4 Tips Membersihkan Earphone yang Bisa Kamu Praktikkan

tips membersihkan earphone

Tips Membersihkan Earphone  Earphone mandi salah satu aksesori audio yang wajib dimiliki oleh para pengguna smartphone. Dengan menggunakan earphone, kamu bisa mendapatkan pengalaman mendengarkan musik maupun menonton film yang lebih baik dari sebelumnya. Mengingat penggunaannya langsung menempel di telinga, earphone wajib dibersihkan secara rutin. Tetap menggunakan earphone yang kotor hanya akan membuat kuman dan bakteri tersebut mudah masuk ke telinga kamu. Jika dibiarkan, hal ini bisa membuat telinga kamu mengalami infeksi.

Biar kamu nggak mengalami hal tersebut, pastikan membersihkan earphone secara rutin, ya Blibli Friends. Bingung bagaimana caranya? Simak tips berikut ini.

BACA JUGA: REKOMENDASI EARPHONE TRUE WIRELESS SOUND (TWS) DI BAWAH 500 RIBU

_____________

Gunakan Cairan Desinfektan

Agar earphone dapat bersih dengan maksimal, kamu bisa membersihkannya menggunakan cairan desinfektan. Cairan kimia satu ini akan membuat bakteri dan kuman yang menempel di earphone bisa mati dengan maksimal. Sebelum digunakan, terlebih dahulu campurkan cairan desinfektan dan air hangat dengan perbandingan 7:3 (air hangat yang lebih banyak). Pastikan cairan desinfektan telah tercampur rata sebelum kamu memasukkan kain microfiber ke dalamnya.

Gunakan Kain yang Lembut

Saat akan membersihkan earphone, hal pertama yang perlu kamu persiapkan yakni kain yang lembut seperti kain microfiber. Menggunakan kain yang kasar hanya akan membuat earphone kamu tergores dan nggak lagi mengeluarkan kualitas suara yang bagus. Meski telah menggunakan kain yang lembut, pastikan kamu mengelapnya secara perlahan dan hati-hati, ya.

Mengelap earphone menggunakan kain microfiber sebaiknya kamu lakukan dua kali. Pertama, celupkan terlebih dahulu kain microfiber ke dalam campuran air dan desinfektan. Kedua, jika sudah mengelap menggunakan kain microfiber yang basah, kini saatnya kamu menggunakan kain microfiber yang kering. Penggunaan kain kering ini bertujuan untuk membuat earphone kering dengan lebih cepat.

Gunakan Cotton Buds

Apabila terdapat kotoran yang menempel di sela-sela lubang earphone, tentu akan sulit jika kamu membersihkan menggunakan kain microfiber. Sebagai solusinya, kamu bisa menggunakan cotton buds pada area-area tertentu seperti sela-sela lubang earphone. Dengan menggunakan cotton buds, dipastikan nantinya earphone kamu bisa bersih dengan lebih maksimal.

Gunakan Minyak Kayu Putih

Bagian kabel earphone juga sebaiknya tak luput dari perhatian kamu. Membiarkan kabel earphone kotor dalam jangka waktu yang lama hanya akan membuatnya tampak menguning. Hal ini tentu membuat earphone kamu tampak tak terawat dan nggak sedap dipandang mata. Untuk mengatasinya, kamu bisa membersihkan kabel earphone dengan menggunakan minyak kayu putih. Caranya juga sangat mudah, kamu hanya perlu meneteskan minyak kayu putih pada kapas yang bersih. Jika sudah, langsung saja gosok kapas tersebut pada kabel earphone secara halus.

Cara sederhana ini sangat ampuh dalam mengangkat kotoran yang menempel di kabel. Jika dilakukan berulang, kabel earphone kamu nggak akan mudah menguning. Lalu bagaimana jika Blibli Friends nggak suka dengan aroma minyak kayu putih? Tenang, kamu bisa menjadikan baby oil sebagai alternatif pengganti minyak kayu putih. Kedua cairan tersebut bisa bekerja secara efektif dalam membersihkan kabel earphone kamu.

_____________

BACA JUGA: REKOMEDASI EARPHONE DENGAN NOISE CANCELLING TERBAIK

Agar earphone kamu dapat tetap awet, pastikan kamu menerapkan keempat tips membersihkan di atas, ya. Namun, jika memang kualitas earphone kamu sudah nggak layak untuk digunakan dan sangat kotor, ada baiknya kamu membeli earphone yang baru. Berbagai macam merk dan jenis earphone yang kamu butuhkan kini sudah tersedia secara lengkap di Blibli. Kunjungi laman Blibli dan pilih earphone favoritmu sekarang juga!

CEK DAFTAR HARGA EARPHONE BERKUALITAS DI SINI!

Jarvis

Addicted to gadget and tech. My main gig is writing clear, concise, and compelling web copy that demands attention. I love playing with my son, indoor or outdoor at the weekend.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY