me

Tips Memilih Magic Com yang Sehat dan Tanda Harus Ganti 

Jun 16, 2021.By Blibli Friends
Bagikan

pexels.com

Tips Memilih Magic com – Blibli Friends pasti udah nggak asing dengan istilah magic com, bukan? Banyak orang yang masih menyamakan magic com dengan rice cooker atau magic jar, padahal dari segi fungsi cukup berbeda. Kalau magic jar dan rice cooker biasanya hanya bisa memasak nasi, magic com punya berbagai kemampuan lain misalnya untuk mengukus, menggoreng, sampai dengan membuat kue.

Saat ini ada banyak banget jenis magic com yang beredar di pasaran. Yuk, simak tips memilih berikut ini untuk mengetahui tanda magic com yang berkualitas.

Baca juga: 3 Tips Bikin Rumah jadi Smart Home Idaman Mama & Papa Muda


Tips Memilih Magic com yang Sehat

larantukagypsum.com

Kalau Blibli Friends sedang ingin membeli magic com, coba deh simak beberapa tips ini supaya bisa mendapatkan produk terbaik.

1. Pastikan sudah SNI

Hal ini sangat penting untuk diperhatikan kalau kamu ingin mendapatkan magic com yag sehat. SNI atau Standar Nasional Indonesia merupakan standar yang diterapkan untuk berbagai jenis produk, termasuk produk elektronik. Fungsinya adalah memastikan bahwa produk tersebut aman digunakan dan nggak berbahaya untuk kesehatan. Jangan tergiur membeli produk impor super murah lebih baik cari produk yang sudah jelas standar dan perizinannya.

2. Cek kredibilitas merek

Magic com di Indonesia biasanya diproduksi oleh merek-merek yang memang ahli di bidang perabotan rumah tangga elektronik atau alat masak. Kamu sebaiknya membeli magic com dari merek-merek semacam ini, karena mereka sudah memiliki inovasi dan teknologi yang terjamin untuk produk sejenis. Kalaupun ingin mencoba merek berbeda, cobalah mengecek terlebih dahulu seperti apa pengalaman konsumen yang sudah membelinya.

3. Perhatikan fiturnya

Hal yang juga nggak kalah penting untuk diperhatikan adalah fitur dari magic com yang ingin kamu beli. Pahami dengan baik fitur apa saja yang kamu butuhkan selain untuk memasak nasi. Kalau kamu butuh magic com yang juga berfungsi sebagai penghangat dan penyimpanan makanan, pastikan ada fitur atau teknologi untuk menjaga kandungan nutrisi di dalam makanan. Sebab normalnya, makanan yang terus dipanaskan dalam suhu cukup tinggi akan kehilangan kandungan nutrisinya.

4. Pertimbangkan kemudahan perawatan

Pernah nggak sih, kamu punya magic com tapi susah banget dibersihkan dan akhirnya berbau tak sedap? Hal ini tentu bikin makanan jadi nggak steril dan kurang nikmat disantap. Makanya, pastikan magic com incaranmu bisa mudah dibersihkan. Bagian-bagian yang terkena panas dan uap, serta berkontak langsung dengan makanan seharusnya bisa dengan mudah dilepas agar pembersihkan dapat dilakukan dengan maksimal.

5. Cek daya listrik

Besaran daya listrik magic com memang nggak terlalu besar, sekita 300 hingga 500 watt saja. Tapi tentunya kamu akan lebih untung dan hemat kalau memakai magic com dengan watt yang lebih kecil. Memang nggak berpengaruh secara langsung pada kesehatan sih ya, tapi tentu baik untuk dompetmu.

6. Periksa lapisan panci magic com

Magic com memiliki panci atau baskom yang terbuat dari bahan stainless steel dengan pelapis anti lengket. Sayangnya, nggak semua kualitas bahan pelapis ini baik dan aman untuk kesehatan. Banyak panci magic com yang nyatanya langsung mengelupas setelah beberapa kali pemakaian. Nah, kelupasan dari bahan semacam ini tentu sangat berbahaya jika tertelan.

7. Tanya pengalaman orang terdekat

Kalau sekedar mengandalkan iklan dari produsen, tentu semua hal baik yang diungkap kepada calon pembeli. Tapi coba deh, kamu tanya ke para pengguna magic com yang sudah memakainya selama beberapa bulan. BAgaimana kualitas nasi yang dihasilkan? Apakah mudah berwarna kuning dan berbau? Hal ini tentu sangat berpengaruh terhadap kesehatan orang yang mengonsumsinya.

8. Cari ulasan di e-commerce

Cara mudah lain untuk mengetahui apakah magic com yang ingin kamu beli berkualitas atau tidak, bisa dengan mengecek ulasan di toko-toko online e-commerce. Kalau banyak ulasan positif, berarti produk tersebut juga layak kamu beli.

9. Beli di tempat terpercaya

Meski kamu sudah mengincar merek magic com terbaik, tapi bisa jadi kamu mendapatkan produk palsu. Makanya pastikan kamu beli magic com di toko yang terpercaya dan sudah pasti menjual produk asli.

Tanda Magic Com Tidak Berfungsi dengan Baik

averagejoecooking.com

Ada juga nih, kejadian di mana magic com normal di bulan-bulan awal pemakaian, kemudian bermasalah. Cek dulu yuk, berbagai tanda dari magic com yang tidak berfungsi dengan baik.

1. Nasi berubah warna dalam waktu singkat

Biasanya, nasi di dalam magic com masih berada dalam kondisi baik selama 2-3 hari setelah dimasak. Tapi kalau baru sehari atau bahkan beberapa jam setelah dimasak nasi sudah berubah warna jadi kekuningan, tandanya ada kerusakan pada magic com.

2. Nasi benyek dan berbau

Tanda lain dari adanya kerusakan pada magic com adalah nasi yang mudah benyek dan berbau tidak sedap padahal baru saja dimasak. Dalam hal ini, kemungkin kerusakan ada pada sistem pamanas, sehingga nasi kemudian jadi berbau. Nasi semacam ini tentu berbahaya saat dikonsumsi karena bisa menyebabkan diare.

3. Muncul bau gosong saat memasak nasi

Proses masak nasi menggunakan magic com seharusnya tidak menimbulkan aroma apapun selain aroma nasi yang baru matang. Jadi kalau kamu mencium ada bau gosong yang tidak wajar, mungkin terjadi korsleting pada salah satu bagian magic com.

4. Magic com terus mengeluarkan air

Beberapa jenis magic com akan mengeluarkan air selama proses memasak. Air tersebut berasal dari uap yang terperangkap dan tidak bisa menguar di udara. Namun jika magic com terus mengeluarkan air bahkan di saat proses masak sudah selesai, berarti ada komponen yang mulai rusak.

5. Nasi tidak bisa matang dengan sempurna

Tanda lain yang patut diwaspadai adalah saat magic com tidak bisa memasak nasi dengan sempurna sampai matang penuh. Kalau kamu masih menemukan ada butiran beras yang keras, padahal sudah dimasak sesuai waktu yang ditentukan, bisa jadi ada komponen yang perlu diperbaiki atau diganti.

Penting juga untuk terus menjaga kondisi magic com agar lebih awet. Salah satunya dengan rutin membersihkan sela-sela magic com supaya tidak banyak sisa nasi kering yang menempel. Pastikan juga kamu selalu mematikan atau mencabut kabel dari stop kontak ketika sedang tidak ada nasi dan makanan lain yang dihangatkan. Hindari juga membersihkan panci magic com dengan benda tajam yang bisa membuat lapisannya terkelupas.


Baca juga: 3 Tips Ngerawat Vacuum Cleaner Kesayangan

Masih belum juga mendapatkan magic com idaman? Kamu bisa buka laman Blibli untuk mengecek dan membandingkan beberapa jenis magic com dengan kualitas serta harga terbaik. Ada banyak juga promo yang bisa kamu manfaatkan jadi momen belanja lebih hemat dan menyenangkan. Yuk, temukan magic com terbaik yang bisa menyuguhkan makanan enak dan sehat setiap hari!

Temukan Magic Com Berkualitas untuk Keluarga Hanya di Sini!

Tag:

Artikel Kategori Terkait

Artikel Tag Terkait

Artikel Penulis Terkait

Lihat Artikel Lainnya