Tips Memelihara Anjing Buat Para Pemula

Source by elle.com

Anjing adalah sahabat terbaik manusia. Soalnya, hewan berkaki empat ini memang terkenal banget dengan kesetiaannya. Saking setianya anjing, kamu bisa menemukan banyak banget kisah drama atau film tentang anjing yang sukses bikin perasaanmu ambyar. Film-film bertemakan kesetiaan anjing seperti “Hachiko” atau “A Dog’s Purpose” dijamin bikin kamu menangis sesenggukan. Sayangnya, banyak banget lho pemilik anjing yang ‘nggak siap’ dengan komitmen seumur hidup. Akibatnya, baru beberapa bulan pelihara anjing, eh, sudah asal buang saja. Memelihara anjing memang nggak cukup berbekalkan ke”uwu”an saja. Sama seperti punya anak, kamu harus mempersiapkan diri dengan komitmen seumur hidup. Makanya, Blibli Friends wajib banget baca tips memelihara anjing ini.

BACA JUGA: Intip 4 Rekomendasi Refreshing Buat Pecinta Hewan

____________________

  1. Sediakan Rumah yang Aman

Sebelum kamu bawa anjing barumu masuk rumah, pastikan rumahmu sudah aman untuk ditinggalinya. Apalagi, kalau yang kamu bawa adalah anak anjing, alias puppies. Bisa bayangkan tingkah mereka yang menggemaskan dan suka mengunyah barang apapun yang tergeletak di lantai, kan? Nah, pastikan kamu sudah menyingkirkan benda-benda yang berbahaya buat keselamatan anjing barumu. Misalnya, jangan gunakan alat pembersih kimia yang berbahaya buat kucing.

Cari tahu juga jenis tanaman yang berbahaya kalau sampai masuk ke saluran pencernaan anjing. Bereskan juga lantai rumahmu dari benda-benda tajam, ya. Bereskan kabel-kabel listrik yang bisa berpotensi mengakibatkan anjingmu kesetrum.

  1. Berikan Ruangan Khusus Buat Dia

Saat si anjing datang pertama kali datang ke rumahmu, dia bakal membutuhkan ruangan khusus. Ruangan khusus itu ditujukan supaya si anjing bisa beradaptasi lebih cepat dengan lingkungannya yang baru. Di dalam ruangan itu, sediakan perlengkapan buat anjingmu. Yaitu, tempat makan, tempat tidur, dan litter box atau kotak kotoran. Area tersebut juga harus cukup luas. Sehingga, anjingmu bisa bermain-main dengan leluasa. Jangan lupa, Blibli Friends juga harus sediakan waktu buat bermain dengannya, ya.

  1. Beri Makan Anjing Sesuai dengan Kebutuhannya

Walaupun kelihatan sepele, ternyata memberikan makan anjing nggak boleh sembarangan, lho. Kamu perlu menuruti porsi makan yang sesuai dengan petunjuk yang tertera di bungkus makanan anjing. Frekuensi yang diberikan juga harus sesuai dengan umurnya. Karena anak anjing aktif banget, dia bakal butuh jatah makan yang lebih sering. Sedangkan, buat anjing yang sudah berumur, cukup berikan dia makan 2 kali sehari saja. Hindari memberikan makanan manusia buat anjingmu.

Beberapa makanan manusia seperti anggur, kismis, dan cokelat bisa berbahaya banget buat anjingmu. Pastikan kamu memberikan dia makanan anjing yang berkualitas. Kamu bisa cari tahu terlebih dulu tentang jenis-jenis makanan yang bisa dan disarankan buat anjingmu. Selain itu, pastikan anjingmu nggak mengalami gejala alergi setelah menyantap makanan yang kamu berikan.

  1. Berikan Akses Minum yang Bebas

Sama seperti kamu, anjingmu pun butuh asupan cairan yang cukup. Apalagi, kalau kamu memberikannya dry food atau makanan kering. Pastikan supaya kamu selalu mengisi tempat minumnya dengan air bersih, ya. Letakkan tempat minum tersebut di ruangan anjingmu. Pastikan dia bisa mengakses tempat minumnya dengan bebas. Jadi, sewaktu-waktu dia merasa haus, anjingmu bisa langsung minum. Saat cuaca lagi panas-panasnya, kamu juga bisa menambahkan sedikit es batu di dalam tempat minumnya. Dengan begitu, rasa air minumnya pun jadi terasa makin segar. Jangan lupa buat mengganti minum anjingmu secara rutin, ya!

____________________

BACA JUGA: Protein Hewani VS Protein Nabati, Mana Yang Lebih Sehat?

Butuh beli makanan anjing berkualitas? Atau mungkin, kamu ingin memanjakan anjing kesayangan dengan berbagai mainan. Semuanya bisa Blibli Friends temukan di Blibli. Toko online ini tawarkan berbagai macam makanan dan perlengkapan anjing lainnya dengan harga terjangkau. Kamu juga bisa dapatkan penawaran promo menggiurkan, lho.

TEMUKAN MAKANAN ANJING TERBAIK DI SINI!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY