me

8 Tips Memilih Meja Kerja yang Nyaman Supaya Lebih Produktif

Jan 20, 2024.By Blibli Friends
Bagikan

freepik.com
Simak 8 tips memilih meja kerja yang nyaman ini dulu sebelum beli!

Kenapa sih memilih meja kerja yang nyaman itu penting? Meja kerja yang ergonomis mampu meningkatkan produktivitas, postur tubuh lebih baik, mengurangi biaya kesehatan, dan mengurangi mata lelah. Jadi sebelum memilih meja kerja baik untuk di kantor maupun di rumah, simak dulu yuk 8 tips memilih meja kerja yang nyaman di bawah ini!

Baca juga :


Pilih Ukuran yang Tepat

freepik.com

Hal pertama yang penting jelas adalah ukuran meja. Sebelumnya, kita juga harus mengukur ruang yang tersedia untuk meletakkan meja tersebut. Di ruangan yang nggak terlalu luas, pastikan nggak memilih meja terlalu besar. Yang pasti, meja harus cukup lebar supaya bekerja lebih nyaman. 

Pertimbangkan apa saja yang akan diletakkan di atas meja. Kalau nggak terlalu banyak, meja kecil masih aman. Sementara untuk meja yang akan diletakkan banyak perlengkapan kantor, pilih yang cukup luas supaya kerja jadi lebih nyaman. 

Pertimbangkan Bentuk Meja

freepik.com

 Selain ukuran, bentuk meja juga penting, lho. Ada yang hanya butuh meja lurus karena ruang yang mereka butuhkan juga nggak terlalu banyak. Sementara kalau yang di mejanya ada banyak peralatan, misalnya ada layar komputer besar, laptop, printer, dan lain sebagainya, mungkin bakal lebih cocok meja bentuk L yang ruangnya lebih banyak dan bisa diletakkan di sudut ruang. 

Kalau Blibli Friends butuh meja kerja yang simpel untuk kerja di rumah, yuk cari di Zyo Official Store yang hadir dengan desain variatif. Salah satunya ada Zyo Emma Working Desk dengan warna Oak & White. Dimensinya 120 x 59 x 90 cm. 

Pertimbangkan Tinggi Meja

freepik.com/dcstudio

Tinggi meja itu penting banget, lho, terutama untuk pekerjaan yang mengharuskan Blibli Friends duduk sepanjang hari. Tinggi meja yang tepat itu sebenarnya tergantung dari tinggi badan kita, tapi biasanya tinggi meja yang dianggap pas dengan postur tubuh orang Indonesia adalah 70 – 75 cm. Pastikan meja tetap aman digunakan waktu kamu duduk dan mengetik. 

Kalau ingin mengukur tinggi meja kerja yang ideal, kamu bisa coba cara di bawah ini:

  • Sesuaikan kursi kantor hingga ketinggiannya membuat lutut kamu menekuk 90 derajat dengan posisi telapak kaki rata di lantai.
  • Sesuaikan ketinggian sandaran tangan di kursi supaya lenganmu menggantung secara alami dengan siku ditekuk 90 derajat sambil bertumpu di lengan tersebut.
  • Terakhir, ukur tinggi dari lantai hingga ke tanganmu saat berada dalam posisi 90 derajat. Ukuran ini adalah ketinggian meja yang seharusnya paling ideal dalam posisi duduk. 

Perhatikan Kualitas Meja

freepik.com/dcstudio

Sama seperti membeli furnitur lainnya, kita perlu memperhatikan kualitasnya. Tentu kita ingin membeli meja kerja yang terbuat dari material tahan lama dan bisa digunakan dengan baik hingga beberapa tahun ke depan. Jadi tanyakan apa material meja tersebut, pertimbangkan apakah lebih kuat dibandingkan material pilihan meja lainnya. Semakin baik kualitasnya, biasanya semakin tahan lama.

Salah satu pilihan meja kerja berkualitas lainnya adalah Zyo Roger Working Desk yang simpel banget dan cocok untuk kerja di rumah. Bahannya terbuat dari Particle Board dan MDF, sementara kaki-kakinya terbuat dari metal. Dimensinya 139 x 39.5 x 43.5 cm, meja ini oke banget untuk kerja remote yang simpel.

Cek Ada Fitur Apa Saja

thegadgetflow.com

Saat memilih meja, jarang sekali fitur meja muncul di kepala kita, padahal kelengkapan fitur di meja kerja itu penting banget, lho. Misalnya meja kerja yang dilengkapi dengan akses ke port kabel jelas lebih memudahkan kita dalam mengatur banyaknya kabel yang bakal kita gunakan saat bekerja. Meja jadi jauh lebih rapi dan mudah dibersihkan dibandingkan meja tanpa fitur ini. 

Fitur semacam ini terlihat simpel, tapi penting banget diperhatikan, terutama kalau meja akan digunakan dalam waktu lama. Ini dia beberapa fitur meja yang penting untuk diperhatikan:

  • Akses ke port kabel
  • Bagian atas meja yang bisa dilipat
  • Kaki meja yang bisa disesuaikan
  • dan lain-lain.

Cek Ruang Penyimpanan

businessinsider.in

Meja kerja juga butuh ruang penyimpanan. Entah itu untuk dokumen, alat tulis, SSD eksternal, dan masih banyak lagi. Tergantung jenis pekerjaannya, ada yang membutuhkan ruang penyimpanan besar dan ada juga yang hanya butuh sedikit saja. Jadi sesuaikan dulu dengan kebutuhan masing-masing sebelum membeli. 

Meja kerja jaman sekarang ada yang dibuat simpel tanpa ruang penyimpanan, cocok untuk pekerjaan yang nggak butuh banyak dokumen dan alat-alat lain saat bekerja. Sementara untuk yang butuh banyak ruang penyimpanan, ada meja kerja yang dilengkapi dengan beberapa laci dan kabinet, lengkap dengan pintu dan kunci. Tinggal pilih saja mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Blibli Friends. 

Pertimbangkan Kepraktisan Meja

freepik.com/arthurhidden

Selain beberapa faktor di atas, satu hal lagi yang perlu diperhatikan adalah kepraktisan meja. Misalnya kamu memilih meja kaca untuk meja kerja. Tampilannya memang keren dan rapi, tapi meja kaca gampang banget menarik debu dan bakal lebih mudah terlihat. Selain itu, kalau terkena tangan kita dan noda lainnya, gampang terlihat kotor. Meja kaca perlu perawatan yang lebih sering, jadi kurang praktis.

Satu lagi meja kerja yang terlihat keren adalah yang warnanya hitam. Satu ruangan bakal keren banget dengan meja hitam yang modern. Masalahnya, meja warna hitam sama juga dengan meja kaca, gampang banget menarik debu. Begitu ada debu sedikit, langsung terlihat kotor. Bisa disimpulkan, meja kerja kayu yang warnanya lebih terang bakal terlihat lebih bersih dibandingkan meja kaca dan hitam.

Pilih Warna yang Sesuai dengan Interior

freepik.com

Hal terakhir yang nggak kalah penting dipertimbangkan saat memilih meja kerja adalah warna meja. Kalau kepingin punya meja yang sesuai dengan suasana interior di ruangan tersebut, kalau bisa pilih meja yang warnanya senada. Misalnya semua interior di ruangan sudah berwarna putih, supaya makin keren, meja kerjanya juga harus putih. 

Meski begitu, memilih meja kerja yang warna-warni juga bisa menambah twist di ruangan, lho. Meja penuh warna ini misalnya cocok di perusahaan desain yang nggak mengharuskan ruangan kantor terlalu formal. Sekarang pilihannya makin beragam, jadi pilihlah warna yang paling sesuai dengan interior ruanganmu. 


Baca juga :

Nah, itu dia tips memilih meja kerja yang nyaman untuk meningkatkan produktivitasmu. Sudah bisa memilih meja yang tepat, yuk temukan meja kerja yang terbaik untukmu di Home & Living yang ada di Blibli. Pilihan meja kerjanya berkualitas dan beragam, beli sekarang dan dapatkan voucher gratis ongkir dan promo lainnya seperti cashback dan potongan harga spesial dari Blibli! 

Tag:

Artikel Kategori Terkait

Artikel Tag Terkait

Artikel Penulis Terkait

Lihat Artikel Lainnya