Memilih headphone merupakan suatu hal yang gampang – gampang susah. Meskipun dari segi harga bisa kita menebak mana headphone yang berkualitas dan mana yang nggak, pada kenyataannya perbedaan harga saja nggak menjamin kita bakal puas setelah membayar.

Nah, bagaimana sih caranya memilih headphone yang tepat dengan kita? Headphone yang pas di telinga, jernih bersuara, dan berdesain gaya. Simak yuk, tips-tips nya!

1. Tanyakan kenapa!

tanya-kenapa

Pertama, kamu perlu bertanya kepada dirimu sendiri: “mengapa kamu membeli headphone?”  Jika kamu tujuan kamu beli, maka kamu bisa menentukan beberapa kriteria kunci dalam membeli.

Ingat ya friends, kebutuhan headphone untuk sekadar teman di komuter dari rumah ke kantor itu berbeda dengan headphone yang digunakan penikmat musik akut (audiophile) atau gamers.

Bila latar belakang sudah jelas, selanjutnya tinggal menentukan pilihan jenis, model, dan kisaran harga headphone jodohmu.

2. Tentukan budget pembelianmu

tentukan-budget

Meskipun harga adalah tolak ukur paling umum untuk kualitas suatu barang, bukan berarti kamu selalu butuh barang dengan harga mahal untuk kualitas terbaik. Ingat dulu tujuanmu.

Jika kamu hanya ingin mendengarkan musik melalui perangkat portable-mu, headphone kualitas low-end dengan harga dibawah 500 ribu pun sudah lebih dari cukup. Lain cerita kalau kamu menggunakannya untuk urusan rekaman ya friends. Siap-siap ya naikin budget!

3. Model manakah yang kamu suka?

model-yang-pas

Tiba saatnya pada pemilihan model headphone yang kamu suka. Untuk urusan ini, tergantung selera kamu. Mulai dari yang dimasukkan ke dalam lubang telinga (in-ear), sampai yang menutupi seluruh bagian telinga (over the ear).

Selain dari faktor selera, tujuan dari penggunaan headphone juga berpengaruh pada pemilihan model yang tepat. Jangan hanya karena melihat modelnya lucu, malah fungsi headphone yang dibutuhkan nggak kesampaian. Sebagai info, berikut beberapa model headphone yang perlu kamu kenal.

Over the ear

over-the-ear

Model over the ear sering kali kamu temui pada headphone yang dipakai para DJ dan gamers pro. Selain keren gayanya, headphone jenis ini juga nyaman dipakai untuk waktu yang cukup lama. Hal ini karena modelnya yang menutupi seluruh telinga memberikan tekanan minimum yang kamu rasakan dan mencegah suara bocor.

On-ear

on-ear

Sumber – snapdeal

Headphone jenis ini merupakan jenis headphone yang diletakkan di atas daun telinga. Hal ini tentunya akan menekan daun telinga, sehingga jenis headphone semacam ini kurang direkomendasikan bagi kamu yang berniat menggunakan headphone dalam waktu yang relatif lama.

Earbuds

earbuds

Sumber – crafthubs.com

Earbuds merupakan jenis headphone yang umumnya kita miliki dengan desain yang menempel di depan lubang telinga. Seringkali, tipe ini digunakan untuk teman mendengarkan musik selama perjalanan. Namun kamu perlu berhati-hati, friends, karena pemakaian terlalu lama bisa membuat telingamu menjadi pegal, bahkan lecet!

In-ear

in-ear

Sumber – jlabaudio

In-ear berbentuk menyerupai earbuds, hanya saja dimasukkan ke dalam lubang telinga. Jenis ini termasuk memiliki isolasi suara yang bagus jika dibandingkan dengan earbuds. Sama halnya dengan earbuds, in-ear cocok untuk menemanik perjalanan, maupun ketika akan tidur.

4. Perhatikan frekuensi respon yang diberikan

frekuensi-respon

Headphone memiliki kemampuan menghasilkan diversifikasi suara yang berbeda – beda. Semakin besar rentang frekuensi responnya, maka semakin banyak pula suara yang mampu dihasilkan.

Headphone dengan frekuensi respon yang lebih lebar mampu menghasilkan suara yang lebih beraneka ragam. Apalagi jika digunakan untuk mendengarkan musik dengan kualitas tinggi, maka separasi nada musik akan menjadi lebih jelas dan tajam.

5. Mencoba-coba sebelum membeli

coba-sebelum-beli

Proses membeli itu sebentar, namun kualitas headphone itu selamanya! Sebelum membeli, jangan segan untuk melakukan banyak percobaan! Baik dari toko (baru) ataupun dari teman (ketika sudah dipakai lama).

Jangan ragu melakukan banyak uji coba terhadap audio dari segi frekuensi, genre musik, podcast, video, dan audio test lainnya. Jangan lupa untuk mencocokkan kenyamanannya di telingamu.

Nah itulah hal – hal yang perlu kamu pertimbangkan sebelum membeli sebuah headphone. Bagi kamu yang sedang mencari headphone berkualitas tinggi untuk gaming, salah satu rekomendasi Blibli.com adalah Razer Kraken Pro 2015.

Raze Kraken Pro 2015 didukung dengan spesifikasi yang mumpuni untuk menemanimu bermain game. Frekuensi respon yang terbilang lebar menghasilkan kualitas suara yang menyerupai nyata.

Selain itu, bentuk over the ear akan membuatmu tetap nyaman meskipun telah menggunakannya dalam jangka waktu lama. Nggak hanya buat gaming, buat mendengarkan lagu, video call, apalagi mendengarkan podcast, kualitasnya nggak mengecewakan!

Jarvis

Addicted to gadget and tech. My main gig is writing clear, concise, and compelling web copy that demands attention. I love playing with my son, indoor or outdoor at the weekend.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY