Tips Memilih Makanan yang Tepat Untuk Kucing

Tips Memilih Makanan yang Tepat Untuk Kucing ー Siapa, sih, yang nggak gemas melihat kucing yang jinak dengan tubuh gemuk serta bulu-bulu halus dan harum? Tentunya banyak, kan? Nah, salah satu usaha yang bisa Blibli Friends lakukan dalam perawatan kucing dengan baik adalah mengetahui tips memilih makanan yang tepat untuk kucing. Tujuannya nggak lain supaya makanan yang diberikan benar-benar apa yang dibutuhkan oleh hewan tersebut.  

Tentunya, apa yang dibutuhkan oleh kucing nggak bisa disamakan dengan apa yang dibutuhkan manusia. Ada asupan asupan yang sebenarnya paling diperlukan oleh kucing. So, langsung saja, ya. Berikut adalah tips memilih memilih makanan untuk kucing.  

BACA JUGA: Daftar Kesalahan dalam Memelihara Kucing yang Harus Dihindari

___________________

1. Pastikan Makanan Minim Bahan Pengawet 

Memang setiap makanan yang bisa disimpan dalam waktu lama akan busuk dengan sendirinya. Oleh karena itu, nggak sedikit para produsen makanan kucing menambahkan pengawet pada produknya tersebut. Sayangnya, nggak semua jenis kucing yang tahan terhadap makanan-makanan berpengawet tersebut. Ada yang biasa saja, ada pula yang langsung sakit setelah memakannya. 

Bagi kamu yang berbelanja makanan kucing, mungkin ada baiknya sedikit membaca daftar komposisi makanan pembuatnya. Walaupun nggak semua, akan tetapi ada banyak makanan untuk kucing yang menggunakan BHA dan BHT. Kedua jenis ini merupakan pengawet makanan yang seharusnya nggak berada di dalam makanan kucing.  

2. Pilih yang Mengandung Vitamin C dan Vitamin E 

Mirip seperti manusia, kucing juga membutuhkan vitamin dalam asupannya. Vitamin memang menjadi zat dalam bahan pangan yang sangat baik untuk kesehatan makhluk hidup dan membuat organ dalam tubuh bekerja menjadi lebih baik.  

Tips memilih makanan kucing yang selanjutnya adalah untuk memilih makanan kucing yang kaya akan vitamin C dan vitamin E. Dua vitamin ini dinilai sangat baik untuk kucing, apalagi untuk kesehatan kulit dan bulunya. 

3. Kenali Aneka Makanan Kucing yang Rendah Karbohidrat 

Sebagai pemilik kucing tentu akan sangat senang apabila hewan peliharaan tersebut makan dengan lahap apapun yang diberikan. Namun justru hal tersebut keliru karena ada jenis-jenis makanan yang akan memunculkan lemak berlebih dalam tubuh kucing. Apabila manusia membutuhkan karbohidrat untuk dapat diubah menjadi energi, maka kucing justru lebih membutuhkan protein untuk hal tersebut.  

Kebanyakan makanan kucing yang beredar di pasaran sekarang ini, terutama makanan kering atau dry food justru tinggi karbohidrat. Karena yang dibutuhkannya sebagai energi adalah protein dan lemak, sebaiknya kamu memilih makanan kucing yang rendah karbohidrat.

4. Menyesuaikan Dengan Usia dan Jenis Kucing 

Tips selanjutnya adalah untuk memastikan makanan yang diberikan sesuai dengan usia dan jenisnya. Penjelasannya sederhana saja, kucing yang masih bayi diberikan makanan anak kucing, kucing yang sudah dewasa diberikan makanan sesuai usianya, begitu juga dengan makanan kucing senior untuk kucing yang sudah tua. 

Terkadang ada jenis kucing tertentu yang membutuhkan makanan yang khusus. Seperti misalnya kucing persia yang kamu adopsi. Jika sebelumnya kucing itu telah makan dengan makanan A, maka sebaiknya terus berikan makanan yang sama.  

___________________

BACA JUGA: 10 Peralatan Penting untuk Merawat Kucing  

Nggak apa-apa jika sesekali kamu meluangkan sedikit waktu untuk menemukan merek atau jenis makanan yang paling dibutuhkan oleh kucing sendiri. Sebab setelahnya kamu sudah bisa memilih langsung mana yang harus dibeli. Memberikan makanan yang tepat bisa menghindarkan kucing dari kekurangan nutrisi atau malnutrisi. Ayo,lengkapi kebutuhan gizi kucing dengan beli makanan bernutrisi di Blibli.

DAPATKAN MAKANAN TERBAIK UNTUK KUCINGMU DI SINI

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves makeup too! My routines are reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment. Before that, I have another habit such as jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning. I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY