Tips Memilih Mainan untuk Rangsang Perkembangan Anak

Mainan dan anak adalah dua hal yang tak terpisahkan. Bermain memang merupakan kebutuhan anak. Inilah cara ia belajar, melatih motorik halus dan kasarnya, koordinasi, bahkan mengontrol emosi.

Memang ada begitu banyak manfaat bermain yang akan dirasakan anak, sekaligus membantu perkembangannya. Yuk, coba bantu rangsang perkembangannya secara optimal dengan mainan yang tepat. Begini caranya.

1.Pilih mainan sesuai umur

Photo by Pixabay

Jangan sepelekan hal yang satu ini. Biasanya, produsen mainan menyertakan keterangan usia yang cocok untuk mainan tersebut pada kemasannya. Ada baiknya hal ini dipatuhi. Pasalnya, mainan anak biasanya memang sudah dirancang  sesuai dengan perkembangan dan kemampuannya.

2.Perhatikan keamanan bagi anak

Photo by Pixabay

Pilih mainan yang aman bagi anak. Jangan sampai mainan anak tersebut mengancam keselamatan si kecil, lho. Cek mainan sebelum memberikannya kepada anak. Pilih mainan yang tak mudah rusak dan terbuat dari material yang aman. Sehingga si kecil akan bebas bereksplorasi dengan mainan tersebut.

3. Andalkan mainan berwarna kontras

Photo by Pexels

Perkembangan si kecil bisa berkembang lewat bantuan warna. Ya, warna cerah dan kontras mampu menstimulasi indera penglihatan dan juga membantu daya ingat agar sang anak mulai mengetahui dan mengerti ragam warna yang ada.

CEK MAINAN KESENIAN DENGAN WARNA YANG MEMIKAT INI

4. Berikan mainan yang mengasah kreativitas   

Photo by Stocksnap

Pilihlah mainan yang dapat merangsang dan melatih kreativitasnya. Anak usia 5 tahun ke atas biasanya sudah memiliki kemampuan motorik halus yang baik. Dengan begitu, mainan kreativitas seperti art and craft seperti meronce, menyulam, atau puzzle, justru bisa menantang kemampuannya.

Anak akan terdorong untuk berpikir dengan logika, melatih kesabaran, dan memecahkan masalah. Jika dilatih sejak kecil tentu akan memberi manfaat signifikan untuk tumbuh kembangnya.

Koleksi Mainan Avenir
Koleksi Mainan Avenir

Kehadiran mainan edukasi buat si kecil akan menjadikan proses belajar lebih menyenangkan. Blibli.com menghadirkan mainan edukasi seru dan menarik untuk si kecil. Koleksi mainan dari Avenir memberikan pilihan aktivitas yang mengasah kreativitas, seperti scratch art, cross stitch, mosaic pictures, dan sewing. Anak pun dapat belajar dengan cara yang menyenangkan!

Ruth

Happy mommy of twin, living in Jakarta and working for a digital media company. That's why I like to do some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at a cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY