me

Tips Memilih Mesin Cuci, Top Loading atau Front Loading?

Jul 11, 2023.By Blibli Friends
Bagikan
Cicilan 0% KAM

Mesin Cuci Top Loading dan Front Loading — Ketika kita akan membeli sebuah mesin cuci di toko elektronik baik offline maupun online biasanya akan dihadapkan dengan banyak pilihan tipe mesin cuci yang terkadang membuat kita bingung harus memilih yang mana. 

Memilih mesin cuci top loading (bukaan atas) atau front loading (bukaan depan) memang terkadang membingungkan, ya, Blibli Friends. Banyak dari kita masih belum paham mengenai kelebihan dan kekurangan dari jenis mesin cuci ini. Nah, daripada bingung, yuk simak tips berikut dalam memilih mesin cuci Top Loading atau Front Loading

Baca juga: Cara Menggunakan Mesin Cuci, Simak Ya!


Mesin Cuci Top Loading

Mesin Cuci Top Loading
duerdensappliance.com

Saat ini, merek mesin cuci memang sangat banyak, namun dari banyaknya merek mesin cuci tersebut ternyata tetap saja mereka dibedakan menjadi dua jenis yakni mesin cuci top loading dan front loading. Sebenarnya, apa, sih, yang dimaksud dengan mesin cuci top loading? Lebih mudahnya untuk melihat mesin cuci top loading adalah mesin cuci yang memiliki penutup di bagian atasnya.

Penutup di atas ini bertujuan untuk memasukkan pakaian kotor yang akan dicuci. Mesin cuci top loading juga kebanyakan dibekali dengan pintu penutup berengsel untuk menutup mesin cucinya setelah digunakan. Keuntungan menggunakan mesin cuci top loading adalah kamu nggak perlu membungkuk ketika harus memasukkan pakaian kotor untuk dicuci.

Mesin cuci ini juga cenderung praktis banget ketika kamu harus memindah-mindahkan pakaian menuju proses bilasan maupun menuju tempat pengeringannya. Dengan begitu, bagian punggungmu juga nggak bakalan mudah sakit nantinya.

Kelebihan dan Kekurangan Mesin Cuci Top Loading

Mesin cuci top loading ini memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang bisa kamu pertimbangkan sebelum membelinya. Adapun beberapa kelebihan dan kekurangannya bisa kamu cek di bawah ini!

Kelebihan Mesin Cuci Top Loading

Kelebihan Mesin Cuci Top Loadin
thespurce.com

Beberapa kelebihannya adalah bisa cek di bawah ini!

  • Kinerjanya Lebih Otomatis

Salah satu hal yang membuat mesin cuci top loading ini menjadi primadona adalah kinerjanya yang cenderung lebih otomatis dibandingkan dengan mesin cuci lainnya. Semua kegiatan di dalamnya benar-benar otomatis sehingga kamu bisa lebih hemat tenaga dan waktu untuk mencuci jika menggunakan mesin cuci ini.

Mesin cuci ini hanya perlu kamu tekan beberapa tombol saja maka selanjutnya kegiatan mencuci, membilas sampai dengan memeras pakaian sampai setengah kering sudah menjadi tugasnya. Selanjutnya, kamu bisa langsung mengangkat pakaiannya dan menjemur sebentar dan bajunya bisa kering lebih cepat.

  • Harga Lebih Murah 

Kelebihan kedua adalah mesin cuci dengan tipe top loading ini dijual dengan harga yang lebih murah, baik yang baru maupun bekasnya. Cocok banget dipakai untukmu yang sedang membutuhkan mesin cuci dalam waktu cepat, namun budget sedang minim. Mesin cuci ini bisa menjadi pilihan yang sangat oke.

  • Harga Suku Cadang Murah 

Kelebihan ketiga adalah mesin cuci tipe top loading ini juga dibekali dengan suku cadang yang mudah dicari dan harganya juga cenderung lebih murah. Dengan begitu, ketika terjadi masalah pada mesin cuci dan membutuhkan penggantian suku cadang, maka pengeluaranmu juga nggak bakalan membengkak nantinya.

Kekurangan Mesin Cuci Top Loading

Kekurangan Mesin Cuci Top Loading
ckamgmt.com

Beberapa kekurangan yang dimiliki oleh mesin cuci model top loading bisa kamu cek di bawah ini!

  • Hasil Perasan Kurang Maksimal 

Kekurangan pertama yang dimiliki oleh mesin cuci top loading ini adalah dari hasil perasannya. Mesin cuci ini cenderung kurang bisa memberikan hasil perasan yang maksimal sehingga kamu harus memeras pakaiannya lagi biar mendapatkan perasan yang lebih kuat.

  • Detergen Lebih Boros 

Kekurangan kedua adalah mesin cuci ini cenderung membutuhkan detergen yang lebih banyak, jadi pengeluaranmu untuk detergen bakalan bertambah nantinya. Alasannya adalah mesin cuci ini membutuhkan volume air yang cukup banyak menyesuaikan dengan bentuk mesin cucinya yang besar.

Mesin Cuci Front Loading

Mesin Cuci Front Loading
nytimes.com

Jenis mesin cuci keduanya adalah mesin cuci front loading. Mesin cuci ini memiliki karakteristik bak luar dan dalamnya yang dipasang dengan posisi horizontal. Tujuannya adalah untuk memberikan putaran menggunakan gerakan air pada drum yang ada di dalamnya. Biasanya, pintunya berbentuk transparan dan berada di bagian samping maupun depan mesin cuci.

Alasan penggunaan tata letak horizontal ini adalah memungkinkan proses pembersihan pakaian bisa tetap maksimal dilakukan walaupun dalam kondisi air yang minim. Nantinya, pakaian bakalan tetap bisa terendam dengan sempurna meskipun dengan air yang sedikit. Mesin cuci ini juga banyak dipilih karena desainnya yang estetik dan minimalis sehingga nggak banyak memakan tempat.

Hanya saja, karena ukurannya yang pendek dan pintu bukaan di bagian samping, maka kamu perlu membungkuk untuk memasukkan dan mengeluarkan bajunya.

Kelebihan dan Kekurangan Mesin Cuci Front Loading

Kamu harus tahu kalau mesin cuci front loading ini memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang bakalan membantumu untuk pertimbangan pembeliannya.

Kelebihan Mesin Cuci Front Loading

Kelebihan Mesin Cuci Front Loading
bhg.com

Beberapa kelebihan dari mesin cuci front loading bisa kamu cek semuanya di bawah ini!

  • Desain yang Mewah 

Kelebihan pertama adalah mesin cuci front loading memang terkenal dengan desainnya yang lebih mewah dan kesannya yang mahal banget. Mesin cuci ini kebanyakan menggunakan warna netral seperti putih dengan sentuhan pintu yang transparan sehingga membuat penampilannya menjadi estetik ketika berada di dalam rumah.

  • Kinerja Otomatis 

Kelebihan kedua adalah mesin cuci ini memberikan kinerja yang otomatis untuk pengguna mulai dari pengisian air, proses pencucian, pembilasan, sampai dengan proses pemerasan pakaian dari air. Dengan begitu, kamu bisa lebih hemat tenaga untuk mencuci baju. Tugasmu hanya memindahkan dan memasukkan pakain saja.

  • Lebih Hemat Air 

Kelebihan ketiga dibandingkan dengan mesin cuci top loading adalah lebih hemat air. Mesin ini nggak membutuhkan air yang banyak karena bentuknya yang horizontal sehingga memungkinkan semua pakaian bisa terendam dengan mudah nantinya.

  • Lebih Minim Kerusakan pada Pakaian 

Kelebihan keempat adalah mesin cuci ini nggak merusak serat pakaian bahkan ketika digunakan untuk mencuci pakaian yang rentan sekalipun. Alasannya adalah putarannya lebih ringan dan memanfaatkan gerakan air sehingga nggak bakalan merusak baju.

  • Hasil Perasan dan Pengeringan Lebih Maksimal 

Kelebihan kelima adalah mesin cuci ini mampu memberikan hasil perasan dan tingkat kekeringan pakaian yang lebih maksimal sampai dengan 90 persen dibandingkan dengan tipe top loading. Dengan begitu, ketika dijemur sebentar pakaiannya bisa langsung kering cepat tanpa perlu menunggu terlalu lama.

Kekurangan Mesin Cuci Front Loading

Kekurangan Mesin Cuci Front Loading
toptenreviews.com

Adapun kekurangan mesin cuci front loading bisa kamu cek di bawah ini!

  • Harga Mahal

Kekurangan pertama adalah mesin cuci front loading ini memang dibandrol dengan harga yang lebih mahal dibandingkan dengan top loading. Bahkan untuk versi bekasnya saja juga sudah mahal sehingga kamu perlu mengeluarkan budget lebih banyak.

  • Suku Cadang Mahal 

Kekurangan keduanya adalah selain harganya mahal ketika mesin cuci ini mengalami masalah dan butuh penggantian suku cadang, harga suku cadangnya juga cenderung mahal. Dengan begitu, kamu butuh biaya lebih untuk pembaharuannya.

Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Membeli Mesin Cuci

Setelah mengetahui kekurangan dan kelebihan dari mesin cuci top loading dan front loading, baiknya sebelum membeli perhatikan hal berikut:

  • Pilihlah jenis mesin cuci yang sesuai dengan kebutuhan (jumlah keluarga, daya listrik yang dibutuhkan, biaya, dan tempat).
  • Pilih produk dari produsen yang terpercaya, ingat mesin cuci tidak hanya dipakai untuk setahun atau dua tahun saja. Akan tetapi bisa sampai waktu 10 tahun bahkan lebih. Maka dari itu, sebelum membeli pastikan produknya jelas, garansi mudah diklaim dan ada layanan after sales servicenya.
  • Pahami prinsip harga sebanding dengan kualitas. Jenis mesin cuci tipe apapun yang akan kalian beli pastikan harganya sebanding dengan fitur yang ditawarkan ya.
  • Pilih mesin cuci yang berlabel hemat energi.
  • Teliti sebelum membeli. Perhatikan hal detail seperti kondisi sparepart, mesin, dan lainnya.

Rekomendasi Mesin Cuci Top Loading

Tertarik untuk membeli mesin cuci top loading, namun bingung harus membeli yang mana? Jangan khawatir karena kamu bisa langsung cek semua rekomendasinya di bawah ini!

Top Load

WA70H4200SW Samsung

WA70H4200SW Samsung
blibli.com

Samsung WA70H4200SW adalah sebuah mesin cuci inovatif yang dirancang khusus untuk menjaga keawetan pakaian berbahan halus dan mencegah kerusakan selama proses pencucian. Dengan teknologi revolusioner bernama Wobble, mesin cuci ini mampu menghasilkan gerakan pencucian multi arah yang dinamis, memberikan perlindungan ekstra pada pakaian agar nggak menjadi kusut dan terbelit.

Salah satu fitur unggulan lainnya dari Samsung WA70H4200SW adalah sistem pengering Air Turbo Drying yang canggih. Ketika proses pengeringan dimulai, tabung mesin cuci berputar dengan kecepatan tinggi, menghasilkan gaya sentrifugal yang kuat untuk mengeluarkan air dengan lebih efisien dari pakaian. Mesin cuci ini memiliki kecepatan peras mencapai 700 RPM dan kapasitas mencuci sebesar 7 kg.

Selain itu, mesin cuci Samsung WA70H4200SW juga dilengkapi dengan teknologi Eco Tub Clean yang sangat berguna. Fitur ini memastikan kebersihan tabung mesin cuci tetap terjaga tanpa harus menggunakan bahan kimia tambahan yang berpotensi merusak lingkungan. Kamu nggak perlu khawatir tentang penumpukan kotoran atau timbunan bakteri di dalam mesin cuci kamu.

Samsung WA70H4200SW juga menawarkan beberapa fitur lain yang membuatnya menjadi pilihan yang cerdas untuk kebutuhan mencuci kamu. Layar LED Ice Blue yang terang memberikan tampilan yang jelas dan mudah dibaca untuk mengakses berbagai menu pencucian. Panel kontrol yang intuitif dan mudah digunakan bisa mengatur program pencucian sesuai dengan preferensi kamu.

AQW-77DH AQUA

AQW-77DH AQUA
blibli.com

Dalam hal spesifikasi, mesin cuci Aqua AQW-77DH memiliki kapasitas mencuci sebesar 7 kg. Dengan daya pencuci sebesar 380 Watt dan daya pengering sebesar 270 Watt, mesin cuci ini dapat memberikan performa yang handal. Dengan berat sekitar 33 kg dan dimensi 500x520x902 mm, mesin cuci ini dirancang untuk menjadi solusi yang efisien dan andal dalam mencuci pakaian kamu.

Mesin cuci Aqua seri AQW, seperti model AQW-77DH, menawarkan berbagai fitur yang menghadirkan kenyamanan dan kemudahan dalam mencuci pakaianmu. Dilengkapi dengan fitur Fuzzy Logic, mesin cuci ini dapat secara otomatis menyesuaikan jumlah air dan waktu pencucian sesuai dengan berat pakaian. Kamu dapat mengoperasikan mesin cuci Aqua ini hanya dengan satu sentuhan.

Kelebihan lain dari mesin cuci Aqua adalah kemampuannya untuk beroperasi pada tekanan air yang rendah. Meskipun tekanan air di rumah kamu rendah, mesin cuci Aqua tetap dapat berfungsi dengan baik, memberikan hasil pencucian yang optimal tanpa kendala. Ada juga fitur Dynamic Soak Function untuk merendam pakaian sebelum mencucinya, membantu menghilangkan noda atau kotoran yang menempel

Fitur Water Selector pada mesin cuci Aqua AQW-77DH memungkinkan kamu untuk memilih aliran air yang masuk ke tabung spin atau tabung wash. Kamu dapat dengan mudah mengatur penggunaan air sesuai kebutuhan dan preferensimu. Selain itu, mesin ini juga dilengkapi dengan garansi resmi motor selama 3 tahun dan garansi sparepart selama 1 tahun, memberikan kepastian dan perlindungan untuk produk ini.

T2107VSPCK LG

T2107VSPCK LG
blibli.com

Mesin cuci LG T2107VSPCK merupakan mesin cuci yang handal dan hemat energi. Kamu dapat menghemat energi dengan mesin cuci LG T2107VSPCK yang dilengkapi dengan teknologi Smart Inverter Control. Teknologi ini memastikan penggunaan listrik yang efektif dengan menghilangkan operasi yang nggak perlu. Dengan demikian, kamu dapat menghemat energi saat menggunakan mesin cuci ini.

Salah satu fitur yang ditawarkan oleh LG T2107VSPCK adalah Smart Motion. Fitur ini menggunakan tiga jenis gerakan yang dikontrol oleh Smart Inverter untuk mencapai hasil pencucian yang optimal sesuai dengan jenis bahan pakaian. Kamu akan merasakan kombinasi pencucian yang lebih baik, yang pada gilirannya menghasilkan pakaian yang lebih bersih dan terawat dengan baik.

TurboDrum adalah fitur lain yang dimiliki oleh mesin cuci ini. Fitur ini memberikan performa mencuci yang kuat dan mampu membersihkan kotoran yang bandel. Dengan semprotan air yang deras pada drum yang berputar dan pulsator yang bergerak dengan arah berlawanan, TurboDrum mampu mengatasi noda dan kotoran yang sulit dihilangkan.

Selain itu, terdapat fitur Punch+3 yang merupakan fitur yang menggunakan semprotan air kuat untuk mengaduk cucian naik-turun secara berulang-ulang, sehingga hasil pencucian menjadi lebih rata dan meratakan noda pada pakaian. Ada juga fitur Side Waterfall yang mengalirkan air dari samping, memastikan deterjen tercampur dengan baik sambil mengurangi sisa deterjen yang jadi penyebab iritasi.

Front Load

EWF8004E3WB Electrolux

EWF8004E3WB Electrolux
blibli.com

Peralatan elektronik yang satu ini dari Electrolux. Mesin ini punya kapasitas 8 kg merupakan solusi praktis untuk mencuci pakaian dalam jumlah besar. Salah satu fitur unggulannya adalah sistem UltraEco yang menghasilkan efisiensi energi hingga 70% lebih tinggi daripada model standar. Dengan konsumsi daya sebesar 350 watt, mesin cuci ini memberikan performa yang handal tanpa khawatir daya listrik berlebihan.

Dalam hal keamanan, mesin cuci ini dilengkapi dengan fitur child lock yang melindungi pengaturan dan program mesin cuci dari intervensi yang nggak diinginkan oleh anak-anak. Mesin cuci ini juga menawarkan berbagai program pencucian yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan kamu, dengan total 12 program yang tersedia. Pengoperasian mesin cuci ini sangat mudah dengan kontrol sentuh dan kenop yang intuitif.

Dari segi spesifikasi, mesin cuci ini memiliki kecepatan putar maksimum 1000 rpm untuk menghasilkan pencucian yang lebih efisien dan mengurangi waktu pengeringan. Dimensi produk sekitar 57,5 x 60 x 85 cm, memungkinkan kamu menempatkannya dengan mudah di laundry room kamu. Mesin cuci ini dilengkapi dengan fitur Quick 15 Cycle yang memungkinkan kamu mencuci pakaian dalam waktu singkat.

Pembukaan pintu ekstra besar pada mesin cuci ini membuat proses memuat dan mengeluarkan cucian menjadi lebih mudah dan praktis. Kamu dapat dengan mudah memasukkan dan mengeluarkan cucian berukuran besar seperti selimut atau pakaian keluarga dengan nyaman. Ada juga fitur add clothes untuk menambahkan pakaian hingga 15 menit setelah siklus pencucian dimulai.

FM1007N3W LG

FM1007N3W LG
blibli.com

LG FM1007N3W mencakup kapasitas mencuci sebesar 7 kg, dengan warna finishing putih yang elegan. Dimensi mesin cuci ini sekitar 850 x 600 x 440 mm, sehingga pas untuk ruang yang sedang. Kecepatan putar mencapai 1000 rpm, yang memastikan pakaian kamu lebih kering dengan lebih cepat.

Mesin Cuci LG FM1007N3W menawarkan berbagai fitur yang menghadirkan pencucian optimal dan performa yang handal. Dibekali dengan Inverter Direct Drive Motor, mesin cuci ini menawarkan kekuatan dan keandalan motor yang tak tertandingi. Kamu nggak perlu khawatir tentang tingkat kebisingan, karena motor penggerak langsung ini dirancang untuk beroperasi dengan tenang.

LG memberikan kepercayaan kepada konsumen dengan memberikan garansi selama 10 tahun untuk motor penggerak dan suku cadangnya sebagai bagian dari standar layanan penjualan mereka. Teknologi 6 Motion Direct Drive pada mesin cuci ini memberikan pencucian yang optimal untuk berbagai jenis kain. Dengan memilih program fast, mesin cuci akan menggerakkan tabung cuci ke beberapa arah.

Ada lagi fitur Smart Diagnosis atau fitur yang berguna untuk mengatasi masalah perangkat kamu tanpa harus menghubungi pusat servis. Dengan menggunakan fitur ini, kamu dapat mendiagnosis dan memperbaiki masalah yang mungkin terjadi pada mesin cuci dengan mudah. Kemudian, fitur 6 motions for Better performance untuk hasil pencucian yang lebih baik.


Baca juga: Tips Memilih Mesin Cuci Awet dan Berkualitas

Setelah mengetahui tips diatas, semoga dapat memberikan pencerahan untuk kamu yang ingin membeli mesin cuci ya. Semoga bermanfaat. Dan jangan lupa membeli mesin cuci dengan harga bersaing dan banyak diskonnya hanya di Blibli.