Baik kamu yang sudah punya keluarga sendiri atau ingin menghadiahkannya kepada papa mama, membeli mobil untuk ditumpangi sekeluarga nggak semudah membeli mobil pribadi.

Banyaknya merk, ukuran, jenis, hingga desain model mobil keluarga yang ditawarkan di pasaran memberikan banyak pilihan yang terkadang makin membingungkan.

Kamu tentu nggak mau salah beli. Jangan pusing dulu, buat kamu yang ingin membeli mobil keluarga, berikut 7 tips yang bisa membantu kamu memilih si roda empat yang tepat!

1. Perhatikan kapasitas menampung orang dan barangkapasitas

Via Borongaja

Pikirkan skenario liburan sekeluarga. Berapa banyak anggota keluarga yang bakal ikut dan berapa banyak barang yang akan dibawa. Nah, apakah mobil barumu muat?

Kalau dirasa belum muat, berarti jangan dulu. Kalau kamu menemukan yang kira-kira bisa muat orang dan barang banyak, mungkin itu petanda pertama kalau mobil itu jodoh dengan keluargamu.

2. Periksa fitur keselamatan dan kenyamanan yang ditawarkannyaman

Via mainseo

Fitur keselamatan yang oke penting banget demi keamanan dan kenyamanan seluruh keluarga saat berkendara. Pasalnya, semua orang yang kamu kasihi akan menumpangi mobil ini.

Mulai dari sabuk pengaman, penguncian otomatis untuk pintu dan kaca jendela mobil, airbag hingga sistem rem ABS (anti-lock breaking system). Kemudian, apakah kursinya cocok untuk dipasang baby seat?

Nggak hanya aman, mobil keluarga juga harus nyaman. Karena, kemungkinan besar akan menempuh perjalanan yang jauh secara ramai. Bisa kebayang nggak nyiksanya kalau semuanya pada pegal-pegal?

Tempat duduk empuk nan fleksibel, AC yang sejuk, ruang kaki yang luas, stabilitas/resistansi guncangan, hingga suara mesin yang nggak berisik.

Agar nggak salah pilih ajak sekeluarga untuk test drive sebelum deal untuk membeli ya!

3. Pertimbangkan kapasitas mesin dan sistem transmisimesin

Via digitaltrends

Mobil keluarga yang oke juga harus bisa berlari kencang. Lebih baik memilih mobil berkapasitas mesin yang besar (dilihat dari volume silinder piston mesin, misalnya 1000cc, 1100cc, 1300cc), maka semakin besar tenaga yang dihasilkan.

Selanjutnya, kamu perlu memperhatikan sistem transmisi. Pada umumnya, terdapat 2 jenis sistem transmisi pada mobil, yaitu transmisi manual dan juga transmisi otomatis (matic).

Mobil berjenis matic biasanya sedikit lebih mahal namun mudah dioperasikan. Sementara yang versi manual lebih murah dan mudah perawatannya, namun butuh kecakapan yang ekstra.

4. Irit atau boros bahan bakar?irit

Via ask2world

β€œIrit bensin nggak?” adalah pertanyaan yang harus kamu tanyakan ketika kamu puas dengan semua poin-poin di atas. Bila memakan biaya yang tinggi, pikir-pikir dulu. Ingat, mobil keluarga akan dipakai untuk berpergian jauh membawa banyak barang. Kalau bisa, bandingkan dulu keiritan bensin beberapa mobil sebelum mengambil keputusan.

5. Perhitungkan biaya perawatanperawatan

Via Scoopon

Selain biaya bahan bakar, biaya perawatan mobil juga perlu diperhitungkan. Semakin kompleks teknologi yang digunakan pada sebuah mobil maka akan semakin besar pula biaya perawatan dan harga suku cadangnya. Apakah kamu bisa memperbaiki? Kalau nggak, pertimbangkan biaya mekanik juga.


BACA JUGAΒ 5 Tips Modifikasi Mobil Supaya Lebih Nyaman dan Seru Dibawa


6. Ketersediaan layanan purna jualpurna-jual

Via Fare Trade NYC

Layanan purna jual merupakan layanan jasa yang ditawarkan oleh produsen untuk konsumennya setelah transaksi jual-beli dilakukan. Layanan ini diberikan sebagai jaminan mutu untuk produk yang ditawarkannya.

Ketersediaan tempat layanan purna jual nantinya memungkinkan para konsumen mendapatkan keuntungan seperti dukungan service resmi, suku cadang asli, hingga klaim garansi mudah.

Umumnya mobil dengan merk terkenal, tempat layanan purna jual lebih banyak dan menjangkau pelosok-peolosok. Tentu ini poin plus jika terjadi sesuatu (amit-amit) di tengah jalan.

7. Sesuaikan dengan kemampuan finansialfinansial

Via carinsurancecost

Semua orang tentunya ingin memiliki mobil keluarga yang ideal. Namun nggak sedikit mobil favorit dibanderol dengan harga selangit. Jika sudah begini, sebaiknya kamu mengesampingkan keinginan dan lebih mengedepankan kebutuhan.

Lihat berapa banyak budget yang kamu miliki dan beli mobil yang harganya sesuai dengan kemampuan keuangan kamu.

Tapi, ingat juga kalau mobi yang bagus dan tahan lama merupakan investasi yang baik untuk jangka panjang.

Membeli mobil keluarga memang gampang-gampang susah. Jika tidak cermat, bisa saja kamu mendapatkan mobil overpriced dengan kualitas standar.

Biar nggak salah pilih, Blibli.com punya segudang koleksi mobil keluarga idaman. Apalagi saat ini tengah diselenggarakan promo OTO Drive Toyota Innova Venturer! Dengan promo ini, kamu bisa mendapatkan mobil keluarga impian dengan uang muka Rp 0 alias tanpa biaya dengan cicilan hingga 24 bulan, mulai dari harga 16 jutaan Rupiah per bulannya!

Promo ini berlaku hingga 28 Februari 2017. Kamu juga nantinya berkesempatan mendapatkan gratis BBM Shell senilai 6 juta Rupiah serta Free Paket Aksesoris dan eksterior mobil senila 2 juta Rupiah ! Wah, kapan lagi bisa dapat mobil keluarga denga harga terjangkau dan banyak bonusnya! Yuk, dilihat!

Jarvis

Addicted to gadget and tech. My main gig is writing clear, concise, and compelling web copy that demands attention. I love playing with my son, indoor or outdoor at the weekend.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY