Jangan Sampai Salah Pilih, Ini 3 Tips Untuk Menemukan Aki Motor Yang Paling Sesuai!

aki motor

Selain mesin, aki motor juga merupakan onderdil yang nggak kalah pentingnya. Tanpa aki motor yang sesuai, motor kamu bisa susah nyala dan bahkan mengalami kerusakan!

Karena memilih aki bisa jadi hal yang membingungkan, Blibli Friends sudah menyiapkan sejumlah tips jitu untuk menemukan aki terbaik. Apa saja hal yang harus kamu perhatikan ketika memilih aki? Yuk, simak daftarnya di sini!

KLIK DI SINI UNTUK MENEMUKAN AKI YANG PALING COCOK DENGAN MOTORMU!

1. Periksa dimensi motor dan aki incaranmu

aki motor
Via – Moto Adventurer

Hal pertama yang wajib banget kamu lakukan adalah memastikan ukuran ruang aki di motormu. Jika aki yang ingin kamu beli memiliki ukuran terlalu lebar ataupun terlalu tinggi, kamu jelas nggak bakal bisa memasukkannya. Karena memaksakan aki yang terlalu besar, baterai motor berpotensi rusak dan bahkan korslet dalam perjalanan.

Kamu masih bisa menggunakan aki motor yang ukurannya lebih kecil dari ruang yang tersedia. Namun, akan lebih aman bila kamu mencari aki yang ukurannya pas dengan ruang di motor. Oleh karena itu, mengetahui dimensi ruang aki motormu jadi hal paling utama untuk dilakukan.

KLIK DI SINI UNTUK MENEMUKAN AKI MOTOR YANG UKURANNYA PALING SESUAI

2. Pastikan aki dapat menyediakan listrik yang memadai

aki motor
Via – Maurits Rademakers

Selain berperan menyalakan lampu, klakson, dan beragam indikator, aki motor juga punya peran super penting dalam menyalakan mesin. Satu hal yang perlu diingat adalah nggak semua aki motor cocok untuk menyalakan mesin motor kesayanganmu!

Hal kedua yang perlu kamu ingat adalah memeriksa kebutuhan listrik motormu dan memilih aki motor yang voltasenya sesuai. Hal lain yang perlu diingat adalah motor yang umurnya sudah cukup tua kemungkinan besar lebih susah dinyalakan dan membutuhkan voltase yang lebih tinggi dari seharusnya.

KLIK DI SINI UNTUK MELIHAT KATALOG LENGKAP AKI MOTOR DARI BLIBLI.COM!

3. Periksa fitur yang sesuai kebutuhan

aki motor
Via – Wayne’s Triumph Motorcycles

Memilih aki baterai nggak hanya soal dimensi dan kapasitas listrik saja! Aki motor juga punya sistem dan fitur yang berbeda-beda. Selain aki konvensional yang perlu dirawat secara berkala, ada juga beberapa jenis aki yang nggak perlu perawatan rutin.

Salah satu aki yang nggak perlu banyak perawatan adalah aki jenis gel. Aki jenis tersebut menggantikan air dengan gel sebagai elektrolit dan terjamin nggak akan bocor. Selain itu, aki jenis AGM (Absorbent Glass Mat) juga memberi jaminan 100% anti tumpah karena memiliki lapisan yang menyerap elektrolit.

KLIK DI SINI UNTUK MENEMUKAN AKI DENGAN FITUR YANG PALING COCOK DENGANMU


Itu dia tips untuk memilih aki motor! Sederhana dan nggak susah untuk diingat, kan? Karena pentingnya aki untuk keberlangsungan usia motor, pastikan kamu memilih aki yang sesuai dengan kebutuhan. Nah, kamu sering nggak punya waktu untuk melakukan perawatan aki? Solusinya adalah memilih aki jenis gel ataupun AGM.

Kalau soal aki motor yang paling sesuai, kamu pasti bisa menemukannya di promo suku cadang di Blibli.com. Di sana, kamu dapat menemukan suku cadang motor dengan diskon hingga 48%! Yuk, segera #BlibliSekarang aki motor pilihanmu!

DAPATKAN SUKU CADANG MOTOR DENGAN DISKON HINGGA 48%!

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love of running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

1 COMMENT

  1. [* Shield plugin marked this comment as “0”. Reason: Human SPAM filter found “online.com” in “url” *]
    Mengecek besaran CCA aki juga perlu diperhitungkan, karena untuk mengetahui kemampuan baterai saat menstarter mesin yang dalam kondisi dingin.

LEAVE A REPLY