me

15 Tips Memilih Laptop yang Sesuai dengan Kebutuhan

Nov 17, 2021.By Blibli Friends
Bagikan

Photo via pexels.com

Tips Memilih Laptop – Di era ini, laptop bukan lagi merupakan barang mewah. Bahkan anak di level sekolah dasar pun sudah membutuhkan laptop untuk belajar dan menyelesaikan pekerjaan rumah. Kalau dulu harga laptop sangat mahal, sekarang kamu bisa mendapatkannya mulai dari harga di bawah Rp5 jutaan. Tentu cukup terjangkau untuk ukuran barang elektronik yang sangat bermanfaat.

Kalau kamu ingin beli laptop baru, yuk simak dulu beberapa tips memilih laptop terbaik dan sesuai kebutuhan berikut ini.


Baca juga:10 Rekomendasi Laptop yang Bisa Dilipat dan Touchscreen Terbaik Saat Ini

Tips Memilih Laptop 

Ada beberapa hal penting yang perlu kamu tahu sebelum membeli laptop. Simak informasi berikut ini supaya nggak salah dan bisa mendapatkan laptop terbaik sesuai keinginan.

  1. Ketahui dengan baik apa yang kamu butuhkan

Setiap laptop punya fitur berbeda-beda yang bisa jadi kurang optimal saat digunakan melakukan pekerjaan yang memang bukan spesialisasinya. Misalnya kamu butuh laptop untuk mendesain dan mengedit file berat seperti foto atau video, berarti butuh laptop dengan memori yang cukup besar dan juga prosesor kencang. Beda lagi kalau kamu hobi main game, berarti butuh laptop dengan kualitas audio visual yang cukup baik. 

2. Kenali berbagai merek laptop

Hal yang juga nggak kalau penting, kamu perlu memahami berbagai merek laptop dan membandingkan kelebihan kekurangannya satu sama lain. Jangan membeli laptop hanya karena merek itu lagi terkenal atau populer. Belilah laptop dari merek yang terpercaya dan juga memiliki spesifikasi yang memang kamu butuhkan.

3. Cek garansi

Saat membeli barang eletronik seperti laptop, penting banget mengecek masa garansinya. Makin lama masa garansi, tentu lebih menguntungkan. Beberapa jenis laptop hanya memberikan garansi selama 1 tahun. Sedangkan ada merek lain yang memberikan garansi hingga 2 atau 3 tahun. Cek juga seberapa jauh garansi tersebut bisa mengganti kerusakan laptop. Apakah hanya mengganti suku cadang atau sampai mengganti laptop dengan yang baru jika terjadi kerusakan parah.

4. Pastikan kemudahan servis

Yang namanya laptop, sebagus apapun kualitasnya, pasti ada masanya barang mengalami kerusakan. Saat rusak, biasanya kamu membutuhkan bantuan untuk perbaikan atau servis. Nah, saat beli laptop pastikan kamu mengecek juga apakah merek itu memiliki service center di kotamu. Sebab kalau nggak ada, kamu jadi terpaksa mengirimkan laptop ke kota lain yang memiliki service center.

5. Pertimbangkan harga jual kembali

Ada beberapa jenis laptop yang kalau dijual kembali harganya bakal anjlok. Sebaliknya, ada juga laptop yang harganya cukup stabil ketika dijual lagi. Kamu peru mempertimbangkan hal ini karena nggak pernah tahu apakah di kemudian hari ternyata kamu merasa kurang cocok dengan laptop tersebut atau ingin upgrade ke model lain.

6. Pertimbangkan fitur tambahan laptop

Setiap laptop memiliki fitur utama yang nggak jauh berbeda satu sama lain. Tapi biasanya ada beberapa fitur tambahan cukup unik di jenis laptop tertentu. Kamu boleh banget nih, mempertimbangkan untuk membeli laptop semacam ini. Apalagi kalau fitur itu memang kamu butuhkan untuk aktivitas sehari-hari.

7. Sesuaikan harga dengan budget

Photo via freepik.com

Ini juga penting banget! Kamu pasti ingin laptop yang super canggih dengan spesifikasi mumpuni. Tapi bisa jadi harganya memang sangat mahal bahkan di atas budget yang kamu miliki. Kalau seperti ini, sebaiknya jangan memaksakan untuk menghabiskan tabungan hanya untuk membeli laptop. Belilah laptop yang sesuai dengan kemampuan finansialmu, cari spesifikasi terbaik dengan rentang harga yang logis.

8. Pertimbangkan ukuran dan bobot laptop

Kalau kamu hanya bekerja di rumah saja, tentu nggak masalah membeli laptop dengan ukuran besar dan bobot yang cukup berat. Tapi kalau kamu sering membawa laptop keluar rumah, berarti ukuran dan bobot laptop perlu kamu pertimbangkan. Saat ini sudah banyak laptop super tipis dan ringan yang disebut dengan Ultrabook. Harganya memang lebih mahal, tapi jelas lebih fleksibel saat dibawa bepergian.

9. Pertimbangkan desain laptop

Photo via freepik.com

Saat ini sudah banyak sekali desain laptop yang menarik, dengan warna-warna nggak biasa. Kalau laptop dulu cuma didominasi warna hitam atau silver, sekarang kamu bisa dengan mudah menemukan laptop warna pink, hijau, bahkan emas. Desain dan warna laptop memang bukan hal terpenting, tapi kamu tetap perlu mempertimbangkan hal ini kalau kamu termasuk tipe orang yang suka dengan barang-barang lucu.

10. Coba keyboard laptop

Kalau kamu beli langsung ke toko laptop, ada kesempatan untuk menjajal langsung keyboardnya. Terlebih lagi kalau kamu banyak menulis, tentu membutuhkan keyboard yang nyaman digunakan dan nggak membuat jari mudah lelah. Tapi kalau kamu memutuskan membeli online, coba deh mencoba laptop orang-orang di sekitarmu. Kamu bisa mencoba berbagai merek dan tipe laptop berbeda, rasakan apa perbedaan keyboard-nya dan temukan yang paling nyaman.

11. Cari yang baterainya tahan lama

Daya tahan baterai jadi salah satu hal penting saat membeli laptop. Banyak orang yang lebih nyaman bekerja dengan kondisi laptop tidak tertancap pada charger. Sebab saat laptop sedang mengisi daya, seringkali menjadi lebih panas dan mudah nge-hang. Kamu bisa mencoba mencari tahu jenis atau merek apa yang punya baterai dengan daya tahan lama.

12. Cari review laptop di YouTube

Photo via freepik.com

Kalau kamu termasuk orang yang tertarik dengan gadget, tentu cukup mudah menentukan jenis laptop apa yang paling cocok dengan kebutuhanmu. Tapi kalau kamu tipe orang yang cukup gaptek, ada baiknya mencari review dari para YouTuber. Banyak YouTuber yang sering mengupas tuntas laptop-laptop terbaru di pasaran. Dengan cara ini, kamu bisa memanfaatkan pendapat mereka yang lebih ahli untuk memilih laptop terbaik.

13. Pertimbangkan ukuran layar

Nah, laptop juga punya ukuran layar beragam. Kalau kamu tipe orang yang mudah lelah saat melihat laptop dengan layar kecil, sebaiknya cari produk yang memiliki ukuran layar besar. Apalagi kalau kamu hobi main game atau nonton drama Korea, laptop dengan pilihan besar jelas lebih cocok dipilih.

14. Beli di toko yang terpercaya

Kamu harus membeli laptop di toko yang terpercaya supaya mendapatkan produk terbaik dengan harga terjangkau pula. Jangan mudah tergoda dengan harga laptop yang terlalu rendah, sebab bisa jadi itu barang palsu atau penipuan. Terlebih lagi kalau kamu memutuskan untuk membeli laptop secara online, sebaiknya cari toko yang terpercaya.

15. Kemampuan transfer data dan konektivitas

Last but not least, kemampuan transfer data dan juga konektivitas laptop juga perlu kamu pertimbangkan. Nggak mau kan, kalau nantinya laptopmu nggak bisa dipakai kirim data dan susah terkoneksi dengan WiFi?


Baca juga: Tips Memilih Mouse Gaming Berkualitas Bersama Blibli Sahabat Main

Nah, kini sudah lengkap bekalmu untuk mendapatkan laptop terbaik sesuai kebutuhan. Kamu bisa buka laman Blibli untuk mendapatkan laptop terbaik dengan harga super terjangkau!

Dapatkan Laptop Terbaik dan Berkualitas Hanya di Sini!

Tag:

Artikel Kategori Terkait

Artikel Tag Terkait

Artikel Penulis Terkait

Lihat Artikel Lainnya