Tips Membeli Tanah, Jangan Lupa Perhatikan Pembayaran PBB

tips membeli tanah
sumber: rumah123.com

Investasi menjadi salah satu hal yang perlu kamu persiapkan dengan matang. Dengan adanya investasi, kamu kebutuhan kamu di masa mendatang dapat lebih aman dan tercukupi. Investasi juga bisa membuat kamu tidak kebingungan saat membutuhkan bujet besar yang mendadak. Alasan itulah yang membuat investasi menjadi hal yang perlu dipersiapkan oleh para orang dewasa.

Investasi sendiri dapat berupa apa saja, baik itu emas, rumah, tanah, dan masih banyak lagi. Tanah menjadi salah satu jenis investasi yang paling populer dan dianggap menjadikan. Mengingat harga tanah setiap tahunnya akan mengalami peningkatan. Sehingga tidak mengherankan apabila banyak orang yang tertarik untuk memilih tanah sebagai investasi mereka.

Meski terlihat simpel, namun banyak hal yang perlu kamu perhatikan saat akan membeli sebuah tanah sebagai investasi masa depan. Membeli tanah secara asal-asalan tentu hanya akan merugikan kamu nantinya. Bahkan, bukan tidak mungkin kamu akan mengalami sebuah kasus penipuan. Untuk menghindari hal tersebut, Blibli Friends wajib baca beberapa tips membeli tanah berikut ini:

tips membeli tanah

Perhatikan Kondisi Tanah

Kondisi tanah menjadi hal yang perlu perlu kamu perhatikan pertama kali sebelum membeli sebuah tanah. Perhatikan jenis tanah, kontur tanah, dan lokasi dari tanah tersebut. Hindari memilih kontur tanah yang bergerak karena akan rawan terjadinya longsor. Tanah yang mudah longsor tentu sangat berbahaya jika dibangun sebuah rumah di atasnya.

Lokasi juga menjadi hal yang tidak kalah pentingnya. Memilih tanah dengan lokasi yang strategis tentu jauh lebih menguntungkan untuk masa depan. Kemudahan akses jalan menuju lokasi tanah juga menjadi nilai plus. Tanah yang berada di lokasi strategis juga akan memiliki nilai jual yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan tanah yang berlokasi jauh dari pusat keramaian. Untuk itu, perhatikan dengan seksama lokasi tanah yang akan kamu beli.

BAYAR PBB MUDAH DI BLIBLI SEKARANG

tips membeli tanah

Periksa Surat Tangan

Kepemilikan tanah yang resmi tentu dilengkapi dengan sebuah surat tanah dengan nama pemilik yang jelas. Hal satu ini juga bertujuan untuk menghindari terjadinya penipuan atau hal yang tidak diinginkan lainnya. Periksa secara seksama keaslian dan isi dokumen dari surat tanah tersebut. Apabila di dalam surat masih tercantum nama pemilik sebelumnya, kamu perlu memastikan keaslian surat dan bertanah pada kantor Kelurahan setempat. Bagi kamu yang kesulitan mengecek keaslian surat, kamu juga bisa menggunakan jasa PPAT.

Sebisa mungkin hindari membeli tanah yang tidak dilengkapi dengan surat tangan asli. Selain itu, kamu juga sebaiknya tidak membeli tanah yang memiliki status jaminan bank atau sengketa warisan, sekalipun dijual dengan harga sangat murah. Memilih tanah dengan status tidak jelas hanya akan merugikan kamu.

tips membeli rumah

Membuat Surat AJB (Akad Jual Beli)

Apabila semua berkas yang diperlukan terbukti asli dan aman, kini saatnya kamu memulai membuat surat Akad Jual Beli. Dalam pengurusan surat ini, kamu perlu mempersiapkan beberapa dokumen pendukung lainnya. Diantaranya yakni Surat Izin Mendirikan Bangunan, Sertifikat Tanah, Surat Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), dan balik nama sertifikat.

PBB sendiri merupakan salah satu jenis pajak yang wajib dimiliki oleh para pemilik tanah. Pembayaran PBB wajib dilakukan setiap tahunnya. Sebelum membeli tanah, pastikan PBB di tahun sebelumnya sudah dibayar lunas oleh pemilik sebelumnya. Terkait tips membeli tanah yang satu ini, kamu harus berhati-hati ya, Blibli Friends.

Agar proses pembayaran PBB dapat lebih mudah dan cepat, kini kamu bisa bayar PBB online di laman Blibli. Mudah banget kan, Blibli Friends?

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY