Ingin Membeli Hard Disk Eksternal? Ketahui Dulu 5 Tips Ini Sebelum Membeli

membeli hard disk

Guys, laptop atau komputer yang kapasitasnya terlalu penuh bisa menurunkan performanya, lho. Karena itu, pastikan bahwa kamu selalu mem-back up data-data pentingmu di hard disk eksternal. Selain untuk menyimpan salinan dari data yang sensitif dan rawan hilang, penggunaan hard disk juga bisa membantumu membawa data penting kemana saja. Mau ke kampus atau main ke rumah temen, kamu tetap bisa mengakses dokumen penting tanpa harus menenteng laptop setiap saat. Nah, sebelum kamu membeli hard disk eksternal baru, ini dia 5 hal penting yang perlu kamu pertimbangkan!

YUK BELI HARD DISK EKSTERNAL CANGGIH DI SINI

1. Operasi sistem yang kompatibel

membeli hard disk
Via – Digitaltrends

Hal pertama yang perlu kamu teliti sebelum membeli hard disk adalah kompatibilitasnya dengan sistem operasi (OS) yang kamu gunakan di laptop atau komputer. Walaupun kebanyakan hard disk bisa diformat ulang untuk semua jenis komputer, tapi ada juga beberapa hard disk yang hanya bisa digunakan di OS tertentu. Jadi, jangan sampai salah beli ya!

PILIH HARD DISK YANG SESUAI DENGAN KEBUTUHANMU DI SINI

2. Kapasitas penyimpanan yang cukup untuk semua dokumen

membeli hard disk
Via – Trustedreviews

Supaya kamu bisa membeli hard disk yang tepat dengan kebutuhan, pastikan dulu berapa kapasitas penyimpanan yang kamu inginkan. Misalnya, jika kamu hanya ingin menyimpan dokumen kerja kantor, maka mungkin hard disk kapasitas 750 GB sudah sangat cukup. Tapi, kalau kamu ingin menyimpan foto, video, atau bahkan koleksi film, beli saja hard disk 4 TB agar bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.

DAPATKAN HARD DISK 4TB SEAGATE DENGAN KLIK DI SINI

3. Konektivitas untuk sambungan praktis

membeli hard disk
Via – Lifewire

Dalam membeli hard disk, hal berikutnya yang perlu kamu pertimbangkan adalah soal konektivitas. Kebanyakan hard disk mengandalkan port USB untuk tersambung ke laptop. Ada dua jenis port yang utama, yaitu USB 3.0 dan USB 2.0, dimana USB 3.0 memberikan kecepatan lebih tinggi untuk memindahkan files. Kalau kamu sering memindahkan files dari laptop ke hard disk dan sebaliknya, pilih hard disk dengan interface USB 3.0 atau port thunderbolt agar nggak makan waktu lama.

TRANSFER DATA TANPA REPOT DENGAN HARD DISK YANG TEPAT

4. Kecepatan mengolah data

membeli hard disk
Via – idownloadblog

Sistem kerja hard disk eksternal adalah ketika kamu membuka atau mengolah data, maka piringan di dalamnya akan terus berputar. Kecepatan perputaran ini dihitung dengan RPM (Revolutions per Minute).

Artinya, semakin tinggi RPM dari hard disk, semakin cepat ia bisa mengolah dan memutar file yang kamu butuhkan. Umumnya, kamu bisa membeli hard disk dengan kecepatan 5.400 RPM. Tapi, jika kamu menginginkan performa yang lebih cepat, bisa juga pilih hard disk dengan kecepatan 7.200 RPM agar bisa nonton film dan video tanpa tersendat.

YUK BELI HARD DISK DENGAN KECEPATAN OPTIMAL UNTUK AKSES DATA

5. Pakai garansi agar aman terlindungi

membeli hard disk
Via – CGtrader

Namanya juga perangkat elektronik, banyak elemen mikro yang kadang rusak karena alasan teknis. Oleh karena itu, sebelum membeli hard disk, pastikan dulu bahwa hard disk memiliki garansi resmi. Ini penting agar jika ada hal-hal yang tidak diinginkan, kamu bisa mengklaim dan mendapatkan bantuan servis yang memuaskan. Nggak mau kan hard disk rusak hanya setelah beberapa bulan?

TEMUKAN DI SINI HARD DISK YANG MEMILIKI GARANSI RESMI


Nah, sudah tahu kan 5 hal penting yang perlu kamu pertimbangkan sebelum membeli hard disk? Dengan 5 aspek tadi, kamu pun bisa mendapatkan hard disk eksternal yang sesuai dengan kebutuhan dan tahan lama. Yang pasti, semua datamu pun bisa disimpan dengan aman dan rapi.

Berbagai pilihan hard disk dari berbagai merek dan harga bisa kamu temukan di Blibli.com. Tinggal pilih aja mana yang spesifikasinya paling sesuai dengan kebutuhanmu, lalu selesaikan transaksinya! Mudah dan praktis bukan? Nggak perlu lagi susah-susah ke mall untuk dapetin hard disk impian, guys!

Yuk cus ke #BlibliSekarang dan amankan semua datamu di hard disk terbaik!

KLIK DI SINI UNTUK BELI HARD DISK YANG KAMU INGINKAN

Jarvis

Addicted to gadget and tech. My main gig is writing clear, concise, and compelling web copy that demands attention. I love playing with my son, indoor or outdoor at the weekend.

1 COMMENT

  1. Hardisk eksternal sangat diperlukan untuk menyimpan file-file ukuran besar, seperti film, video, musik dll. Apalagi sekarang era milenial dimana file seperti audio dan video jadi lebih penting lagi utk keperluan ber-medsos ria. Namun perkembangan terbaru menunjukkan bahwa ada yang lebih canggih lagi dari external hard drive (HDD) konvensional yaitu solid state drive (SSD). SSD ini secara kualitas lebih bagus, tapi sayangnya harganya lebih mahal dari HDDl. Semoga saja harga SSD bisa lebih terjangkau …

LEAVE A REPLY