Tips Membeli Smartphone Terjangkau dengan Spesifikasi Terbaik

Kamu sudah tidak bisa lagi mengesampingkan keberadaan smartphone dalam hidup sehari-hari. Smartphone sudah jadi benda wajib yang harus ada di sekitar kamu dan pastinya harus diganti dalam kurun waktu tertentu. Hal ini bukan saja strategi marketing dari produsen smartphone, loh.

Satu smartphone hanya diberikan pembaruan sistem (update) dalam batas tertentu. Tetap memakai smartphone lama malah akan membahayakan data-data kamu, Friends. Saat sistem tidak lagi diperbarui, antivirus yang ada di dalamnya pun akan kedaluwarsa juga. Nantinya, data-data kamu kan semakin mudah diretas atau malah tidak bisa lagi dipindahkan ke perangkat lain.

Jika masanya sudah habis, mau tidak mau kamu harus menggantinya dengan produk yang lebih muda. Kamu harus selalu menyediakan sejumlah uang untuk urusan yang satu ini. Tenang, selalu ada cara untuk memilih smartphone yang paling tepat dengan harga yang nyaman di kantong juga.

Mau tahu caranya? Yuk, simak langkah-langkah di bawah ini!

1. Selalu Tahu Daya Beli Kamu

Photo by Pexels

Mahal buat kamu, belum tentu mahal untuk orang lain. Kadang, barang yang kamu idam-idamkan malah bisa dibeli orang lain dengan mudahnya. Karena itu, kenali dulu kekuatan finansial kamu. Baiknya, tentukan batas atas dan bawah harga smartphone yang mau kamu beli selanjutnya, Friends.

Harga batas atas tentunya untuk buat kamu tidak mengeluarkan uang terlalu banyak untuk sebuah smartphone. Di sisi lain, penentuan harga batas bawah supaya kamu tidak merasa kurang dan menyesal setelah membeli karena ada fitur yang dibutuhkan, tapi tidak didapatkan.

OPPO A5S PILIHAN SMARTPHONE YANG PUNYA HARGA TERJANGKAU

2. Tentukan Tujuan Penggunaan Smartphone

Photo by Unsplash

Orang-orang pasti langsung melihat besaran RAM dan seri prosesor saat ingin membeli smartphone. Lalu, mereka rela membayar mahal untuk RAM yang lebih besar dari 4 GB dan prosesor seri tertinggi. Sayangnya, smartphone tersebut hanya akan digunakan untuk membuat media sosial, foto selfie, dan berkirim pesan singkat. Sayang banget spesifikasinya, Friends!

Coba cari tahu dulu aktivitas apa saja yang mau kamu lakukan dengan smartphone. Kalau memang ingin lebih banyak mengedit video atau buat desain dari smartphone, pilih spesifikasi yang tinggi. Namun, kamu harus membayar lebih mahal juga. Kalau kamu termasuk light user, pilih saja smartphone yang menawarkan perpaduan RAM 3/4 GB dengan kapasitas storage 64 GB.

XIAOMI MI 8 LITE MENAWARKAN SPESIFIKASI TINGGI DENGAN HARGA TERJANGKAU

3. Tetap Mau Spesifikasi Tinggi? Pilih Produk Tahun Lalu

Photo by Pexels

Sudah hukumnya di dunia teknologi, produk terdahulu akan dipangkas harganya saat produk baru resmi dirilis. Hampir semua produsen smartphone melakukan strategi marketing yang serupa di pasar. Manfaatkan strategi pasar ini untuk naik ke kelas smartphone yang lebih tinggi. Dengan uang yang hampir sama, kamu bisa dapat spesifikasi yang lebih tinggi sedikit.

Tidak perlu khawatir beli produk yang lebih tua. Penyedia sistem operasi, seperti Google dan iOS, biasanya memberikan update hingga 4 – 5 tahun ke depan. Setidaknya, kamu masih punya beberapa tahun lagi kalau memilih produk yang sudah dirilis satu tahun ke belakang.

XIAOMI MI A2 LITE JADI PILIHAN TERBAIK DI TAHUN 2019

4. Tidak Terpaku pada Satu Merek

Photo by Pexels

Pada dasarnya, semua produsen smartphone bagus. Tinggal kamu yang memilih produk yang terbaik untuk digunakan. Namun, sebaiknya tidak hanya melihat satu merek smartphonesaja karena itu akan buat pilihan kamu jadi semakin sedikit. Jadi, coba lebih terbuka lagi dengan merek-merek yang masih terdengar asing di telinga.

Saat membeli smartphone, bukan merek yang seharusnya kamu perhatikan, tapi layanan purnajual yang diberikan. Layanan tersebut termasuk garansi dan ketersediaan servis senter jika kamu membutuhkannya. Kalau memang masih mau melihat satu merek tertentu, coba kembali perhatikan poin-poin sebelumnya, ya!

CEK SMARTPHONE HONOR A8 YANG MENAWARKAN SPESIFIKASI MENAWAN

Nah, apa smartphone yang kamu pakai sekarang sudah waktunya diganti dengan yang baru? Coba, deh, cek beberapa rekomendasi smartphone terjangkau yang punya spesifikasi bagus di Blibli.com. Kalau memang cocok, langsung saja beli, Friends!

Jarvis

Addicted to gadget and tech. My main gig is writing clear, concise, and compelling web copy that demands attention. I love playing with my son, indoor or outdoor at the weekend.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY