperti CD, CG, dan CF.

TEMPATNYA BERAGAM OLI UNTUK SEMUA SPESIFIKASI MESIN TERBAIK!!!

2. Tingkat kekentalan oli jangan sampai luput dari perhatian

Memilih Oli Mobil
Via – Otomart

Langkah kedua adalah menentukan tingkat kekentalan. Oli yang bagus itu yang kental atau yang encer, ya? Keduanya memiliki fungsi yang sama dan dapat dipilih sesuai usia mobil. Apabila kendaraan kesayanganmu merupakan mobil keluaran lama, lebih dari lima tahun lalu, itu berarti kamu membutuhkan oli yang lebih kental agar celah komponen mesin yang sudah renggang dapat terlumasi dengan baik. Sebaliknya, kalau mobilmu termasuk keluaran baru, pilihlah oli encer untuk melumasi gaya gesek mesin mobil yang masih terbilang rendah.

Dalam dunia oli, kekentalan dikenal dengan istilah SAE. Istilah ini diambil dari akronim organisasi yang mengatur standarisasinya, Society of Automotive Engineer. Kekentalan dalam oli bukan cuma soal konsistensi cairannya, lho, melainkan juga kemampuan oli itu beradaptasi di suhu rendah maupun tinggi.

BINGUNG MENENTUKAN TINGKAT KEKENTALAN OLI? DAPATKAN REKOMENDASINYA DI SINI!!!

3. Pilih oli mineral atau oli sintetis?

Memilih Oli Mobil
Via – Mochiunhiet

Berdasarkan bahan bakunya, oli mobil dapat dibedakan menjadi dua jenis, mineral dan sintetis. Pemilihan kedua jenis oli ini balik lagi didasarkan pada usia mobil. Oli mineral sendiri merupakan oli yang terbentuk dari ekstraksi minyak bumi. Oli ini akan bekerja efektif pada mesin-mesin mobil keluaran lama.

Berbeda dari oli mineral yang bahan bakunya terbilang alami, oli sintetis terbuat dari campuran bahan kimia yang bersifat aditif. Oli sintetis akan terasa maksimal kinerjanya jika diterapkan pada mobil pabrikan teranyar.

PILIH OLI MINERAL ATAU SINTETIS? DAPATKAN KEDUANYA DI SINI!!!

4. Ganti oli secara berkala dan pastikan oli yang kamu pilih itu asli!

Memilih Oli Mobil
Via – Cargurus

Setelah kamu menentukan mana oli mobil yang pas buatmu, jangan lupa untuk mengganti oli secara berkala. Tujuannya tidak lain agar performa mobil kesayangan selalu optimal. Kapan waktu yang tepat untuk ganti oli? Kamu perlu ganti oli mobil ketika jarak tempuh sudah mencapai 10.000 KM atau kurang lebih 6 bulan sekali.

Kalau merasa ragu soal jarak tempuh atau waktunya, kamu bisa cek tanda-tanda wajib ganti oli di mobilmu. Tanda-tanda tersebut, antara lain warna oli berubah, tingkat kekentalan berubah, volume berkurang, area blok mesin lebih panas dari biasanya, dan suara transmisi terdengar kasar. Selain memastikan oli diganti sesuai waktunya, kamu juga wajib memastikan oli pilihanmu itu asli. Soalnya, oli yang palsu atau oplosan hanya akan merusak mesin mobil kesayanganmu, bukannya melumasi dan menjaga kondisi mesin!

DAPATKAN OLI TERBAIK UNTUK KENDARAAN KESAYANGANMU DI SINI!!!


Nah, itu dia 4 hal yang perlu kamu perhatikan dalam memilih oli mobil. Jangan lupa terapkan langkah-langkahnya agar kondisi kendaraan kesayangan selalu prima setiap waktu, Soal beli oli mobil yang asli, kamu nggak perlu pusing ataupun repot nyarinya. Di Blibli.com, semua oli asli yang kamu mau ada.

Apalagi ada promo lauch terbaru dari United Oil. Kamu bisa dapetin berbagai jenis United Oil dengan diskon khusus hingga 50%, lho! Daripada kelupaan ganti oli dan bikin performa mobil kesayangan menurun, yuk, mendingan langsung #BlibliSekarang!

TEMUKAN OLI BERBAGAI JENIS MEREK DENGAN HARGA TERBAIK SEKARANG JUGA!!!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY