dengan banyaknya ruangan kosong yang entah mau diapakan. Bagaimana kalau menjadikannya sebagai kantor atau ruang kerja rumah?

Dengan memiliki workspace di rumah sendiri,Β  kamu bisa lebih produktif ketika kamu tak bisa datang ke kantor atau ingin lebih banyak menghabiskan waktu kualitas dengan keluarga.

Namun ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum berinisiatif untuk membuatnya.Β  Agar tak salah perhitungan, berikut ini beberapa tips yang bisa membantumu membangun kantor di rumah!

1. Pilih sudut ruangan

sudut-ruangan

Via – Home Designing

Salah satu ruang kosong yang bisa kamu manfaat sebagai ruang kerja adalah sudut rumah. Bagian pojok ruangan tersebut seringkali terlalu makan banyak tempat jika nggak dimanfaatkan secara tepat.

Untuk menyiasatinya agar lebih efisien, maka kamu bisa menciptakan ruang kerja sederhana di sudut. Tak perlu didekorasi secara berlebihan, cukup letakan meja dan kursi serta laptopmu dan voila! ruang kerjamu pun sudah siap digunakan.

Namun, kamu harus berurusan dengan masalah pencahayaan bila nggak ada cahaya alami langsung yang masuk. Oleh karena itu, ingat bahwa:

2. Natural light is a must!

natural-light

Via – Pinterest

Tahukah kamu bahwa penerangan yang cukup terang saat bekerja mampu meningkatkan daya konsentrasi dan membantumu lebih fokus? Untuk itu, pastikan ruang kerjamu memiliki cahaya (alami) yang terang namun tetap nyaman untuk mata.

Salah satu sumber cahaya yang baik adalah sumber cahaya alami. Untuk mendapatkannya pastikan ruang kerjamu menghadap atau dekat dengan jendela.

Sehingga, cahaya matahari pagi bisa masuk dan memberikan kesegaran serta vibe positif saat kamu bekerja. Plus, kamu juga bisa melihat pemandangan ketika mata lelah menghadap layar.

Cahaya yang alami juga akan menghindarkan kamu dari rasa lelah dan kantuk ketika kamu sedang sibuk-sibuknya mengejar deadline.

3. Meja dan kursi kerja yang super nyaman

meja-kursi

Meja dan kursi adalah kebutuhan esensial yang wajib kamu punya untuk mengisi ruang kerjamu di rumah. Karena memberi pengaruh besar pada produktivitas dan hasil kerjamu, nggak boleh sembarangan pilih.

Untuk meja kantorΒ sebaiknya kamu pilih meja dengan permukaan yang halus dan memiliki bidang yang luas.

Pilih juga meja kerja yang memiliki banyak laci atau lemari kecil untuk memudahkanmu menyimpan dan menyortir dokumen.

Untuk kursi, pilihlah tempat duduk dengan bantalan yang empuk sehingga kamu akan merasa nyaman saat duduk dan bersandar. Pastikan kursimu juga memiliki fleksibilitas tinggi.

4. Pastikan dekat dengan kamar kecil

dekat-toilet

Jangan anggap poin yang satu ini sepele. Peran kamar kecil atau toilet yang berada dekat dengan tempat kerjamu ternyata cukup penting.

Dengan posisi yang berdekatan, kamu bisa menghemat waktu ketika tiba-tiba kamu perlu buang air kecil saat mengerjakan pekerjaan.

Bayangkan jika tempat kerjamu berada di lantai atas, sementara toilet rumahmu hanya berada di lantai bawah, tentunya kamu membutuhkan banyak waktu dan tenaga untuk mencapainya.

Selain itu, kamu tak akan pernah tahu apa yang akan kamu lakukan saat harus kembali ke ruang kerja, Bisa saja kamu mampir dulu ke dapur untuk makan cemilan atau duduk di sofa ruang tamu untuk sekedar menonton TV. Alhasil, hari produktifmu akan berantakan!

5. Warnai dengan cat warna terang

warna-terang

Via – Home Designing

Bekerja di rumah memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya kamu tak dituntut untuk berpakaian rapi dan bisa beristirahat kapan saja. Sementara kekurangannya terletak pada suasana rumah yang tak mendukung konsentrasi karena banyaknya pengalih perhatian.

Namun siapa sangka, untuk menyiasatinya kamu hanya perlu memanfaatkan rangkaian warna untuk mencat ruang kerjamu. Warna-warna cat tersebut ternyata memiliki peran mengubah mood dan konsentrasi kerja kamu.

Pilihlah warna-warna terang seperti putih, biru, jingga, dan kuning yang dipercaya dapat memberikan semangat, antusiasme yang tinggi dan memberikan energi positif untuk memacu kreativitas dan konsentrasi.

6. Aplikasikan desain minimalis

desain-minimalis

Via – Click How To

Seringkali karena begitu semangatnya memiliki ruangan baru, kamu akan menyimpan banyak pajangan atau dekorasi dengan maksud untuk mempercantik ruangan. Perlu kamu ketahui bahwa hal tersebut harus dibuang jauh-jauh ketika kamu ingin mendekorasi ruang kerja.

Ruang kerja yang terlalu penuh dengan ornamen akan menimbulkan kesan berantakan dan sempit. Imbasnya kamu akan merasa kesulitasn untuk berkonsentrasi pada pekerjaan.

Sebaliknya, pilihlah desain ruangan minimalis yang nggak perlu banyak hiasan atau dekorasi. Selain dapat menciptakan suasana yang rapi, desain yang satu ini juga dapat memberikan kesan luas pada ruang kerjamu.

7. Tambahkan rak buku untuk sentuhan classy

rak-buku

Biasanya orang yang produktif itu gemar sekali membaca buku. Untuk menyiasati harimu agar bisa lebih produktif, mengapa tak membuat rak untuk menyimpan buku-buku favoritmu?

Furniture yang satu ini juga bisa menjadi obat yang mujarab bagi kamu yang selama ini agak malas membaca. Membantu juga loh untuk tambah produktif di sela-sela istirahat.

Siapa tahu, dengan membaca, kamu bisa menemukan ide-ide baru untuk pekerjaanmu selanjutnya!

Apakah tips-tips di atas cukup membantumu memanfaatkan ruang kosong di rumah untuk disulap jadi ruang kerja? Atau kamu punya ide lain yang lebih cemerlang untuk dibagikan> Yuk, sampaikan di komentar!

Jika kamu merasa kesulitan menemukan furniture untuk mendukung ruang kerja barumu di rumah, Blibli.com punya segudang pilihan. Mulai dari meja kantor, kursi kerja, lampu hias, dan masih banyak lagi yang siap membuat hari-harimu di rumah menjadi lebih produktif. Yuk diintip!

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves make up too! My routines is reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment.

Before that, I have another habit such jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning.

I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY