me

Tips Memilih Formasi CPNS dan Hal yang Perlu Dipersiapkan

Jun 14, 2021.By Blibli Friends
Bagikan

Image Source: beritagar.id

Tips Memilih Formasi CPNS – Pegawai Negeri Sipil (PNS) adalah pekerjaan yang banyak diincar oleh rakyat Indonesia. Salah satu alasannya adalah karena menjadi PNS berarti peluang mendapat dana pensiun pun besar, selama nggak keluar dari instansi sebelum waktu pensiun. PNS memiliki jaminan gaji yang jelas setiap bulannya. Meski di awal gajinya terbilang nggak terlalu besar, tapi setiap tahunnya jumlah ini akan meningkat. Gaji PNS juga nggak akan turun meski pekerjaannya sama. PNS juga mendapat banyak tunjangan seperti tunjangan kesehatan, tunjangan anak istri, dan lain-lain. PNS memiliki jenjang karir yang panjang dan jelas, serta nggak akan terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). 

Itu hanya sebagian saja dari kelebihan menjadi PNS yang membuat banyak orang berlomba-lomba ingin menjadi PNS. Karena persaingan yang ketat, menjadi PNS bukanlah hal yang mudah. Setiap kali diadakan penerimaan CPNS, ada banyak formasi CPNS yang dibuka. Tentu nggak semuanya bisa kamu ikuti. Salah memilih formasi CPNS adalah salah satu penyebab nggak diterimanya seseorang menjadi CPNS. Karena itu, pastikan memilih formasi CPNS yang tepat. Bagaimana caranya? Ikuti 8 tips di bawah ini untuk membantu memilih formasi CPNS yang lebih sesuai dengan kualifikasi yang kamu miliki:


Baca juga: Contoh Soal Tes CPNS dan Penjelasannya yang Harus Dikuasai Agar Lolos

8 Tips Memilih Formasi CPNS

Image Source: Okezone.com/Kemenpan RB
  1. Cari Info Sebanyak-banyaknya Mengenai Tes CPNS

Banyak orang yang asal ikut tes CPNS tanpa tahu sebenarnya apa yang akan dihadapi. Tak heran jika cepat gagal di awal tes. Meski ada yang cukup beruntung lolos meski nggak memiliki banyak info sebelumnya, tapi alangkah baiknya jika sebelum mendaftar kamu memiliki cukup info mengenai tes CPNS. Misalnya apa saja yang dijadikan bahan tes tertulis, jika lolos tahap pertama lalu apa tahap-tahap berikutnya, dan lain sebagainya. Seenggaknya kamu tahu apa yang akan dihadapi sebelum menjalankan tes. 

  1. Cari Info Mengenai Instansi Pemerintahan

Salah satu kesalahan besar dalam melamar pekerjaan adalah nggak tahu pasti posisi yang dilamar dan instansi membuka lowongan pekerjaan. Sebelum mendaftar tes CPNS, sebaiknya cari tahu lebih dulu instansi pemerintahan apa saja yang membuka formasi di tahun tes CPNS yang diikuti. Cari info instansi tersebut bergerak dalam bidang apa dan apa saja tugasnya. Lalu cari tahu posisi apa yang dicari oleh instansi tersebut, apakah ada yang sesuai dengan latar belakang pendidikan atau keahlian kamu. Melamar di formasi yang sesuai dengan latar belakang tentu peluang lolos tahap awal jadi lebih besar. 

  1. Ikuti Try Out Tes CPNS

Seperti saat mendaftar ke perguruan tinggi negeri, tes CPNS juga ada try out. Coba ikuti try out tes CPNS untuk mengetahui gambaran atau perkiraan skor yang bisa kamu dapat. Materi try out CPNS bisa ditemukan secara online di beberapa aplikasi yang tersedia di PlayStore. Selain itu, banyak juga buku try out yang dijual setiap tahunnya. Dengan mencoba try out, kamu akan tahu rata-rata nilai passing grade kamu.

  1. Cocokkan Passing Grade dengan Peluang Instansi

Jika sudah tahu berapa skor passing grade kamu, cocokkan dengan skor yang diminta instansi pemerintahan. Bisa jadi skor kamu ada di bawah instansi yang kamu incar. Kalau begini, ada 2 cara untuk mengatasinya. Yaitu melakukan latihan try out dan belajar lebih baik. yang kedua, pilih instansi pemerintahan dengan skor yang lebih sesuai dengan kemampuan kamu. 

  1. Pilih Formasi yang Peluangnya Paling Besar

Memilih formasi yang ada di pusat tentu saja saingannya jauh lebih besar. Karena itu, tak ada salahnya memilih formasi CPNS yang nggak begitu banyak peminatnya. Tentu kamu nggak bisa memaksakan jika formasi tersebut nggak sesuai dengan kemampuan kamu. Maka cara memilih formasi yang lebih sedikit peminatnya adalah formasi yang ada di daerah. 

  1. Sesuaikan dengan Minat 

Pilih formasi CPNS yang sesuai dengan minat dan bakat kamu. Ini bisa berguna terutama jika memiliki keahlian khusus yang ada sertifikatnya. Ini akan membantu kamu lolos seenggaknya di beberapa tahap awal. Selain itu, bekerja sesuai minat dan bakat akan berguna ke depannya jika kamu diterima. 

  1. Sesuaikan dengan Latar Belakang Pendidikan

Seperti melamar pekerjaan pada umumnya, sering kali ada persyaratan latar belakang pendidikan harus sesuai dengan posisi yang dilamar. Jika sudah ada ketentuan itu, sebaiknya diikuti. Jika nggak, kemungkinan besar kamu akan gagal sejak tahap awal. Ini karena beberapa instansi sangat mementingkan latar belakang pendidikan. Begitu nggak sesuai, sudah pasti nggak bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya. Persyaratan tes CPNS sangat banyak dan cukup rumit. Jangan sampai usaha kamu terbuang dengan percuma hanya karena memilih formasi yang nggak sesuai dengan latar belakang pendidikan. 

  1. Nggak Perlu Buru-buru Waktu Ngerjain

Pendaftaran tes CPNS biasanya menyediakan jangka waktu yang cukup panjang. Inilah pentingnya mencari info terlebih dahulu. Sehingga kamu tahu apa saja yang harus disiapkan dan kapan harus memulai persiapan. Ada banyak detail kecil untuk dalam mendaftar tes CPNS. Pastikan semua dilakukan dengan tepat dan nggak perlu terburu-buru sehingga nggak terjadi kesalahan atau kekurangan persyaratan yang bisa menyebabkan kamu gagal di tahap awal.

Hal yang Perlu Dipersiapkan untuk Mengikuti Tes CPNS

Image Source: AFP/JUNI KRISWANTO

Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk mengikuti tes CPNS. Persyaratannya memang cukup rumit dan mendetail. Namun jangan sampai terlewat, karena kurang salah satu saja bisa menyebabkan pengajuan kamu nggak diterima sejak awal. Pastikan ke-10 hal ini sudah disiapkan sebelum mengikuti tes CPNS:

  1. Ijazah
  2. Transkrip Nilai
  3. Pas Foto terbaru dengan latar belakang merah
  4. Swafoto dengan memegang KTP dengan format JPEG
  5. Surat Keterangan dan Kartu Informasi Akun
  6. KTP elektronik
  7. Kartu Keluarga
  8. Surat Lamaran yang formatnya sudah disiapkan di setiap instansi
  9. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
  10. Dan dokumen lain yang diminta tiap instansi yang dituju.

Mengingat pengajuan pendaftaran tes akan dilakukan secara online, jangan lupa untuk menyiapkan seluruh berkas dalam format softcopy ya. Persiapkan berkas-berkas kamu dalam bentuk PDF dan pastikan kualitas gambarnya bagus ya.


Baca juga: 4 Persenjataan Paling Minim Biar Belajar Dari Rumah Tetep Nyaman

Sebagai salah satu persiapan mengikuti tes CPNS, mengerjakan soal try out adalah salah satu yang paling penting. Blibli menyediakan beragam buku tes CPNS dari tahun ke tahun yang bisa dijadikan acuan untuk latihan. Dengan banyak berlatih, seenggaknya kamu punya gambaran soal seperti apa yang akan muncul di tes CPNS. Dapatkan berbagai varian buku tes CPNS dengan harga promo hanya di Blibli.  

Dapatkan Beragam Buku Tes CPNS Terlengkap Hanya di Sini!

Tag:

Artikel Kategori Terkait

Artikel Tag Terkait

Artikel Penulis Terkait

Lihat Artikel Lainnya