me

Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Sesuai dengan Passion

Nov 17, 2022.By Blibli Friends
Bagikan

pexels.com

Tips Memilih Jurusan Kuliah – Masa kuliah dianggap sebagai momen yang cukup menentukan dalam kehidupan seseorang. Nggak heran, sebab ijazah perguruan tinggi sangat dibutuhkan untuk mendapatkan pekerjaan yang oke dengan gaji cukup besar. Tapi nggak jarang, masa kuliah juga bisa ‘menjebak’, saat seseorang salah memilih jurusan, lalu mulai malas-malasan dan terkendala ketika skripsi. 

Supaya nggak mengalami hal yang sama, penting banget untuk mengetahui berbagai informasi terkait dunia perkuliahan. Yuk catet tips memilih jurusan kuliah di bawah ini beserta daftar jurusan dan jenang karirnya. 


Baca juga: Buat Calon Anak Rantau, Ini 4 Keperluan Kuliah On Budget yang Harus Kamu Siapkan

Tips Memilih Jurusan Kuliah 

pexels.com

Untuk menemukan jurusan kuliah terbaik, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan, misalnya saja:

1. Ikuti kata hati

Penting banget untuk memilih jurusan kuliah sesuai kata hati. Jangan sampai kamu memilih jurusan kuliah hanya karena ikut-ikutan teman terdekat, atau karena jurusan itu lagi populer. Percayalah, memilih sesuatu yang nggak kamu yakini nggak akan membuatmu berusaha secara maksimal.

2. Pilih sesuai minat

Nah, masih melanjutkan poin pertama, kamu wajib banget memilih jurusan kuliah sesuai minat. Kalau kamu mencintai jurusan yang kamu ambil, seberat apapun itu maka kamu akan tetap semangat untuk menyelesaikannya hingga akhir.

3. Pilih sesuai bakat

Nggak cuma mengutamakan minat, tapi juga bakat. Ada lho, orang yang merasa sangat passionate di satu bidang tapi ternyata kemampuannya nggak mumpuni sehingga susah untuk mencapai hasil terbaik. Jadi pastikan juga kamu punya bakat di jurusan yang kamu pilih.

4. Perhatikan peluang kerja

Nggak bisa dipungkiri, kebanyakan orang kuliah untuk mendapatkan pekerjaan yang baik. Maka dari itu, ketika memilih jurusan perkuliahan, perlu juga untuk memperhatikan peluang kerja di masa depan. Apa jurusan yang kamu pilih sedang populer dan membutuhkan banyak tenaga kerja? Hal tersebut wajib dipikirkan.

5. Lakukan riset terkait jurusan kuliah

Sebelum memilih satu jurusan, sebaiknya lakukan riset terlebih dahulu. Kamu bisa juga mencoba mengintip jenis-jenis mata kuliah yang nantinya diajarkan. Tanpa kamu sadari, kadang satu jurusan bisa mengandung berbagai mata kuliah yang ternyata nggak semenarik yang kamu bayangkan.

6. Minta pendapat guru sekolah

Guru SMA telah mendidikmu selama 3 tahun, jadi mereka sangat memahami karakter dan kemampuanmu. Nggak ada salahnya kamu meminta pendapat dari para guru, tentang jurusan apa yang menurut mereka tepat untukmu.

7. Berdiskusi dengan orang tua

Ini juga sangat penting untuk dilakukan. Jangan berpikir kalau orang tua adalah sosok kolot yang udah pasti nggak kenal apa saja jurusan kuliah. Mereka mungkin memang nggak update terkait jurusan populer, tapi pasti bisa memberikan masukan yang baik untuk masa depanmu.

8. Rajin menggali potensi diri

Kenapa ini sangat penting? Sebab seringkali seseorang nggak menyadari bahwa dirinya punya potensi tertentu dan secara nggak sengaja mengabaikannya. Sayang banget kan, kalau sampai ada potensi yang terlewatkan.

9. Mengunjungi pameran pendidikan

Sebelum masa penerimaan mahasiswa baru, biasanya ada pameran pendidikan yang digelar oleh kampus-kampus. Ada sosialisasi jurusan dan juga fasilitas yang layak banget kamu pertimbangkan.

10. Sesuaikan dengan dana yang dimiliki

Las but not least, impianmu juga harus realistis. Diskusikan dengan orang tua, berapa atas biaya yang bisa diberikan untuk masuk kuliah. Jangan sampai dana yang dibutuhkan melebihi kemampuan dan nantinya ada kendala di tengah pendidikanmu.

Daftar Jurusan Kuliah dan Perspektif Karirnya

pexels.com

Nah, sekarang Blibli Friends bisa menyimak beberapa jurusan kuliah plus prospeknya di masa depan. Siapa tahu bisa membantu memutuskan jurusan apa yang akan diambil nantinya!

1. Bahasa dan Sastra Inggris

Jurusan satu ini rasanya selalu populer sepanjang masa. Terlebih lagi bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang prospek kariernya juga sangat bagus. Ada banyak pekerjaan yang bisa kamu lakukan, mulai dari jadi dosen, masuk ke perusahaan asing, menjadi penerjemah, sampai buka usaha di bidang bahasa.

2. Kedokteran

Sering dianggap sebagai jurusan sultan karena memakan biaya kuliah yang besar, jurusan ini jelas punya proses pekerjaan yang bagus. Kamu bisa bekerja di bidang kesehatan, dengan menjadi dokter baik di rumah sakit atau buka praktek sendiri.

3. Jurnalistik

Jurusan ini makin populer seiring pertumbuhan media yang super pesat. Dengan kuliah jurnalistik, kamu bisa terjun ke bisnis media, entah itu menjadi reporter dan wartawan atau tim penulis berita untuk acara televisi.

4. Komunikasi

Jurusan ini juga banyak dipikih, karena skill komunikasi alias public speaking sangat dibutuhkan di masa ini. Jurusan komunikasi juga termasuk fleksibel untuk masuk ke berbagai bidang pekerjaan.

5. Ekonomi

Bercita-cita bisa kerja di bank? Jurusan ini bisa kamu pilih. Tapi saat ini jurusan ekonomi juga nggak terbatas dengan pekerjaan di bank saja. Kamu juga bisa meneruskan pendidikan untuk jadi pengajar.

6. Bahasa dan Sastra Asing

Selain bahasa Inggris, kemampuan bahasa asing lain juga bisa jadi peluang karier yang baik. Kamu bisa memilih bahasa Jepang, Mandari, Arab, atau Perancis, kemudian mencari pekerjaan di negara tersebut setelah lulus.

7. Teknik Mesin

Dikenal sebagai salah satu jurusan yang ‘seram’ karena susah dapat nilai bagus, nyatanya prospek kerja di bidang teknik mesin sangat terbuka lebar. Banyak banget industri yang membutuhkan kemampuan di bidang ini.

8. Teknik Elektro

Kalau kamu ingin bekerja di perusahaan-perusahaan besar bahkan berskala internasional, jurusan teknik elektro bisa jadi pilihan. Jurusan ini juga makin banyak cabang ilmunya, salah satunya di bidang robotika.

9. Psikologi

Sejak zaman dulu, psikologi dianggap sebagai jurusan populer. Prospek kariernya jelas beragam, mulai jadi menjadi psikolog klinis dan membuka jasa konsultasi, sampai dengan menjadi bagian dari tim HRD di sebua perusahaan.

10. Teknik Perminyakan

Industri minyak seringkali dianggap sebagai ‘lahan basah’ karena banyak banget cuan yang bisa kamu dapat jika bekerja di bidang ini. Tapi di sisi lain, kamu juga harus siap dengan masa kuliah yang berat plus bekerja di daerah terpencil.

11. Arsitektur

Kamu yang hobi gambar dan suka dengan desain rancang bangunan, wajib masuk jurusan arsitektur. Setelah lulus, kamu bisa bekerja di perusahaan desain, kontraktor, atau bahkan juga membuka usaha sendiri.

12. Desain Komunikasi Visual

Selain jurusan arsitektur, kamu yang hobi gambar juga bisa pilih jurusan ini. Jurusan DKV cocok banget untuk kamu yang punya jiwa kreatif tinggi dan tertarik bekerja di bidang kreatif misalnya animator atau desain kemasan produk.

13. Teknologi Hasil Pangan

Meski mungkin masih terdengar asing, jurusan satu ini ternyata juga punya prospek yang sangat baik di masa mendatang. Kalau kuliah di jurusan ini, kamu bisa bekerja di perusahaan-perusahaan makanan.

14. Kuliner

Hmm, suka masak dan punya cita-cita jadi koki? Kamu bisa banget ambil jurusan kuliner. Nantinya kamu akan belajar  berbagai masakan dan cara pengolahan bahan makanan. Untuk pekerjaannya, bisa jadi koki profesional di restoran atau hotel, sampai dengan buka usaha sendiri.

15. Ilmu Gizi

Di masa ini, makin banyak orang yang membutuhkan pendampingan dari nutrisionis untuk mendapatkan pengarahan gaya makan dan gaya hidup yang tepat. Dengan masuk ke jurusan ilmu gizi, kamu bisa jadi konsultan gizi atau bekerja di rumah sakit.

16. Hubungan Internasional

Ingin punya pekerjaan yang mempermudahmu keliling dunia dan berhubungan dengan orang dari berbagai negara? Hubungan internasional bisa jadi jurusan terbaik. Di jurusan ini kamu akan belajar juga cara bernegosiasi dan berdiskusi.

17. Pendidikan

Ada banyak banget jurusan pendidikan yang bisa kamu pilih, misalnya pendidikan matematikan, sejarah, geografi, dan lain-lain. Dengan mengambil jurusan pendidikan, otomatis peluang kerja yang tersedia juga ada di bidang pendidikan, misalnya menjadi guru atau dosen.

18. Pertanian

Hari gini jangan lagi bilang jurusan pertanian itu nggak keren! Justru Indonesia butuh banyak tenaga yang punya pengetahuan dan skill di bidang pertanian, untuk terus mengembangkan  bidang agraria di tanah air.


Baca juga: Bingung Memilih Laptop Untuk Kuliah? Simak Hasil Survei Blibli.com Yuk!

Nah, kalau kamu sudah menentukan jurusan yang ingin diambil saat kuliah, sekarang saatnya mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi UTBK atau Ujian Tulis Berbasis Komputer. Rajinlah berlatih soal yang ada di buku UTBK. Kamu bisa mendapatkannya di Blibli dengan harga lebih terjangkau!

Lengkapi Buku UTBK untuk Ujian Lancar Hanya di Sini! 

Tag:

Artikel Kategori Terkait

Artikel Tag Terkait

Artikel Penulis Terkait

Lihat Artikel Lainnya